Cara Memilih Provider Internet Terbaik: Murah, Cepat, Stabil

Cara Memilih Provider Internet Terbaik | Koneksi internet yang Murah, Cepat dan Stabil pasti diinginkan pengguna internet di seluruh dunia. Namun begitu, banyak media menyebutkan bahwa negeri kita tercinta Indonesia masuk peringkat delapan internet paling lelet alias lemot di dunia.

Padahal sekarang ini internet digunakan semua lapisan masyarakat; guru dan dosen untuk mengajar, pengusaha untuk mengecek update harga barang dan nilai tukar rupiah dengan dolar, pengusaha kecil untuk membuka usaha online (baik kecil-kecilan ataupun dengan website sendiri), blogger untuk menghasilkan uang melalui blog, ibu mencari resep masakan, pelajar untuk mendalami materi pelajaran, fakir cinta mencari gebetan, dan banyak aktifitas lainnya.
Cara Memilih Provider Internet Terbaik: Murah, Cepat, Stabil
Memilih Provider Internet Terbaik: Murah, Cepat, Stabil
Problem koneksi internet merupakan hambatan untuk berkembang bagi orang kebanyakan. Tapi bagi kita yang selalu optimis, ini juga sekaligus tantangan bagi pengguna smartphone, baik android, IOS, Blackberry maupun ponsel dengan sistem operasi lainnya untuk bisa mendapatkan koneksi internet yang lancar dan bisa diandalkan.

Karena memang hampir semua fungsi smartphone bersandar pada sambungan internet, smartphone tanpa internet akan useless. Fitur media sosial, chatting, blogging, browsing, dan lainnya tidak bisa dijalankan dengan sempurna. Konektivitas yang putus nyambung bahkan bisa menghilangkan pelanggan sobat yang berjualan online, menggagalkan rencana si jomblo mengejar cewek idaman, atau bisa juga sejoli yang serasi putus hanya karena komunikasi yang terputus.

Sebetulnya, koneksi internet di Indonesia bisa dibilang bagus. Dengan artian kalau sobat mau merogoh kocek sedikit lebih dalam atau mau pindah ke daerah perkotaan (terutama jakarta), sobat bisa mendapat koneksi yang mencapai puluhan Mbps dengan koneksi 4G pada GSM ataupun EVDO Rev.B pada CDMA.

Namun begitu, bagaimana dengan yang tinggal di pedesaan dan memiliki dana pas-pasan untuk biaya internet? Untuk itulah WebKeren.Net menulis Tips Memilih Provider Internet Terbaik: Murah, Cepat, Stabil yang bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini.

1. Kumpulkan Informasi dari Tetangga

Bertanya kepada tetangga rumah sangat tepat untuk mendapatkan review langsung dari pengguna di daerah sobat. Ini untuk mengetahui kestabilan koneksi internet, karena layanan internet di satu daerah selalu berbeda dengan daerah lainnya, sekalipun hanya berbeda RT saja.

Hal pertama yang perlu sobat pastikan adalah kekuatan sinyal, baik itu GSM 2G, Edge, 3G/HSDPA, Evdo Rev A atau B, ataupun 4G. Karena percuma sobat memiliki kuota (ataubatasan internet pada paket unlimited) yang melimpah jika di tempat sobat melakukan aktifitas internet tidak ada sinyalnya. Setelah kekuatan sinyal, barulah sobat bisa mempertimbangkan persaingan harga antara pada provider.

2. Tentukan Biaya Internet dan Kebutuhan Data

Meski biaya internet tidak selalu berbanding lurus dengan kecepatan dan kestabilan, menentukan biaya yang “sanggup” sobat keluarkan akan mempersempit pilihan jenis koneksi. Selain itu biaya sejalan juga dengan kebutuhan data, seberapa besar kira-kira data yang sobat perlukan misalnya setiap bulannya. Karena akan berpengaruh terhadap layanan internet yang akan sobat pilih.

Misalkan saja, sobat tidak selalu membutuhkan koneksi internet karena di tempat kerja sudah tersedia. Dengan begitu berlangganan internet bulanan adalah pemborosan, dan mungkin memilih paket harian dari provider internet seluler lebih tepat untuk dijadikan pilihan.

3. Jika Biaya Bukan Kendala, pertimbangkan Internet Kabel

Sampai saat ini konektifitas jaringan kabel bisa diandalkan dalam semua situasi, baik hujan, panas, maupun angin kencang. Cobalah untuk mencari tahu jaringan kabel apa yang bisa sampai ke tempat sobat dan perbandingkan antara biaya dengan fasilitas (kecepatan internet dan kuota) yang sobat dapatkan. Namun begitu, jika dilihat dari biayanya sambungan internet kabel masih cukup mahal.

4. Pilih Provider Seluler yang Tepat

Jika sobat memiliki biaya yang minim, gunakanlah jaringan seluler. Karena biasanya operator seluler baik GSM maupun CDMA sering memberikan promo internet murah. Terlebih sekarang ini operator sedang berlomba menghadirkan layanan sambungan internet mobile 4G yang tentunya mempercepat koneksi internet. Selain itu internet selular juga sangat tepat juga untuk android sobat yang mobile.

Perluas pengetahuan seputar penyedia layanan melalui website resminya, dengan googling, ataupun melalui forum-forum. Karena biaya dan fasilitas berlangganan provider selular sangat cepat berubah.

5. Ingin Cepat? Pilih paket berbasis kuota!

Paket internet berbasis kuota biasanya menawarkan kecepatan yang tinggi. Karena memang dengan logika sederhana tentu provider ingin kuota sobat cepat habis dan membeli tambahan paket data lagi, sehingga mereka mendapat keuntungan yang besar.

Untuk sobat yang memilih paket kuota, harap selalu berhati-hati karena “bahaya pengurasan pulsa” selalu mengintai! Tak sedikit pengguna layanan berbasis kuota yang mengeluh karena pulsanya tersedot drastis ketika kuota habis.

6. Tidak ingin Kebobolan? Pilih paket unlimited!

Takut kebobolan dan pulsa terkuras? Pilih layanan paket unlimited yang sesuai dengan kebutuhan sobat. Pada paket unlimited ini tidak “real unlimited” karena biasanya juga diterapkan kuota dan pembatasan kecepatan berselancar. Namun begitu, dengan paket ini sobat tidak was-was kehabisan kuota dan lebih santai ketika menggunakan intenet.


Demikian sedikit Cara Memilih Provider Internet Cepat Stabil dari WebKeren.Net. Bagaimana menurut sobat? Jika ingin menambahkan, silakan ketik di kolom komentar di bawah. Baca juga artikel WebKeren.Net mengenai Tips Hemat Kuota Internet agar biaya internet sobat tidak membengkak. Semoga bermanfaat untuk sobat yang sedang Memilih Provider Internet terbaik di Indonesia.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: