Sekarang Sobat bisa mengirim WhatsApp, WeChat, NextPlus, Telegram, maupun Viber dengan 'OK Google'

April lalu Google meluncurkan perintah suara kustom pada Android, yang memungkinkan sobat untuk membuka aplikasi pihak ketiga hanya dengan memulai dengan perintah "Ok Google". Sekarang fungsi Google Now telah diperluas untuk aplikasi pesan, termasuk WhatsApp, WeChat, NextPlus, Telegram, dan Viber.

Jika Sobat sudah terbiasa menggunakan "Ok Google" dengan suara untuk mengirim email, Hangouts, atau pesan teks, penambahan fitur ini hanyalah sedikit pengembangan. Sobat bisa melakukannya dalam dua kali perintah ataupun sekali perintah saja.
Sekarang Sobat bisa mengirim WhatsApp, WeChat, NextPlus, Telegram, maupun Viber dengan 'OK Google'
Mengirim pesan WhatsApp, WeChat, NextPlus, Telegram, Viber dengan 'OK Google'
| Image Flickr.com @Bernard Goldbach


Kalau Sobat mengatakan, "Ok Google, send a WhatsApp message to Joe," Sobat kemudian akan diminta untuk mendikte isi pesan. Atau, Sobat juga bisa mengatakan bisa mengatakan: " Ok Google, send a Viber message to Josh: let’s do dinner tomorrow night."

Untuk bisa menggunakan fitur ini, sobat harus mengupdate aplikasi Google untuk Android dan aplikasi messaging pribadi Anda. Jika diantaranya sudah usang, sobat hanya akan mendapatkan notifikasi pesan error atau sekelompok hasil pencarian.


Fungsi ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris, tapi kabar baiknya adalah itu tidak terbatas pada AS seperti yang sering terjadi dengan fitur Google baru. Selain itu, Google juga mengungkapkan akan menambahkan lebih banyak aplikasi dan dukungan bahasa "di masa depan."

Sebagaimana yang mungkin sobat sudah ketahui, sejak awal 2015 ini Google telah melakukan perubahan besar pada Google Now, mulai dari dukungan kartu dari aplikasi pihak ketiga tepat ketika aplikasi tersebut memiliki informasi. Fungsionalitas ini awalnya didukung oleh 40 aplikasi, dan pada bulan April ditambahkan lebih dari 70 mitra.

Fitur mengirim Whatsapp, WeChat, Viber, dan pesan lainnya dengan “OK Google” ini jelas memperlihatkan perhatian besar google untuk meningkatkan kemudahan kita dalam menggunakan gadget android.

Bagaimana pendapat sobat? Ketik di kotak komentar di bawah.

Sumber

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: