24 Aplikasi Lockscreen Android Terbaik, Unik dan Ringan 2016

Tampilan hi-res pada aplikasi lockscreen (layar kunci) Lockscreen Android Terbaik Keren Gratis (free) 2016 yang tampil pertama kali saat kita menggunakan hp android memang bisa membuat kita tidak bosan. Namun Lockscreen Android sebenarnya lebih dari sekedar “sesuatu yang keren, bagus, dan bisa dipamerkan”, tetapi juga (sudah seharusnya) memuat layar navigasi penting, yang memungkinkan kita untuk mengakes langsung ke fitur yang paling penting. Sementara layar kunci pada kebanyakan ponsel Android cukup fungsional.

Lockscreen Android telah menerima banyak evolusi selama bertahun-tahun. Ada berbagai metode slide-to-unlock dan bahkan lockscreen bawaan juga membawa banyak perubahan. Namun begitu, masih banyak juga aplikasi Lockscreen Android Terkeren di Play Store yang dapat melakukan lebih banyak lagi. Jika sobat merasa bosan terhadap Lockscreen Android di hp, cobalah menyimak artikel ini.

Daftar aplikasi lockscreen android yang keren, unik, dan terbaik ini WebKeren.Net kompilasi dari AndroidPit (04/2015) dan Android Authority (1/07/2015). Semoga dapat membuat proses unlocking telepon selular sobat jauh lebih menyenangkan dan fungsional.

1. Next Lock Screen

24 Aplikasi Lockscreen Android Paling Unik Ringan Terbaik Terkeren Terbaru
Next Lock Screen Logo
© Microsoft Corporation
Pandangan baru Microsoft mengenai cross-platform dan cross-OS pada perangkat lunak (software) telah membuahkan hasil. Next Lock Screen adalah contoh terbaik mengenai ketajaman desain Microsoft dalam upaya melengkapi ekosistem Android selain hanya pada windows mobile.

Aplikasi ini mirip dengan Dashclock Widget, namun pada versi aplikasi Lockscreen. Aplikasi ini menampilkan banyak informasi pada lockscreen dan memungkinkan Sobat untuk dengan cepat melakukan hal seperti melakukan panggilan telepon (call) dan membalas pesan dengan cepat (quick reply) dari pemberitahuan. Sobat dapat juga mengatur shortcut aplikasi dan memeriksa agenda pada Calendar.

Next Lock Screen bukan hanya memiliki tampilan elegan dan sederhana, namun juga adalah lockscreen cerdas yang mampu memperkirakan aplikasi yang kemungkinan besar akan sobat gunakan berdasarkan lokasi (rumah, kantor / sekolah / kampus dan sebagainya). Maka aplikasi yang akan tampil di layar sobat adalah aplikasi yang paling sering sobat gunakan di tempat-tempat tersebut. Next Lock Screen menampilkan aplikasi berdasarkan lokasi dan penggunaan kebiasaan.

Sobat tentu saja tidak harus menggunakan fitur ini, namun pada sisi lainnya aplikasi ini juga sangat cemerlang, pemberitahuan, aplikasi kalender dan fungsi telepon seluler penting lainnya ditampilkan secara rapi.

2. AcDisplay

Aplikasi Lockscreen Android Unik
AcDisplay | © Artem Chepurnoy
AcDisplay dirancang sebagai aplikasi pengganti lockscreen android yang ringan, sederhana, minimalis, terbaik dan berfokus membantu pengguna untuk bisa mengakses notifikasi (notifications) lebih cepat. AcDisplay juga memiliki fitur layar aktif yang mirip dengan smartphone android seri Moto X untuk membantu sobat berinteraksi dengan ponsel.

Pada AcDisplay, terdapat ikon kecil yang muncul sebagai notifikasi, untuk membukanya sobat hanya perlu menekan agak lama pada salah satu ikon tersebut, dan untuk menutupnya (jika sobat tidak ingin melihat rincian notifikasi) hanya dengan menggesernya ke arah bawah layar.

Locksreen keren AcDisplay ini juga menggunakan sensor accelerometer pada perangkat sobat untuk melakukan on/off secara otomatis. Cara kerjanya adalah dengan mendeteksi apakah handphone sedang berada di tangan dan digunakan, atau berada di saku dan sedang tidak digunakan. AcDisplay akan mendeteksi kapan mematikan layar dan mengaktifkan lockscreen dengan pintar.

Yang terbaik, sobat bisa menginstalnya dengan gratis (dengan pembelian dalam aplikasi) untuk mencoba Lockscreen ini.

3. Android 5.0 L Lollipop

Aplikasi Lockscreen Android Ringan Terbaik
Lockscreen Android 5.0 L Lollipop | © Androidpit
Google nampak memperlihatkan keseriusan dalam memperbaiki layar kunci Lollipop. Tidak seperti Jelly Bean ataupun Kitkat, lockscreen Lollipop Tampilan interface (UI) terbilang bagus dan di atas rata-rata dengan material design (desain material)-nya. Lockscreen Lollipop memang minimalis dan fungsional. Pemberitahuan akan ditampilkan dalam kartu, dan menekan pemberitahuan sebanyak dua kali (dobel) akan membuka aplikasinya. Tergantung pada telepon sobat, terdapat juga pilihan wajib shortcut aplikasi di bagian bawah. Untuk mengabaikan pemberitahuan, sobat hanya perlu menggesek kiri atau kanan, cara yang sangat sederhana namun brilian.

4. Joy Locker: Game Theme

24 Aplikasi Lockscreen Android Paling Unik Ringan Terbaik Terkeren Terbaru
Joy Locker: Game Theme | © Global Animation Dev
Sebagaimana namanya yang mencerminkan fungsinya, Lockscreen Android Joy Locker menyediakan fitur tema, mulai dari senjata, anime; seperti misalnya naruto, adegan aneh sci-fi. Selain itu, uniknya juga memungkinkan sobat memainkan berbagai macam mini-game di layar kunci. Termasuk permainan menendang bola dalam adu penalti atau tembak-tembakan dengan senjata api yang mungkin sobat sukai, atau sekedar mengetuk layar yang menampilkan suasana air kolam dengan jari untuk menimbulkan riak.

5. Echo Notification Lockscreen

24 Aplikasi Lockscreen Android Paling Unik Ringan Terbaik Terkeren Terbaru
Echo Notification Lockscreen | © DoubleLabs
Echo Notification Lockscreen dirancang sebagai lockscreen dengan fitur minimalis dengan ukuran yang sangat ramping dan sebagai kompensasinya sobat memiliki beragam kontrol akses cepat terhadap semua aplikasi yang sobat inginkan. Seperti namanya, Lockscreen ini memang berfokus pada bagaimana notifikasi tampil di lockscreen.

Sobat bisa membuat kategori pemberitahuan, seperti 'Work', 'Media' dan 'Sosial', dan memilih aplikasi apa yang akan dimasukkan ke dalamnya. Ini berarti sobat memiliki akses ke lebih banyak aplikasi langsung dari layar kunci Echo daripada lockscreen default Android. Echo Notification Lockscreen juga menampilkan pesan dan panggilan tak terjawab di layar kunci.

Aplikasi ini gratis untuk dicoba, dan Sobat bisa juga membeli versi pro seharga $ 1,99 melalui pembelian di dalam aplikasi.

6. Semper: Learn Effortlessly

Aplikasi Lockscreen Android Paling Unik Ringan Terbaik Terkeren Terbaru
Image © Semper - UnlockYourBrain
Kalau sobat adalah pecinta olahraga otak, lockscreen ini perlu dicoba. Proses membuka ponsel menjadi sesuatu yang sangat berharga, karena setiap melakukannya dengan aplikasi ini, sobat akan melatih otak puluhan kali sehari untuk menjaga otak terus berdetak dan lebih pintar dengan mengerjakan soal matematika sederhana dan latihan kosakata.

Namun kemudian, apakah ini berarti sobat tidak dapat mengakses telepon jika tidak tahu jawaban atas pertanyaan yang disodorkan? Tidak, untungnya aplikasi ini memungkinkan kita melewatkan pertanyaan dan tetap bisa mengakses ponsel, sehingga tidak ada tekanan di sana. Ini adalah cara yang bagus untuk mengubah tindakan tidak berarti yang dilakukan berulangkali setiap hari menjadi latihan otak yang positif.


7. Locker Master

APK Lockscreen Android Paling Unik Ringan Terbaik Terkeren Terbaru
Locker Master Logo
Image © Qiigame
Dengan tema unik seperti ukulele dan senapan angin, serta metode unlock lucu seperti 'pola poker', dan tentunya memiliki widget dan aplikasi jalan pintas seperti lainnya. Ada banyak tema dirancang dengan baik juga, termasuk salah satunya adalah yang bisa menyesuaikan dengan waktu (clock) serta hari secara otomatis.

Locker Master juga lebih memiliki gaya, simana sobat bisa menggunakan seperti misalnya live wallpaper yang interaktif dan tema untuk mempercantik layar kunci. Sobat juga dapat menampilkan yang lain, seperti acara animasi cuaca dan ramalan cuaca, menggunakan gaya Pattern dan PIN unlock yang mirip seperti iphone iOS 7, dan bahkan dilengkapi dengan senter built-in.

Kelebihannya juga, ia menampilkan aplikasi secara vertikal, yang berarti bisa memuat aplikasi lebih banyak di layar. Shortcut ditampilkan pada sidebar unik, dan memiliki beberapa membuka mini-games gila juga. Aplikasi ini memang memiliki bug di sana-sini tapi karena benar-benar gratis, tetap layak dicoba.

8. GO Locker - theme & wallpaper

APK Lockscreen Android Paling Unik Ringan Terbaik Terkeren Terbaru
GO Locker - theme & wallpaper | © GO Launcher EX
GO Locker adalah aplikasi Lockscreen paling populer karena sudah mendekati 100 juta download. Dalam versi gratis sobat mendapatkan sejumlah besar tema yang dapat meniru hampir semua perangkat dan banyak yang unik, cara pintas ke aplikasi pada layar kunci, dan kemampuan untuk membaca pesan dari layar kunci Anda. Yang unik dan bagus pada Go Locker adalah pilihan untuk memiliki akses jalan pintas terhadap hal seperti mematikan mobile data dan Bluetooth langsung dari layar kunci.

Go Locker muncul sebagai "paket lockscreen" yang besar, dimana mungkin adalah aplikasi yang menyediakan pilihan tema terbanyak dari semua aplikasi Lockscreen. Bagaimana tidak, Go Locker mengklaim memiliki tema senilai lebih dari $ 900 (ada yang gratis, dan ada yang tidak).

Seperti misalnya tema Zipper Lockscreen (Lockscreen Resleting) Keren yang terdapat didalam aplikasi ini mulai dari Monster Zipper (Lockscreen Resleting Monster), US Flag Zipper Lock ((Lockscreen Resleting Bendera Amerika), France Flag Zipper Lock (Lockscreen Resleting Bendera Perancis), Zipper Screen Lock (Lockscreen Resleting V for Vendetta), UK Flag Zipper Screen Lock (Lockscreen Resleting Bendera Inggris), dan lainnya.

Versi berbayar seharga $ 19,99 menjadi "seolah-olah konyol", tapi jika memang sobat inginkan, sobat akan mendapatkan semua tema berbayar yang tersedia.

9. Alarm Anti Theft Screen Lock

Apps Lockscreen Android Paling Unik Ringan Terbaik Terkeren Terbaru
Alarm Anti Theft Screen Lock
Logo Image © Mobiloucos 2
Alarm Anti Theft Screen Lock adalah semacam lockscreen hybrid yang menggabungkan aplikasi keamanan (security) dengan aplikasi layar kunci. Ketika diaktifkan, aplikasi ini akan menghidupkan alarm ketika ada orang yang mencoba membuka layar namun gagal.

Secara desain, aplikasi ini bergaya “old school” yang membuatnya kontras dengan antarmuka android yang semakin modern.

Namun ini tetap fungsional untuk mengusir orang usil maupun pencuri yang mencoba mengakses ponsel tanpa ijin sobat dengan alarm sound terunik yang sangat keras.

10. C-Locker

app Lockscreen Android Paling Unik Ringan Terbaik Terkeren Terbaru
Logo C-Locker
Image © C Launcher Themes
C Locker adalah lockscreen dengan fitur yang sangat banyak, dan tentunya juga memiliki beragam pilihan tema untuk melakukan kustomisasi (customize) sendiri lockscreen oleh sobat. Terdapat lebih dari 30 pilihan kustom bagi sobat untuk untuk melakukan panggilan telepon, akses aplikasi, atau membaca pemberitahuan dari jaringan sosial kesukaan sobat.

Klaim C-Locker untuk popularitasnya adalah gaya unlock yang tidak biasa; dengan slide untuk membuka yang klasik, metode menggesek ke atas untuk unlock, atau unlock dengan "mengiris gelembung" yang muncul di layar dengan jari. Sobat juga dapat mengubah wallpaper dan itu benar-benar gratis untuk digunakan tanpa pembelian. Sisi baik C Locker lainnya adalah menawarkan berbagai tema, dan secara teratur diperbaharui untuk menggabungkan fitur ponsel baru seperti scanner sidik jari”

Salah satu fitur (biasanya hanya ada pada ponsel high-end) yang banyak disukai adalah mematikan layar hanya dengan mengetuk layar 2 kali, atau tiga kali. Sayangnya, untuk bisa menggunakan fitur ini (versi pro/berbayar) sobat harus mengeluarkan biaya sebesar 30.284 rupiah. Namun begitu, versi gratis juga masih berjalan bagus sebagai aplikasi locksreen.

11. DynamicNotifications

Aplikasi Lockscreen Android Paling Unik Ringan Terbaik Terkeren Terbaru
DynamicNotifications | Image © Great Bytes Software
DynamicNotifications adalah aplikasi layar kunci yang bekerja dengan lembut yang ramah terhadap penglihatan serta hemat baterai. Dynamic Notifications juga Lockscreen dengan ukuran yang compact sesuai dengan beberapa fitur terbaiknya seperti modus malam dan gerakan penginderaan untuk membuat baterai menjadi awet. Secara default, ia memiliki latar belakang hitam polos, dan notifikasi hanya akan menghidupkan layar pada saat smartphone tidak berada di dalam saku, tas atau menghadap ke bawah.

Dynamic Notification adalah pilihan terbaik yang ada jika sobat mau membeli versi premium ($ 1,99). Sobat dapat melakukan kustomisasi terhadap apa apa yang terjadi pada notifikasi ketika Anda menggeseknya, dan juga menetapkan "modus malam" dimana notifikasi tidak akan muncul ketika sobat sedang tidur.

12. Cover Lock Screen (beta)

Aplikasi Lockscreen Android Paling Unik Ringan Terbaik Terkeren Terbaru
Cover Lock Screen (beta)
Logo Image © Cover
Cover Lock Screen adalah layar kunci kontekstual yang mencoba menebak apa yang akan Sobat butuhkan setiap kali Sobat menghidupkan perangkat Sobat. Menggunakan berbagai data seperti lokasi GPS untuk melihat apakah Sobat di rumah atau di tempat kerja bersama dengan waktu hari untuk menebak mana aplikasi Sobat akan butuhkan atau inginkan ketika Sobat menghidupkan perangkat Sobat.

Meski aplikasi ini masih pada tahap pengembangan (beta), tetapi memiliki fitur terbaik seperti fitur beralih aplikasi yang unik, fitur “mengintip” yang memungkinkan Sobat membuka aplikasi dari layar kunci, dan pengaturan pintar berbasis lokasi dan waktu hari. Sobat juga bisa mendownloadnya dengan gratis di Google Play

13. DIY Locker

Aplikasi Lockscreen Android Paling Unik Ringan Terbaik Terkeren Terbaru
Logo DIY Locker
Image © DIY Mobile
DIY Locker adalah pilihan yang menyenangkan karena memungkinkan Sobat untuk merancang layar kunci Sobat sendiri. Sobat dapat menggunakan foto sendiri atau gambar maupun yang dibangun ke dalam aplikasi dan juga dapat mengubah hal-hal seperti warna, dan ukuran.

Bahkan dapat merancang pola atau foto sendiri untuk membuka layar. Aplikasi ini tidak memiliki keragaman seperti GO Locker, tapi masih pilihan yang solid dengan ulasan yang baik dan gratis.

14. Dodol Locker

Aplikasi Lockscreen Android Paling Unik Ringan Terbaik Terkeren Terbaru 2016
Dodol Locker | Image © Dodol.com
Dodol Locker merupakan bagian dari paket aplikasi lain dalam koleksi Dodol (tidak seperti GO Locker).Lockscreen ini dikenal karena banyaknya tema yang memungkinkan Sobat untuk menyesuaikan Lockscreen sesuai keinginan. Ada banyak pilihan kustomisasi tetapi masih mendukung hal-hal dasar seperti pola dan PIN unlock. Memang sangat sederhana dalam hal fungsi yang hanya dasar, namun mungkin ini justru akan lebih disukai sebagian besar orang yang hanya ingin menyesuaikan tampilan Lockscreen mereka daripada tindakan.

15. Holo Locker

Aplikasi Lockscreen Android Paling Unik Ringan Terbaik Terkeren Terbaru 2016
Holo Locker | Image © Mobint Software
Holo Locker adalah aplikasi Lockscreen yang bertindak dan terlihat hampir persis seperti layar kunci bawaan Android (stock Lockscreen apps). Versi gratis hanya layar kunci yang besar jika Sobat ingin sesuatu yang super minim dan sangat lancar digunakan. Versi berbayar memberi Sobat beberapa fitur fungsi seperti meluncurkan aplikasi langsung dari Lockscreen dan banyak lagi. Dua versi tersebut sama-sama baik, cepat dan solid.

16. Joy Locker

Aplikasi Lockscreen Android Paling Unik Ringan Terbaik Terkeren Terbaru 2016
Logo Joy Locker
Image © Global Animation Dev
Joy Locker tepat untuk sobat yang ingin sesuatu yang berbeda. Ia menggunakan slide-to-unlock yang khas, namun terletak ditempat yang disembunyikan dari layar. Juga adanya sedikit game mini seperti sepak bola, menembak pistol, bermain dengan ikan, dan lain-lain yang dapat Sobat mainkan saat mengalami kejenuhan atau sekedar membuang waktu. Ini bagus untuk sobat yang memiliki anak yang masih kecil atau hanya ingin main-main selama beberapa detik sambil menunggu dalam antrean. Permainan ini tidak hebat, karena memang ini adalah lockscreen, dan itu juga benar-benar gratis.

17. MagicLocker Main

Aplikasi Lockscreen Android Paling Unik Ringan Terbaik Terkeren Terbaru 2016
MagicLocker | Image © Lockscreen.Mobi
MagicLocker adalah pilihan pengganti lockscreen yang dilengkapi banyak tema dan fitur. Sobat dapat menemukan tema baru dengan mencarinya di Google Play Store dan ada beberapa dari mereka yang terlihat baik. Sobat juga dapat menyesuaikan berbagai bagian dari layar kunci dan ada beberapa fitur canggih seperti memblokir tombol home sehingga tidak akan “membangunkan” perangkat dari “sleep”. Lockscreen ini terbilang minim dengan hanya menyediakan fitur kustomisasi, namun menurut review pengguna terdapat beragam masalah di sana-sini, jadi berhati-hatilah ketika menggunakannya. Namun begitu, beberapa tema memang terlihat bagus, seperti misalnya slide to unlock mirip iphone 4, atau resleting.

18. Picturesque Lock Screen

Download Gratis Aplikasi Lockscreen Android Paling Unik Ringan Terbaik Terkeren Terbaru 2016
Picturesque Lock Screen | © Microsoft Corporation
Picturesque adalah lockscreen lain yang juga dari Microsoft. Lockscreen ini lebih berfokus pada hal-hal dasar yang memperindah tampilan. Ini memberikan Sobat pilihan berbagai wallpaper untuk mengubah layar Sobat yang menggunakan Bing. Aplikasi ini juga dapat menunjukkan cuaca (weather) , berita terbaru, dan termasuk kolom pencarian di lockscreen secara langsung menggunakan mesin pencari Bing. Ada juga beberapa fitur event kalender, panggilan, dan kontrol kamera (camera control).

19. SlideLock Locker

Download Gratis Aplikasi Lockscreen Android Paling Unik Ringan Terbaik Terkeren Terbaru 2016
SlideLock Locker | © Silver Finger Software
SlideLock Locker adalah Lockscreen yang clean dan menyediakan cara yang sangat efisien untuk menangani pemberitahuan. Pada Lockscreen, Sobat geser kanan untuk membuka dan geser kiri untuk mengakses kamera dengan cepat. Sobat juga dapat menggesek kanan pada pemberitahuan untuk membuka aplikasi itu atau menggesek kiri untuk mengabaikan mereka.

Lockscreen ini juga mendukum jam Pebble, dan akan bangun ketika Sobat menerima pemberitahuan sehingga Sobat dapat melihatnya dengan cepat tanpa menyentuh layar. Ini memang tidak ditujukan untuk semua orang tapi terlihat bagus dan itu sangat fungsional.

20. Sparky Lock Screen

Download Free apk Aplikasi Lockscreen Android Paling Unik Ringan Terbaik Terkeren Terbaru 2016
Sparky Lock Screen
Image © Sparky Mobile
Sparky Lock Screen adalah aplikasi yang memanjakan mata. Secara cerdik menyamarkan beberapa seperangkat lockscreen disekitar wallpaper unik untuk membuatnya terlihat seperti Sobat berinteraksi dengannya.

Untuk saat ini hanya mendukung smartphone dan dalam tahap beta sehingga Sobat sangat mungkin mendapatkan beberapa bug. Sisi terbaik aplikasi ini adalah nilai seninya yang tinggi karena lockscreen ini terlihat benar-benar keren dan menawarkan sesuatu yang sedikit berbeda dari kompetitornya. Aplikai ini memang tidak akan menyediakan fitur berat seperti yang lain, namun ada versi gratis yang dapat Sobat coba sebelum membelinya di Google Play Store.

21. Dashclock Widget

Download Free apk Aplikasi Lockscreen Android Paling Unik Ringan Terbaik Terkeren Terbaru
Dashclock Widget | © Roman Nurik
Walaupun Dashclock Widget bukan lockscreen, tetapi mungkin juga tampil sebagaimana Lockscreen. Sobat dapat menggunakan Dashclock Widget sebagai widget pada layar home Sobat untuk menerima segala macam data termasuk waktu, cuaca, pemberitahuan, dan beragam hal virtual lain dari ekstensi yang disediakan oleh aplikasi lain. Dashclock Widget sudah lama disarankan sebagai "must have apps", terutama jika Sobat berada di Android standar di mana lockscreen tidak menampakkan apa-apa. Aplikasi ini gratis, sehingga tidak ada salahnya untuk dicoba.

22. LokLok Connected Lock Screen

Download Free apk Pro Aplikasi Lockscreen Android Paling Unik Ringan Terbaik Terkeren Terbaru
LokLok Connected Lock Screen
Image © Kwamecorp
LokLok Connected Lock Screen adalah lockscreen application yang bagus dan unik. Ini dasarnya layanan kurir berdasarkan gambar-yang terjadi sepenuhnya pada layar kunci Sobat.

Cara kerjanya adalah Sobat mengambil gambar dan mengirimkannya ke teman dan mereka dapat merespon dengan gambar mereka sendiri atau mereka dapat mengubah Sobat dan mengirimkannya kembali. Hal ini dapat menyenangkan dan bahkan dapat berguna jika Sobat perlu untuk mendapatkan informasi dari seseorang dengan cepat. Hal ini juga masih dalam versi beta sehingga Sobat dapat mengharapkan ada menjadi bug sesekali di sana-sini.

23. Ubuntu Lockscreen

Unduh gratis apk Aplikasi Lockscreen Android Paling Unik Ringan Terbaik Terkeren Terbaru
Screenshot Ubuntu Lockscreen | Image © HeartRotary
Sebagaimana dicerminkan namanya, Ubuntu lockscreen adalah Lockscreen android yang mirip dengan Ubuntu. Sehinga sangat cocok bagi sobat yang menyukai Ubuntu. Lockscreen ini mudah digunakan dan memiliki gaya yang anggun layaknya memiliki smartphone layar sentuh dengan os Ubuntu. Ini juga memiliki banyak pengaturan yang dapat diubah, dari animasi untuk warna. Fitur lockscreen ini hanya standar saja sebagaimana bawaan android itu sendiri, namun dengan tampilan yang berbeda tentunya. Meskipun masih pada tahap beta itu cukup stabil untuk menggunakannya, namun sudah setahun lebih sejak maret 2014 app ini tidak pernah diupdate oleh developer.

Apa Pilihan Sobat?

Apakah ada lockscreen fantastis terbaik lain yang tidak dimuat disini? Tulis di kolom komentar, dan mungkin aplikasi itu nantinya akan masuk dalam daftar aplikasi Lockscreen android terbaik di WebKeren.Net.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: