6 Cara Mengatasi BBM Lemot (Lelet & Pending)

Tips Terbaru mengenai Solusi atau Cara Mengatasi Agar Supaya BBM Tidak Lemot atau Lelet banyak dicari. BBM Lemot terutama karena aplikasi chatting BlackBerry Messenger (BBM) sekarang ini sudah bisa digunakan di beragam platform selain Blackberry sendiri, seperti pada android, windows phone, maupun ios (iphone 3gs, 4, 5, 5s). Bahkan tidak sedikit juga yang menggunakan bluestack di PC / Komputer / Laptop untuk menginstall-nya.

Sebab dan Cara Mengatasi BBM Lemot (Lelet & Pending)

Perangkat lama seperti smartphone dengan os androit gingerbread pun sekarang ini juga bisa install BBM. Jadi bukan cuma android terbaru saja seperti asus zenfone 4&5, oppo, andromax c, andromax e860, sony xperia e, & miro. Begitupun semua ponsel dengan os wondows mobile seperti misalnya Lumia 535 yang sekarang sudah bisa menggunakan BBM.

Sejak itulah pengguna blackberry messenger sering merasa bbm lemot dan pesan pending, dan seringkali terdengar keluhan, "kenapa ya bbm ku kok lemot pake banget, malah kadang gak bergerak". Itulah yg terkadang teman ngetik sms dan mengirimnya ke kita yang berisi, "sorry bbm lagi lemot hari ini, jd masih ga bisa liat. knp?".

Jadi, kalau dulu BBM lemot lebih dikarenakan faktor koneksi provider yg down. Seperti axis. xl, indosat im3 & mentari, esia, simpati loop, maupun kartu 3 (three / tri) (meski terkadang juga devicenya, yaitu Blackberry), sekarang ini faktor penyebab BBM lambat lebih dikarenakan perilaku pengunanya sendiri (pada device), ataupun karena memang devicenya keluaran lama sehingga performanya sudah tidak maksimal lagi. Itulah kenapa saat ini media berita online detik.com ataupun forum kaskus yang dulunya sering menyebarkan info server down tidak lagi menginformasikannya.

BBM Lemot juga bukan terjadi hanya pada pengguna baru, namun juga misalnya setelah upgrade / versinya abis diperbarui. Waktu update foto dp gif gerak, loading contact, group, dan channel chanel, viewer, voice yang sangat lambat pasti membuat sobat kesal. Nah, untuk bikin biar aplikasi BBM berjalan lancar, berikut ini sebab dan cara mengatasi bbm lemot.

Sebab BBM Lemot

Berikut ini beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab aplikasi BBM sobat lambat:

  1. Tidak memiliki koneksi terhadap jaringan internet atau koneksi buruk. ini bisa dua faktor, bisa karena tower pengirim sinyal dari operator letakya sangat jauh ataupun memang lemah, atau bisa jadi juga karena daya tangkap sinyal smartphone sobat lemah.
  2. Terlalu banyak menginstal aplikasi. Ini menyebabkan 2 hal sekaligus; memori internal sesak kepenuhan, dan bisa jadi juga menyebabkan banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang sehingga CPU dan Memori RAM tidak mampu lagi bekerja maksimal dalam menjalankan BBM. Aplikasi yang berjalan di background membuat kinerja ponsel menjadi berat dan bahkan melebihi kapasitas CPU dan RAM yang tersedia. 
  3. Kontak BBM, group ataupun berlangganan channel yang terlalu banyak.
  4. Sebab lainnya


Cara Atasi BBM Lemot


Dari penyebab tersebut, berikut ini beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk mempercepat akses BBM lemot:
  1. Service atau ganti Smartphone. Ya, jika sobat sudah menguji coba ternyata pada ponsel lain mendapatkan sinyal yang bagus sementara ponsel sobat hanya mendapatkan sedikit atau bahkan tidak mendapatkan sinyal sama sekali, itu bisa berarti ada kerusakan atau penurunan kualitas hardware pada ponsel pintar yang sobat miliki. Ini biasanya terjadi pada smartphone lama atau pada smartphone baru dengan kualitas rendah (atau mungkin juga cacat pabrik)
  2. Berikan perhatian pada semua aplikasi terinstal. Jangan terlalu banyak menginstal aplikasi, terutama jika kapasitas memori maupun RAM sobat rendah. Instal saja seperlunya, sehingga masih terdapat memori dan ram yang cukup untuk menjalankan BBM. Jika memang diperlukan, instal aplikasi ataupun game saat sobat memang memainkannya terus menerus, jika hanya sesekali sebaiknya di backup dan uninstall dulu, baru nanti jika ingin memainkannya sobat bisa install kembali.
  3. Kurangi kontak, group dan channel. Kontak, Grup dan Channel juga memerlukan space pada memori. Semakin banyak kontak, Grup dan Channel akan semakin besar pula size bbm di memori internal ponsel.
  4. Downgrade BBM. BBM versi terbaru membawa segudang fitur baru, seperti BBM call, BBM voice, Timed message, dan lainnya. Ini tentunya juga membutuhkan memori dan ram yang lebih besar. Solusinya tentu sobat bisa mengembalikan (downgrade) BBM ke versi terdahulu.
  5. Ubah Setting BBM. Mengurangi fitur BBM secara langsung akan menurunkan konsumsi RAM oleh aplikasi BBM. Caranya juga mudah, cukup masuk ke setting, dan pelajari baik-baik fitur tersebut dan jika sobat tidak menggunakannya, sebaiknya set saja ke off. Karena pada BBM, sobat bisa mengatur sendiri fitur tambahan yang tersedia, seperti misalnya show my country and time, show what i'm listening to, timed message, dan lainnya.
  6. Hard Reset. Kalau sobat merasa BBM sangatlah penting, dan ternyata setelah semuanya dilakukan tidak berubah (tetap lemot), dan sobat tidak malas melakukan hard reset, lakukan saja. karena dengan begitu piranti lunak ponsel akan kembali seperti saat baru membeli. Setelahnya, jangan instal aplikasi yang dibutuhkan saja, jangan berlebihan.

cara bbm android cepat irit ram
Setting BBM android responsif, irit ram, lebih cepat

Itulah beberapa Sebab dan Cara Mengatasi BBM Lemot (Lelet &Pending). Apa pendapat sobat, ada yang sebab dan cara mengatasinya yang lain?

Baca artikel keren lainnya
Cara Memasang Foto DP BBM Tanpa Cropping
Cara gampang Meningkatkan Kecepatan Android
Aplikasi Terbaik untuk Meningkatkan Performa Sistem Android
Cara Memilih Provider Internet Terbaik: Murah, Cepat, Stabil

Referensi:masyadi.com

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: