Aplikasi Selfie Terbaik untuk Android Iphone Terbaru

B612 adalah aplikasi kamera sekaligus editor foto yang dikembangkan oleh Line Coorporation. Seperti tagline yang dipakainya; “Selfie from the Heart”, aplikasi ini termasuk yang terbaik karena sangat sempurna untuk mengambil foto selfie kapanpun dan dimanapun sobat berada. B612 bisa di download gratis baik di ponsel cerdas android maupun Apple iOS Iphone.

Mungkin Sobat bertanya-tanya ketika melihat foto teman dengan tagline #B612 ataupun watermark B612 di sisi kanan bawah foto di twitter, Instagram, atau Facebook. Karena memang aplikasi ini mulai banyak digandrungi semua kalangan.

Aplikasi Selfie Terbaik untuk Android Iphone Terbaru 2015: Kamera B612
Screenshot aplikasi B612 | Credit Image :  Line.me
B612 merupakan inovasi dari Line messenger,yang memang selain sebagai aplikasi chat juga terkenal dengan gamenya, dan aplikasi B612 adalah salah satu yang terlaris sebagai aplikasi kamera. Hanya dalam waktu sepuluh bulan sejak dilaunching resmi pada Agustus tahun lalu, B612 sudah di-install lebih dari sepuluh juta pengguna smartphone android (dan mungkin jutaan pengguna lainnya di hp pintar iOS Iphone). Penggunaan B612 yang mudah dan fiturnya yg beragam membuatnya mendapat julukan sebagai "aplikasi khusus selfie dengan tampilan sederhana tetapi kaya fitur" pada review yang dibuat TechInAsia (17/10/2014).

Di Google Play, update terbaru B612 pada 4 Juni 2015 sudah sampai Versi 2.4.2. Sementara pada ulasan mendapat nilai 4,3 (skala 5.0) dari 654.137 review. Sehingga bisa dikatakan sebagai aplikasi selfie terpopuler dan terbagus. Namun ukurannya cukup besar (tidak besar jika dibandingkan dengan aplikasi kamera dan editor foto lainnya) yaitu 22Mb. Selain itu, handphone sobat harus menggunakan Android versi 4.0.3 Jelly Bean dan yang lebih baru untuk bisa menginstalnya.

Hasil jepretan aplikasi kamera ini tidak perlu di edit lagi. Sobat bisa langsung melihat hasil foto sebelum tombol foto diambil melalui live preview yang bisa sobat lihat di layar.

Pada dasarnya aplikasi ini didesain untuk menjadi aplikasi selfie terbaik dengan segudang fiturnya yang baru, menyenangkan, dan mudah digunakan. Sobat perlu mencoba aplikasi B612 untuk mendapatkan sudut selfie yang sempurna untuk menampilkan sisi terbaik sobat. Atau mengambil gambar ketika sobat berada di lokasi eksotik, sedang berkumpul dengan teman, sedang bersama anak bayi lucu dan menggemaskan, dan momen lainnya untuk dijadikan sebagai foto profil, gambar di blog, dibagikan ke jaringan sosial, atau disimpan dalam memori ponsel dan mungkin akan menjadi kenangan berharga seumur hidup yang selalu diingat selamanya.

Aplikasi Foto Selfie Terbaik B612; Fitur Melimpah Tampilan Sederhana

Tampilan antarmuka B612 sederhana, minimalis dan didominasi warna hitam. Sobat hanya akan melihat tiga ikon berjejer di bagian bawah, tidak ada tombol shutter ataupun menu. Untuk mengambil foto sobat cukup menekan pada layar pada bagian mana saja (selain bagian bawah yang terdapat ikon-ikon). Selain itu, secara default (dan tidak ada opsi untuk merubah) kamera B612 tidak bersuara (silent).
Aplikasi Selfie Terbaik untuk Android Iphone Terbaru 2015: Kamera B612
Tiga Ikon Pengaturan di Layar B612
Berikut ini penjelasan mengenai ikon-ikon yang tampil di layar B612 dan cara menggunakannya.

Tiga Ikon Pengaturan di Layar

Pertama, ikon kotak kecil di kiri bawah yang jika ditekan akan memuat timer dan kolase. Kedua, ikon tanda dua tanda panah saling menyilang di tengah yang jika ditekan akan secara acak memilihkan filter. Terakhir, ikon tiga lingkaran kecil di bagian kiri jika ditekan akan memunculkan pilihan filter dan 2 fitur tambahan; titik fokus (disebut fitur Tilt-shift yang ditampilkan dengan ikon air) dan fitur vignette yang ditampilkan dengan ikon kotak dengan lubang lingkaran ditengahnya.

Tersedia Beragam Kolase. Jika sobat memilih salah satu kolase, sobat akan dibantu dengan kotak panduan kecil yang berada di tengah-tengah. Kotak tersebut menunjukkan pada bagian mana foto yang diambil akan ditempatkan di kolase. Dengan menggunakan kolase, sobat dapat menampilkan beberapa foto selfie terbaik ke dalam satu foto. Senyum, nyinyir, manyun, atau gaya selfie wajah aneh sobat lainnya bisa ditampilkan hanya dengan satu foto supaya lebih menarik.

Tersedia 2 pilihan timer; 5 detik dan 2 detik. Timer tentu sangat berguna untuk foto selfie. Sobat bisa bersiap dengan pose sempurna sebelum shutter mengambil secara otomatis foto selfie. Timer juga mengurangi noise karena gerakan tangan saat shutter ditekan, ataupun membantu sobat saat selfie dengan tongsis (tongkat narsis) yang tidak dilengkapi tomsis (tombol narsis).

Pilihan filter random. Fitur random sangat berguna ketika sobat malas memilih filter karena ribet dan memakan banyak waktu. B612 juga mengingat filter mana yang paling sering digunakan, sehingga dengan waktu sangat mungkin tepat sesuai dengan kesukaan sobat.


Filter B612 berisi lebih dari 50 efek yang bisa sobat sesuaikan dengan mood saat mengambil foto selfie. Fitur Tilt-shift jika diaktifkan akan memberikan efek blur pada bagian atas dan bawah foto, sementara Vignette akan menambahkan efek gelap di pinggir foto yang akan membuat bagian tengah foto lebih menonjol. Dua fitur ini akan menyesuaikan secara otomatis dengan filter yang sobat gunakan.
Apps Selfie Terbagus buat Android Iphone Terbaru 2015: apk Fotografi Ponsel
Menu B612 Setelah Shoot Foto Selfie
Uniknya, setelah mengambil gambar, foto tidak secara otomatis tersimpan. Sobat harus menyimpannya secara manual dengan menekan ikon tanda panah ke bawah. Jika tidak ingin foto membuat sesak memori smartphone, sobat bisa langsung posting hasil foto selfie terbaik ke Line, WhatsApp, WeChat, Facebook, Twitter, Instagram, dan semua media berbagi lainnya dengan mudah secara langsung tanpa perlu menyimpannya terlebih dahulu.

Shortcut dan Fitur Tersembunyi pada Kamera Selfie B612

Video pendek selfie (Klip video 3 s/d 6 detik dilengkapi suara). Cara menggunakannya sangat mudah dan unik, yaitu dengan menyentuh dan tahan layar untuk mulai merekam dan otomatis terhenti setelah 6 detik. Klip ini bisa langsung sobat share ataupun disimpan ke ponsel dengan format file .gif

Mendukung kamera belakang. Meski pada awalnya B612 hanya diperuntukkan buat kamera depan saja, namun sekarang ini B612 juga sudah bisa digunakan dengan kamera belakang. Caranya adalah dengan mengusap layar dari atas ke bawah untuk berganti dari kamera depan ke kamera belakang.

Mengganti Filter. Untuk secara cepat mengganti atau menyesuaikan filter, sobat hanya perlu mengusap layar dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

Memunculkan menu pengaturan. Sebenarnya terdapat menu pengaturan pada aplikasi selfie ini, namun saja disembunyikan untuk menjaga tampilannya yang simpel. Untuk memunculkannya, sobat hanya perlu mengusap layar dari bawah ke atas. Beberapa hal yang bisa diatur yaitu:
  1. Menghidupkan / mematikan Location Info (info lokasi)
  2. Menghidupkan / mematikan Anti-shake (peredam getaran)
  3. Menghidupkan / mematikan B612 Mark (Watermark B612 pada foto)
  4. Menghidupkan / mematikan Share Message (jika diaktifkan maka sobat bisa menembahkan teks saat membagikannya ke jejaring sosial)
  5. Menghidupkan / mematikan Auto Save (Menyimpan foto secara otomatis ke memori internal selepas memotret)
  6. Menghidupkan / mematikan Mirror Mode (jika diaktifkan maka foto akan terbalik, misalnya tulisan)
  7. Menghidupkan / mematikan Adjust Exposure (Jika diaktifkan, sobat bisa mengatur eksposur secara manual, caranya dengan menaikkan atau menurunkan eksposur yang nantinya akan tampil di bagian kiri tengah layar.
  8. Memilih Shooting Mode (pilihan 6 detik atau 3 detik untuk klip video)

Tentunya aplikasi ini tidak serta merta membuat sobat cantik seperti artis korea atau ganteng seperti artis GGS (Ganteng-Ganteng Serigala) Aliando, ataupun berkualitas tinggi. Itu semua masih bergantung pada keahlian sobat dalam menentukan gaya, sudut pengambilan, pencahayaan, dan teknik fotografi poto selfie, dan kualitas kamera smartphone sobat tentunya. Gimana, apa sobat menyukai aplikasi khusus selfie ini?

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: