Google Keyboard Android M bisa Splilt!

Fungsi split keyboard sebenarnya bukan hal baru yang "spektakuler" di Android, terutama pada perangkat tablet. Hampir semua keboar pihak ketiga yang tersedia secara resmi di Google Play Store pun sudah menampilkan fungsi ini. Seperti misalnya swiftkey, thumb keyboard, dan lainnya. Bahkan Apple iOS sudah mendahului penggunaan tampilan keyboard split ini.

Google Keyboard Android M bisa Splilt!
Google Keyboard Android M bisa Splilt!
Image © Duncan Adkins (Android Police)
Namun, ini adalah yang pertama pada Keyboard Google. Ide dasarnya simpel, sobat akan kesulitan menjangkau bagian tengah keyboard ketika layar ponsel terlampau lebar (misalnya, pada phablet 6 Inci Nexus 6 ataupun perangkat tablet secara umum). Terlebih jika sobat terbiasa hanya menggunakan jempol saat mengetik di hp. Tampilan keyboard yang terbagi dua dengan rata kiri dan kanan mempermudah dalam mengetik dengan dua ibu jari.

Namun begitu, sobat belum akan mendapatkan fitur ini pada Keyboard Google yang sobat miliki salam waktu dekat. Sementara ini fitur tersebut hanya terdapat pada perangkat yang sudah mendapat update Android M Developer Preview, yaitu seri Nexus 5 ke atas (Nexus 6 dan juga Nexus 9).

Fitur ini pun bukan tampilan default, jika sobat ingin menggunakannya haruslah melakukan penyesuaian sendiri. caranya adalah dengan masuk ke menu pengaturan (setting) >> Language and Input >> Google Keyboard Settings >> Advanced >> Appearance and layouts >> pilih Split Keyboard.

Panel Notifikasi Dinamis

Panel Notifikasi Dinamis Android M
Panel Notifikasi Dinamis Android M | Image © androidauthority.com
Bersamaan dengan kehadiran keyboard ini, dan dengan ide yang sama, Google juga menghadirkan fitur panel notifikasi dinamis pada Android M. Jika sebelumnya panel notifikasi berada tepat ditengah dan jika dibuka dengan menggesernya dari atas ke bawah akan menutupi keseluruhan layar, pada Android M panel notifikasi akan muncul secara dinamis, bisa di sisi kanan ataupun di sisi kiri sesuai dengan bagaimana pengguna membukanya.

Panel Notifikasi Dinamis Android M
Panel Notifikasi Dinamis Android M | Image © androidauthority.com
Tujuannya jelas sama dengan split keyboard, yaitu memudahkan ibu jari pengguna mengakses panel notifikasi.

Bagaimana pendapat sobat tentang tampilan Split pada Keyboard Google dan Notifikasi Dinamis Android M ini?

Artikel ini adalah bagian dari seri pembahasan Android M, pastikan sobat membaca semuanya.
source

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: