HP Android Cepat Panas? Ini Penyebab dan Solusi Cara Mengatasinya

Mungkin sobat pernah bertanya, kenapa hp android cepat panas waktu dikantongi, bermain game, atau lainnya. Hal penting yang terkadang belum dimengerti orang adalah gejala panas pada smartphone itu hal yang wajar. Ini bukan disebabkan oleh jeleknya kualitas hp (meskipun hp murah cenderung begitu), namun oleh aktifitas kerja handphone itu sendiri. Bahkan hp mahal sekelas samsung galaxy S5 ataupun S6 misalnya, banyak juga pengguna yang mengeluhkan mengalami panas yang berlebih.
HP Android Cepat Panas? Ini Penyebab dan Solusi Cara Mengatasinya

Smartphone Cepat Panas ini adalah perilaku normal, dan sesuatu yang terjadi pada hampir setiap ponsel, baik dengan sistem operasi Android, Iphone ataupun Windows. Panas ini berasal dari baterai ponsel sobat, yang biasanya memanas ketika sobat melakukan aktivitas terus menerus pada hp yang menyebabkan daya handphone digunakan lebih cepat dari biasanya. Seperti misalnya ketika sobat melakukan panggilan telepon, menggunakan GPS, menonton video, dan aktivitas lainnya.

Jika ponsel sobat begitu panas dan energi baterai turun secara drastis, itu berarti baterai rusak. Tapi jika tidak, masalah sobat hanyalah telepon yang panas dan tidak nyaman untuk digunakan. Dan jika baterai sobat panas, itu berarti baterai terkuras dengan cepat yang tidak normal dan itu akan berdampak buruk pada baterai.

Selain baterai, handphone cepat panas juga disebabkan oleh kerja cpu, ram, dan perangkat keras lainnya pada hp yang berat. Itulah yang menyebabkan hape dengan spesifikai rendah cenderung lebih gampang panas jika digunakan untuk mengerjakan aktivitas yang berat secara terus menerus.

Berikut adalah beberapa solusi untuk mengatasi hp yang cepat panas

1. Ganti Baterai

Sebagaimana yang telah dijelaskan, jika memang tenaga baterai sering turun drastis, mati mendadak, dan lainnya, bisa dipastikan baterai rusak itulah penyebabnya.

2. Jauhkan dari Panas

Ya, terkadang panas pada ponsel bukan bersumber dari ponsel itu sendiri, melainkan dari pengaruh luar. Seperti misalnya udara yang memang panas, menaruh di atas televisi, dekat oven, disamping kipas laptop yang mengeluarkan panas, dan lainnya. Solusinya tentu jauhkan hp sobat dari semua itu.

3. Jangan gunakan ketika sedang di-charge

Menggunakan hp saat dicharge sangat berpotensi menyebabkan hp cepat panas. Selain itu, menggunakan hp ketika dicas akan menyebabkan kerja baterai meningkat dan merusak baterai, seperti misalnya menggelembung, dan bahkan meledak.

4. Matikan aplikasi atau koneksi yang menguras baterai

Coba tutup semua aplikasi dengan benar, baik melalui task manager ataupun aplikasi pihak ketiga. Selain itu, matikan juga koneksi yang tidak diperlukan seperti misalnya bluetooth, wifi, GPS, infrared, dan koneksi lainnya. Juga pastikan sobat berada di lokasi yang mendapatkan sinyal dengan baik, karena hp yang bekerja terus menerus mencari sinyal juga menyebabkan panas.

Satu hal yang pasti juga adalah jangan gunakan lampu led sebagai senter dalam jangka waktu yang lama, ini tentu menguras baterai dan membuat hp cepat panas.

Aplikasi penghemat baterai seperti mislnya JuiceDefender pada android juga bisa dipertimbangkan untuk membantu masalah ini, atau dengan menutup semua aplikasi yang berjalan di iPhone. Intinya, sobat harus melakukan semua langkah yang membuat kinerja baterai lebih efisien.

5. Periksa Aplikasi yang terinstal

Kadang-kadang, ada aplikasi yang membuat CPU bekerja terus menerus meski tidak digunakan, atau ada juga yang ternyata berjalan tidak normal dari yang seharusnya. Ini tentu akan menyebabkan kerja baterai yang tidak normal dan akan menyebabkan panas.

Untuk mengatasinya, sobat bisa memantau kerja aplikasi melalui task manager bawaan android ataupun menggunakan aplikasi seperti misalnya Watchdog yang akan membantu sobat melacak gejala ini pada Android. Jadi kalau hp sobat cepat panas dan sobat tidak mengetahui penyebabnya, mungkin aplikasi tersebut bisa memberikan petunjuk.

6. Jangan "bekap" ponsel sobat

Pada beberapa kasus ditemukan bahwa penggunaan casing tambahan menyebabkan panas yang berlebih. Ini mungkin dikarenakan casing menjadi hambatan bagi ponsel untuk mencari sinyal. Selain casing, bisa jadi juga ketika ditaruh di dalam tas, kotak peyimpanan, ataupun lainnya. Untuk mengatasinya, cukup dengan buka casing tambahan atau taruh di tempat yang terbuka agar mendapat angin segar.

Aktivitas seperti menonton video ataupun menghidupkan GPS secara terus menerus sebagai penunjuk jalan pasti menimbulkan panas pada semua jenis smartphone. Untuk mengatasinya, sobat perlu menambahkan holder / pemegang smartphone agar tangan tidak memegang handphone terus menerus.

7. Jangan overclock ponsel

Overclocking ponsel adalah salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan smartphone lebih dari kondisi standar, tapi itu akan menggunakan lebih banyak daya baterai dan panas tentu akan lebih cepat. Hanya gunakan SetCPU untuk underclock ponsel jika sobat mengalami masalah panas yang konstan.

8. Istirahatkan ponsel

Ini semacam jalan terakhir namun juga yang termudah dan banyak dilakukan oleh pengguna ponsel. Uniknya, memang efektif meredam panas. Caranya adalah, matikan ponsel, lepas casing belakang handphone dan juga baterai. Tunggu sampai benar-benar dingin dan barulah dirakit kembali dan menghidupkannya lagi.

Penutup

Namun begitu, beberapa berita di media juga mengabarkan kasus-kasus yang lebih dari sekedar hp rusak karena panas, namun juga seperti misalnya handphone samsung atau iphone yang terbakar atau meledak. Kecelakaan serius itu terjadi baik ketika digunakan untuk menelpon, ketika dicharge, atau hal lain.

Meskipun Webkeren.Net sendiri tidak pernah menyaksikan secara langsung peristiwa seperti ini, untuk keselamatan dan menjaga dari bahaya yang tidak diinginkan sebaiknya sobat tetap juga berhati-hati ketika menggunakan smartphone yang panas dan menemui gejala tersebut.

Jika ponsel terlalu panas, sering mengalami crash atau shutdown secara acak, dan sobat sudah melakukan berbagai cara yang disebutkan, segera bawa hp ke service centre untuk mengkalim garansi atau ke counter hp terdekat untuk mendapatkan diagnosa dan perawatan yang lebih baik dari ahlinya.

Tetapi jika hanya terjadi sesekali dan bisa diatasi dengan cara yang disebutkan, itu berarti hp sobat hanya tidak kuat menangani kerja yang begitu keras. Sobat cuma perlu mengistirahatkan hp, merestartnya, dan memberikan sedikit aliran udara bebas yang sejuk dan jika perlu dekakan dengan air conditioner (AC). Memang ini bukan solusi sempurna, namun berbekal pengetahuan mengapa hal ini terjadi, setidaknya sobat bisa menghentikan panas yang terus menerus dan sering terjadi.

Demikian Penyebab dan Solusi Mengatasi HP Android Panas yang bisa WebKeren.Net sampaikan, tulis tanggapan sobat di kolom komentar untuk berbagi.

Referensi

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: