Tips Mempercepat Internet Android

Tips Koneksi Internet Android Cepat Stabil | Masalah jaringan selular mungkin sudah lumrah bagi kita masyarakat Indonesia. Itulah kenapa koneksi internet putus nyambung sendiri di android sering menjadi bahasan media news berita maupun forum. Masalah ini ditengarai banyak pihak dikarenakan infrastruktur jaringan yang “mahal” untuk dibangun karena kontur geografis Indonesia yang sangat luas dan terdiri dari banyak pegunungan dan pulau-pulau yang terpisah oleh laut. Cara mempercepat internet android pun sering dicari

Tips Jaringan Internet Android Cepat Murah Anti Lemot dan Stabil
Namun begitu, bukan berarti kita tidak bisa menyiasati problem sinyal yang tidak stabil ini. Smartphone android  tidak selalu berjalan dengan optimal, kadang-kadang sobat harus melakukan sesuatu untuk mengembalikan kinerjanya secara optimal. Jika sobat tersiksa karena koneksi internet lambat ada beberapa cara untuk mempercepat internet android. Dengan sedikit perubahan setting pada android, sobat bisa menikmati koneksi internet yang lebih lancar, stabil dan cepat. Berikut ini beberapa tips dari WebKeren.Net agar koneksi internet android sobat bisa cepat dan stabil dengan tanpa proses rooting dan maupun aplikasi pihak ketiga.

1. Gunakan Provider Terbaik

Langkah terpenting untuk mempercepat koneksi internet Android agar Internet Android Cepat tentunya adalah provider penyedia layanan internet (internet servide provider / ISP). Pemilihan provider yang keliru secara langsung menyebabkan koneksi internet lelet, terputus-putus, bahkan memakan biaya pulsa yang besar. Memang semua provider GSM sudah memiliki teknologi 3G mobile broadband, namun mereka tidak mencakup 100 persen wilayah Indonesia.

2. Pilih Koneksi Data yang Tepat



Biasanya terdapat 3 pilihan (android 3G) dan 4 pilihan (android 4G) dalam mode jaringan internet android, yaitu Auto (otomatis memilih 3G atau GSM), 3G / WCDMA Only, dan GSM. Secara default (pengaturan pabrik) smartphone android sobat diset ke auto, yang membuat hp berpindah antara GSM dengan 3G secara otomatis. namun sambungan internet yang berganti-ganti, misalnya dari jaringan 3G ke jaringan 2G, 4G ke 2G, dan lainnya membuat koneksi internet tidak stabil.

Untuk itu, coba test untuk menggunakan salah satu dari jenis sambungan yang ada. Jika sobat memiliki handset 4G LTE maka pastikan itu dihidupkan. Sementara jika hp sobat dengan sambungan 3G maka pastikan mengaktifkan selain GSM atau CDMA (WCDMA adalah nama lain dari 3G). Dengan kata lain, utamakan 3G (untuk ponsel 3G), jika tidak stabil baru gunakan GSM atau GPRS. Sobat harus mengetesnya dari yang terkuat (3G) dan jika tidak stabil barulah menurunkannya ke kecepatan yang lebih rendah. Setiap perubahan jenis koneksi bisa memakan waktu hingga 30 detik atau lebih, jadi sabar sedikit dan pantau konektivitas di bagian atas perangkat.

Koneksi jaringan internet berbeda-beda antar wilayah dan antar provider, jadi mungkin saja yang terbaik untuk sobat adalah jaringan 2G/GSM jika HSDPA / 3G atau 4G tidak stabil / internet android sering putus atau bahkan internet android tidak konek, dan setting kembali ke agar dapat mengakses data.
Jaringan yang selalu berpindah-pindah antara 4G ke 3G ke GSM membuat baterai boros dan keuntungan kecepatan yang didapat pun tidak seberapa besar.
Caranya adalah dengan masuk ke setting >> mobile data >> mobile networks >> network mode >> pilih WCDMA Only atau GSM only (untuk 3G) atau pilih 4G (untuk 4G) sesuai dengan jaringan yang stabil di daerah sobat.  Cara mengatur jaringan ini berbeda-beda tiap smartphone, sobat bisa coba-coba sendiri untuk mengaturnya untuk Internet Android Cepat.

3. Tambahkan Router Wifi

Bagi sobat yang memiliki banyak gadget, tablet dan beberapa komputer ataupun laptop, belilah router wifi atau modem mifi untuk bisa menggunakan satu sambungan internet untuk semua perangkat yang sobat miliki. Memang android bisa menshare jaringan internet yang dimiliki melalui fitur mobile hotspot yang bisa sobat akses dalam menu pengaturan. Namun dengan fitur ini baterai sobat akan cepat terkuras habis dan android menjadi panas, yang dikhawatirkan memperpendek umur baterai dan bahkan umur hp sobat.

Dengan router wifi atau modem mifi, apapun provider dan jaringan yang sobat pilih, semua perangkat bisa terkoneksi dengan hanya menggunakan satu jaringan internet. Router wifi atau modem mifi supaya internet android cepat sudah banyak dijual dipasaran, dan cara instalasinya pun mudah, untuk orang yang buta IT sekalipun.

Namun bagi sobat yang hanya berlangganan kuota secara minim atau paket unlimited / paket tanpa kuota yang speednya kecil, disarankan untuk tidak menyambungkan banyak perangkat karena akan membuat kecepatan internet menjadi lambat.

4. Beri Ruang bagi RAM

Random Access memory (RAM) adalah salah satu perangkat keras android yang sangat berpengaruh pada kinerja android sobat secara keseluruhan.

Jika RAM hp yang sobat terbatas, sebaiknya tutup semua aplikasi setiap selesai memakainya. Pemakaian RAM umumnya bisa diperiksa dengan menekan tombol home agak lama. Setelah muncul task manager yang memunculkan semua aplikasi yang sedang berjalan, pilih clear all untuk menutup semuanya. Atau sobat bisa masuk ke menu setting >> apps >> running >> pilih aplikasi yang ingin ditutup >> pilih Stop. Ini sedikit banyak akan mempercepat internet android

5. Bersihkan Cache Aplikasi

Aplikasi dan layanan lainnya secara perlahan membangun cache, yang seiring waktu berjalan bisa memakan sumber daya sistem android yang berharga. Jika sobat telah berbulan-bulan memakai hp android, mungkin saja cache beberapa aplikasi telah mencapai beberapa megabyte.
Untuk meringankan kembali kerja dan mempercepat internet android, sobat bisa membersihkan cache secara manual satu persatu ataupun secara masal / sekaligus dengan menggunakan aplikasi.
Untuk membersihkan cache secara manual satu persatu, masuk ke Settings dan kemudian pilih Aplikasi. Pilih aplikasi yang sering digunakan, seperti browser Anda atau pembaca berita, dan cari pilihan Clear Cache. Lakukan ini untuk semua aplikasi yang paling sering Sobat gunakan. Jika ingin melakukan semuanya sekaligus, sobat dapat men-download aplikasi pembersih seperti App Cache Cleaner, yang memiliki pilihan untuk membersihkan cache semua aplikasi.

6. Pilih Browser yang Tepat

Selain browser bawaan, tersedia banyak pilihan browser android yang tersedia di Google Play Store. Pemilihan browser sangat mempengaruhi kecepatan dan kenyamanan sobat saat browsing menggunakan android. Beberapa fitur browser membantu mempercepat internet android dan bahkan menghemat data kuota internet. Untuk menentukan pilihan browser yang tepat dan sesuai dengan karakter sobat baca juga Aplikasi Browser Android Terbaik dan Paling Cepat.

7. Optimalkan Browser

Browser yang tepat belum cukup, karena seiring waktu penggunaan biasanya browser akan menjadi lambat dan cenderung force close. Untuk membuat kinerja browser tetap cepat, ringan dan optimal, sobat harus secara manual dan berkala menghapus history dan cache browser android agar internet android cepat kembali. Karena caranya berbeda pada masing-masing browser, sobat bisa masuk ke menu pengaturan browser yang sobat pakai dan cari menu hapus history dan cache.

Jika sobat menggunakan browser hanya untuk baca-baca teks, dan tidak terganggu dengan ketiadaan gambar pada artikel, sobat bisa mengaktifkan mode "text only" pada browser. Sehingga browser tidak akan me-load gambar dan itu mempercepat browsing dengan internet android.

8. Nonaktifkan, Hapus atau Uninstall Aplikasi dan Widget yang Tidak Terpakai

Kebanyakan aplikasi dan widget yang yang tidak memberatkan kinerja android, tetapi beberapa menghabiskan banyak ruang data beserta dengan koneksi internet terus menerus dengan berjalan di latar belakang. Langkah pertama yang mudah dilakukan namun berdampak besar adalah dengan menghilangkan widget dari homescreen jika tidak digunakan. Caranya, tekan dan tahan pada widget dan geser ke ikon Remove di bagian atas layar. Ini tidak akan menghapus/uninstall widget, hanya menghapusnya dari homescreen dan membuatnya tidak aktif.

Untuk benar-benar menghapus / uninstall aplikasi,  sobat harus masuk ke menu Aplikasi, yang caranya berbeda-beda antar perangkat. Kadang hanya dengan menekan dan tahan, tetapi biasanya dengan menekan tombol menu dan tekan baik Sunting atau Hapus Aplikasi. Namun begitu, aplikasi bloatware atau aplikasi bawaan google maupun produsen ponsel sobat biasanya tidak bisa dihapus. Dan untuk melakukannya, sobat harus me-root handphone terlebih dahulu.


Demikian beberapa Tips Mempercepat Internet Android dan membuat internet android lebih stabil yang bisa WebKeren.Net sampaikan. Mudah-mudahan tips atau cara mempercepat koneksi Internet di Android ini bisa memudahkan aktivitas sobat dengan koneksi internet yang cepat dan stabil. Baca juga artikel Aplikasi untuk Mempercepat Internet Android untuk koneksi internet yang lebih maksimal.

Bagaimana tanggapan sobat? tulis di kolom komentar untuk berbagi dengan semua.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: