Misteri Penamaan Android 6.0 M

Sebagaimana sobat tahu, google menamakan sistem operasi Android sesuai abjad. Diawali oleh Android Cupcake, kemudian Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwidch, Jelly Bean, KitKat, dan terakhir Lollipop. Maka tentu nama Android 6.0 ini akan berawalan huruf M. Namun penamaan resmi Android 6.0 ini masih misteri, belum ada yang punya jawaban pasti.

Misteri Penamaan Android 6.0 M
Ilustrasi Misteri Penamaan Android 6.0 M

Tebak-tebak buah manggis ini memang sudah menjadi semacam tradisi, dan kerap kali salah. Misalnya ketika orang menyebut Key Lime Pie, namun yang dipilih google adalah Kitkat, begitupun Lemon Meringue Pie, yang ternyata dinamai sebagai Lollipop.

Padahal, Google sudah merilis Android M versi developer preview pada Google I/O 29 Mei 2015 lalu. Sempat banyak yang memprediksi bahwa nantinya akan bernama Milkshake, karena saat itu VP engineering, Google Dave Burke mengenakan jam pintar (smartwatch) dengan menggunakan background milkshake. Namun begitu, isu ini langsung dibantah Burke melalui akun twitter pribadinya.
Selain Milkshake, berikut ini sederet nama yang bakal diprediksi dipakai google untuk Android 6.0 ini.
  1. Marshmallow, adalah manisan kenyal yang digemari di Amerika Serikat
  2. Muffin, kue yang mirip dengan cupcake ini adalah makanan khas Inggris dan lahir pada zaman Victoria, namun juga disukai banyak orang di Amerika.
  3. M&M's, ya sobat tahu kan, permen coklat kecil ini.
  4. Mars, bukan nama planet, tapi snack yang populer di Amerika Serikat
  5. Milky Way, juga snack yang populer di Amerika Serikat
  6. Macaroon. Tentu sobat tau makaroni kan?
  7. MNC (Macadamia Nut Cookie). Seperti namanya, ini adalah kue yang dibuat dari kacang. Nama ini sering muncul pada Android Open Source Project (AOSP) dan situs Android Police yang mengaku mendapatkan bocoran dari internal google.
  8. Martabak. Ya, kalau kamu orang Indonesia tulen, pasti sudah tahu makanan yang satu ini. Nama ini dicetuskan oleh jurnalis detik inet. Selain Martabak, yang berasal dari Indonesia adalah Mocha Java Cake.
Menurut hasil polling Phone Arena pada 4 Mei lalu yang diikuti oleh 2376 orang, didapati bahwa yang paling populer adalah Android Marshmallow (28,37%), diikuti oleh Muffin (25,25%). Sementara yang lain 8,63% suara memilih Milkshake, 8.21% Milky Way, 8,12% M & M, dan 4,59% untuk Macaroon. Yang paling tidak populer adalah Mocha Java Cake (1,05%), dan terakhir Android Molasses (0,17%). Sementara itu, 5.51% menyatakan lebih memilih nama lainnya.

Dilihat dari keinginan besar google memboyong android ke llingkungan kerja, WebKeren.Net kira akan berhubungan dengan makanan yang identik dengan korporasi. Jadwal rilis Android M adalah pada Q3 (sekitar Oktober) 2015 mendatang. Apa nama yang akan dipakai google untuk Android 6.0 ini menurut prediksi sobat?

sumber: phone arena, detik inet, dan lainnya

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: