Hapus Aplikasi Ini untuk Android Cepat

Keterbatasan kapasitas penyimpanan, baterai, maupun ram membuat sobat harus memilih-milih aplikasi mana yang penting dan berguna untuk sobat instal. Karena terlalu banyak menginstal aplikasi pada ponsel cerdas android akan menurunkan kecepatan/ performa hp sobat. Inilah penyebab Web Keren membuat artikel berjudul Hapus Aplikasi Ini untuk membuat Android lebih Cepat.
Hapus Aplikasi Ini untuk membuat Android lebih Cepat
Hapus Aplikasi Ini untuk membuat Android lebih Cepat | Web Keren
Memang mayoritas pengguna android selalu ingin menginstal banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store, karena selain menarik, aplikasi ini mudah diunduh dan juga banyak yang gratis. Terlebih banyak juga situs yang menyediakan aplikasi pro secara gratis. Tapi karena keterbatasan handphone pintar yang sobat miliki, sebaiknya sobat jeli memilih aplikasi yang digunakan saja.

Beberapa aplikasi tak berguna dan bahkan justru membuat android sobat lelet. Seperti yang dirilis androidpit, berikut ini adalah daftar aplikasi yang sebaiknya sobat hapus karena boros sumber daya ponsel, baik baterai, memori ataupun ram.

1. Aplikasi Facebook

Mungkin karena Facebook populer, atau mungkin juga karena kerjasama antara perusahaan facebook dengan produsen ponsel, aplikasi facebook ini telah terinstall pada banyak smartphone android sejak dari pabrik.

Tapi ternyata aplikasi ini boros segala-galanya, mulai dari ukuran yang besar, ram besar, juga boros baterai karena fitur dan notifikasinya. Terlebih sekarang ini sobat harus menginstall aplikasi lain lagi untuk membaca pesan yang masuk.

Bagi sobat yang sudah melakukan rooting, sobat bisa menghapus aplikasi ini dengan menggunakan titanium backup ataupun aplikasi lainnya yang memungkinkan untuk menghapus aplikai bawaan smartphone.

Bagi sobat yang belum atau tidak berniat melakukan rooting, sobat bisa mendisable ataupun sekedar logout dari aplikasi tersebut. Kemudian sobat bisa memilih dua cara membuka facebook: dengan menggunakan facebook lite yang ukurannya lebih kecil, cepat dan lebih fungsional karena bisa membuka pesan juga. Atau dengan membuat shortcut dari browser untuk membuka situs facebook. Dengan begitu android sobat bisa lebih kencang dan hemat baterai.

2. Aplikasi Cuaca

Aplikasi cuaca juga sebaiknya dihapus dari ponsel Android. Meski aplikasi ini menyediakan informasi cuaca mendung, hujan, berawan dan lainnya, nampaknya tidak banyak dari kita yang memperhatikan ini. Aplikasi cuaca juga salah satu aplikasi minim fungsi namun memakan banyak sumberdaya, terutama jika sobat juga menggunakan widget cuaca pada homescreen.

Untuk mempercepat kinerja android dan lebih hemat baterai, sebaiknya sobat memanfaatkan fitur google now saja untuk mendapatkan informasi mengenai cuaca.

3. AntiVirus Android

Beberapa pihak memang mengklaim bahwa virus bisa juga disebarkan ke android. Akan tetapi menginstall aplikasi antivirus dan pelindung keamanan Android juga tidak lebih baik karena boros baterai. Selain itu, menurut banyak testimoni pengguna android, mereka tetap tenang menggunakan android tanpa antivirus.

Saran WebKeren, untuk membuat android cepat anti lelet, hapus saja antivirus gratisan di android. Jika masih khawatir soal keamanan, baca juga artikel webkeren mengenai cara menjaga keamanan android.


4. Aplikasi Pembersih Cache

Cara gampang membebaskan memori android dari file tak berguna adalah dengan memanfaatkan aplikasi. Misalnya seperti Clean Master yang menawarkan memori yang lebih lega dengan menghapus file tersembunyi (cached data) hanya dengan sekali tekan. Begitu juga dengan aplikasi lain seperti Cleaner, CC Cleaner, Speed Booster, dan lainnya.

Namun begitu, aplikasi ini sebenarnya tidak membersihkan “file sampah” secara keseluruhan. Selain itu, aplikasi ini ditengarai juga boros baterai karena berjalan di latar belakang secara terus menerus. Aplikasi gratis ini juga terdapat iklan yang tentunya sedikit banyak mengurangi kuota internet yang sobat miliki.

Untuk mengatasi file sampah yang menumpuk, sobat sebenarnya tidak membutuhkan aplikasi pembersih pihak ketiga tersebut. Sebaiknya sobat hapus saja aplikasi itu dan lakukan bersih bersih secara manual yang sebenarnya juga gampang dilakukan. Caranya,
.
Sebaiknya, aplikasi semacam ini dilengserkan dari ponsel. Pengguna bisa mengambil jalan alternatif dengan beranjak buka settings >> apps >> downloaded >> kemudian tekan / pilih salah satu aplikasi >> kemudian pilih "clear cache" >> ulangi untuk semua aplikai yang ingin dibersihkan.

5. Aplikasi Browser Bawaan

Browser bawaan pada umumnya hanya menyediakan fitur standar dan memakai kuota lebih boros. Untuk melakukan browsing, sebaiknya pilih browser lain yang tersedia di play store secara gratis untuk irit kuota data internet yang sobat miliki. Untuk browser android terbaik, bisa sobat baca di artikel webkeren.net yang berjudul Aplikasi Browser Android Terbaik dan Paling Cepat.

Gimana menurut sobat? Sobat sudah menghapus aplikasi-aplikasi pada daftar ini? Atau sobat mempunyai alasan lain untuk tetap mempertahankannya? Tulis di kotak komentar!

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: