3 Trik Kreatif Sederhana Fotografi Smartphone

Dalam Fotografi smartphone terdapat beragam keterbatasan, baik oleh lensa yang terlalu kecil dan lebar, resolusi minim, pencahayaan kurang, dan lainnya.

Tapi itu tidak membuat sobat sebagai pengguna kamera smartphone sedih, berikut ini beberapa tips untuk memaksimalkan fotografi smartphone tanpa mengeluarkan biaya tambahan yang WebKeren.Net kompilasi dari fotokita.net.


Memotret Wajah dengan Kamera Ponsel

Seringkali kita mendapatkan hasil foto yang cembung ketika wajah (portrait) dengan menggunakan kamera ponsel. Bahkan jika memanfaatkan fitur mode portrait yang tersedia, masih juga mendapat hasil yang kurang memuaskan karena bentuk wajah terlihat tidak proporsional. Hal ini dikarenakan mayoritas lensa kamera ponsel menggunakan lensa Wide Angle (sudut lebar) yang cocok dipakai untuk“kegunaan umum” yaitu lensa sudut lebar.

foto wajah cantik trik kreatif sederhana fotografi smartphone
Perbandingan Hasil Foto Mode Potrait dengan Mode Auto+Zoom | Image © Agus Sutedja / fotokita.net

Jika sobat mengalaminya, dan pada ponsel sobat terdapat fitur zooming (pendekatan), gunakan cara berikut.
  1. Gunakan / pilih Shoot mode atau Scene mode Auto.
  2. Ketika memotret wajah, jarak antara kamera dan objek jangan terlalu dekat, dan gunakan zooming dengan menekan tombol plus (+) agar gambar menjadi dekat sampai seukuran foto wajah. Zooming yang ideal biasanya hanya 2x zoom,
  3. Selamat, sobat menghasilkan foto wajah yang proporsional (tidak cembung lagi).
Gunakan Mode auto dibantu dengan zoom untuk foto wajah potrait


Gunakan Lampu Baca Sebagai Lighting!

Aksesoris lighting untuk kamera ponsel sebenarnya sudah murah (tidak semahal kamera dslr). Namun begitu, tentu lebih baik tidak mengeluarkan uang namun tetap mendapat hasil foto yang baik. Salah satu alat bantu rekayasa cahaya fotografi ponsel adalah menggunakan lampu baca duduk. Sinar yang dihasilkan (minimal 40 watt pada lampu bohlam atau 8 watt pada lampu TL) cukup kuat dan bagus untuk dijadikan sebagai sumber cahaya tambahan alternatif.

lighting selfie trik kreatif sederhana fotografi smartphone
Lampu Baca Sebagai Lighting Fotografi smartphone  | Image © Agus Sutedja / fotokita.net
Sobat juga bisa memanfaatkannya sebagai tambahan objek pada karya foto. Caranya tentu dengan mengatur posisi lampu sesuai dengan kebutuhan, untuk mendapatkan arah sinar dan bayangan yang meningkatkan nilai artistik foto. Sobat juga bisa berkreasi dengan menggunakan lebih dari satu lampu baca.

Efek jika sobat menggunakan lampu bohlam (pijar) yaitu hasil foto menjadi kekuningan. Sementara jika menggunakan lampu TL akan mendapat efek kebiruan. Jika sobat menginginkan hail foto dengan cahaya yang netral (alami), ubah pengaturan mode Color Tone menjadi mode Flourescent jika menggunakan lampu TL dan mode Incandescent jika menggunakan lampu bohlam atau pijar.

Selain itu, sobat juga bisa mengubah ISO dan menonaktifkan/ mengaktifkan lampu flash sesuai dengan kreatifitas sobat.

Gunakan Kantong Kresek sebagai Frame

Memang pada banyak aplikasi terdapat beragam pilihan frame untuk digunakan. Namun jika tidak sesuai dengan keinginan sobat, sobat bisa gunakan benda-benda di sekitar sebagai frame.

Seperti misalnya mengunakan kantong kresek atau kantong plastik bekas yang berwarna atau bercorak. Caranya, lebarkanlah lubang jinjingan pada kresek lalu posisikan kantong kresek itu di antara objek foto dan kamera ponsel. Melalui lubang tersebut, sobat bisa memotret objek foto, dan kantong kresek itu akan menjadi bingkai.

framing selfie trik kreatif sederhana fotografi smartphone
Kantong Kresek sebagai Frame Fotografi smartphone  | Image © Agus Sutedja / fotokita.net

Semakin kreatif sobat menggunakan benda disekitar, semakin bagus pula hasilnya. Selamat mencoba, dan tulis pendapat sobat di kolom komentar!

Sumber

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: