Website untuk Koneksi Internet Cepat dan Irit Kuota (Google Web Light)

Sobat beberapa waktu belakangan ini mungkin pernah menemukan halaman website dengan awalan tambahan googleweblight.com dari alamat website aslinya. Artikel WebKeren.Net kali ini akan membahas soal fitur yang terdapat pada ponsel android dengan browser chrome tersebut dengan judul artikel Google Web Light, Versi Website untuk Koneksi Internet Lambat dan Irit Kuota.

Google Inc. memang hebat, terus mereproduksi teknologi baru dalam dunia internet, dan hampir semua dari kita sekarang ini sedang menikmati hasil kerjanya. Halaman website bisa lebih cepat dimuat dari ponsel android, bahkan pada jaringan internet yang lambat.


Website untuk Koneksi Internet Lambat dan Irit Kuota (Google Web Light)
Web Keren versi Google Web Light

Sebagaimana dimuat Android Police, Google I / O 2015 telah membahas soal rencana Google untuk membantu meningkatkan pengalaman pengguna pada koneksi yang lambat, terutama di bagian dunia di mana bahkan kecepatan 3G yang lambat. Menurut Google, kecepatan loading halaman website akan 4x lebih cepat ketimbang halaman aslinya. Selain itu, sobat juga bisa irit lebih dari 80% kuota internet yang sobat miliki. Google bahkan mengklaim bisa tetap mempertahankan 50% tampilan halaman dan pengalaman pengguna yang lebih baik dengan waktu tunggu yang sangat minimal.


Fitur ini tidak memiliki nama resmi, tapi sering disebut internal sebagai “google weblight”. URL yang diarahkan juga pada googleweblight.com sementara tanggapan dapat dikirim ke googleweblight@google.com. Program ini sudah diujicobakan di Indonesia. Menurut update perkembangannya, segera akan tiba di India dan Brasil, dua negara berkembang dari pasar terbesar Android.

Sobat bisa menemui halaman chrome dengan fitur ini hanya pada (setidaknya) kondisi berikut:

  1. Google Weblight hanya akan bekerja pada koneksi internet yang lambat
  2. Google Weblight bisa sobat temukan jika berada di negara yang sedang diujicoba (Indonesia, India, dan Brazil). Jadi, sobat tidak akan menemukannya di Amerika Serikat atau Inggris misalnya, bahkan ketika koneksi lambat.
  3. "transkode" Google Weblight bisa sobat temukan jika sobat menggunakan ponsel (tidak tablet) yang menjalankan Android dan menggunakan Chrome.
  4. Halaman website dengan Google Weblight hanya akan terjadi jika sobat menemukannya / membuka halaman website dari hasil pencarian Google

Secara visual halaman website memang sangat berubah secara drastis, semua jadi lebih sederhana. Desain yang lebih minimalis, namun sobat juga bisa memilih untuk memuat halaman penuh jika sobat inginkan. Yaitu dengan menekan pilihan tersebut yang diberikan di atas halaman website.

Sobat bisa melihat perubahan yang terjadi pada video berikut:


Bagi sobat mitra iklan google, tidak perlu khawatir penghasilan akan menurun dengan fitur ini, karena iklan Google AdSense dan beberapa jaringan iklan lain masih dimuat dengan benar. Namun, Google Analytics tidak dimuat sebagai sarana untuk menghemat ruang.

Perubahan tampilan juga terjadi pada menu. Semua alat navigasi website akan ditempatkan pada menu hamburger. Selain itu, halaman posting pada dasarnya hanya versi penjabaran ke bawah.

Kalau sobat mau mencobanya, silakan copy paste alamat berikut di browser sobat http://googleweblight.com/?lite_url=[destination] . Seperti misalnya sobat bisa melihat webkeren.net versi google weblight disini.

Sumber: Dukungan Google
Via : Android Police

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: