Fitur Timed Messages & Message Retraction BBM di BBM Android Ternyata Berbayar?

Saat ingin mengirim chat ke seorang teman melalui Blackberry Messengar (BBM) Android dengan fitur timed messages, WebKeren.Net mendapat peringatan bahwa masa trial penggunaan fitur tersebut sudah habis dan harus melakukan subscribe jika ingin melanjutkan pengunaannya.

Sebagaimana mungkin sobat mungkin juga sudah paham, fitur timed messages adalah fitur BBM yang ditambahkan oleh Blackberry pada Oktober 2014 lalu. Fitur ini memungkinkan sobat untuk mengirim pesan dimana pembaca hanya akan bisa membaca pesan sesuai dengan waktu yang sobat tentukan, rentangnya antara 3, 5, 10, 15 detik dan terlama 1 menit (60 detik).

Fitur Timed Messages & Message Retraction BBM di BBM Android Ternyata Berbayar?

Sementara fitur message retraction memungkinkan sobat untuk menarik kembali (menghapus) pesan yang sudah terlanjur terkirim namun isinya salah. Menurut Blackberry sendiri dua fitur ini dimaksudkan untuk meningkatkan privasi dan kenyamanan pengguna saat mengirim pesan.


Kembali ke pokok masalah. Ternyata setelah melakukan browsing, ternyata fitur tersebut memang bersifat trial selama 3 bulan saja, selanjutnya akan menjadi layanan berbayar.. Artinya, untuk menggunakannya setelah masa percobaan harus melakukan subscribe (pembayaran) melalui Google Play Store (embedded dengan aplikasi BBM, sobat akan mendapat notifikasi jika masa trial habis).

Biaya subscribe pun tidak murah untuk ukuran bagian dari fitur aplikasi chat, yaitu senilai 12 ribu rupiah per bulan. Misalnya ketika dibandingkan dengan WhatsApp yang hanya 11 ribu pertahun untuk menggunakan aplikasinya secara keseluruhan (yang bahkan hingga saat ini hanya rencana dan belum juga diterapkan).

Selain fitur ini, fitur berbayar lainnya yaitu tanpa iklan (Rp. 12.000/bulan), Custom PIN / menentukan Pin BBM sendiri (Rp. 12.000/bulan) dan penggunaan stiker kustom (harga bervariasi). Nampaknya perusahaan Blackberry memang sedang mencari cara untuk bertahan ditengah tidak suksesnya penjualan smartphone BlackBerry dengan OS BlackBerry 10.

Itulah artikel WebKeren.Net mengenai fitur timed messages & message retraction bbm di bbm android ternyata berbayar. Ketik pendapat sobat di kolom komentar.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: