Tips Terbaik Aplikasi Twitter Android Resmi

Dengan 302 juta pengguna aktif bulanan (dan terus bertambah), dan 500 juta tweet dikirim setiap hari, Twitter telah cukup lama mapan sebagai media platform sosial terpopuler kedua setelah Facebook. Untuk itulah kali ini Web Keren akan berbagi Tips Terbaik Aplikasi Twitter Android Resmi.

Sobat mungkin tahu perdebatan para pengamat dan media mengenai jumlah pengguna aktif twitter ini. Seperti misalnya dimuat pada Business Insider (14/052015) yang memuat ketidakpercayaannya terhadap data yang dimiliki twitter mengenai hal tersebut. Sebagaimana dirilis sumber pihak ketiga, jumlah pengguna aktif twitter kemungkinan mengalami tren penurunan. Karena cukup banyak pengguna yang baru daftar tapi tidak menggunakan aplikasi ini. Baik pengembang aplikasi pihak ketiga dan pemilik saham Twitter menduga pertumbuhan pengguna baru twitter sudah berhenti.


Terlepas dari perdebatan tersebut, di Indonesia sendiri nampak penggunaan twitter sebagai media sosial tetap mendominasi. WebKeren.Net hari ini akan membahas soal tips trik terbaik Twitter android untuk mempermudah penggunaan twitter agar sobat bisa memantau perkembangan berita, isu sosial penting, ataupun kabar dari selebriti favorit sobat.

Berikut ini tips dan trik pengaturan aplikasi twitter untuk android agar sobat bisa “melihat dunia” dari layar seluas 5 inci dengan lebih mudah dan efektif.

Tips Terbaik Aplikasi Twitter Android Resmi
Tips Terbaik Aplikasi Twitter Android Resmi

1. Matikan preview gambar

Kecuali jika sobat adalah pemantau foto-foto yang dishare melalui twitter tanpa deskripsi, sobat sebaiknya mematikan fitur preview photo yang menampilkan gambar thumbnail yang melekat pada tweet di timeline. Fitur ini aktif secara default, dan jika sobat ingin melihat lebih banyak teks dengan menghemat ruang pada layar, sebaiknya nonaktifkan saja fitur ini.

Cara untuk menonaktifkan fitur preview foto sangat mudah. Buka aplikasi twitter >> masuk ke menu Settings > pilih General > dan hilangkan centang pada Image previews.

Jikapun kemudain sobat ingin melihat foto tersebut, tinggal klik saja link foto yang terdapat pada tweet. Dengan menonaktifkan Image previews, sobat sekaligus juga telah menghemat kuota data internet.

2. Batasi Fitur "While You Were Away"

Ketika sobat login ke Twitter untuk Android, sobat akan melihat panel " While You Were Away" di bagian atas timeline. Fitur ini menampilkan jejak “posting tweet terbaik” sejak terakhir kali sobat membuka aplikasi. Namun begitu, sebagian orang tidak menyukai fitur ini, karena bagi sobta yang sering membuka twitter dan mengamati timeline akan melihat dua kali tweet yang sama.

Sobat tidak bisa mematikan fitur ini, namun sobat bisa mengurangi jumlah tweet yang ditampilkan dengan menekan ikon salib >> kemudian pada dialog berikutnya beritahu Twitter bahwa sobat tidak suka melihat fitur tersebut.

3. Mengelola Beberapa Akun

Aplikai Twitter Android memungkinkan Sobat mengelola beberapa akun dengan antarmuka yang sama, yang sangat membantu jika Sobat memiliki beberapa akun, seperti misalnya akun pribadi dan akun kerja. Pada twitter untuk android, baik timeline, mention, ataupun dirrect message (DM) ditampilkan secara terpisah antar akun.

Untuk menggunakannya, buka twitter >> tekan Account dan kemudian Add Account untuk membuat / login akun yang baru. Untuk beralih antar akun, gunakan juga cara tersebut.

4. Permudah Orang Lain untuk Menemukan Sobat

Ada berbagai cara orang lain mungkin menemukan Sobat di Twitter, dan Sobat dapat membuat hidup lebih mudah atau lebih sulit proses pencarian akun sobat. Pengaturan mengenai pencarian akun sobat bisa sobat temukan dengan mauk ke aplikasi >> pilih umum (general) >> dan sobat akan diminta untuk memilih apakah pengguna lain dapat menemukan Sobat berdasarkan alamat email / nomor telepon ataukah tidak.


5. Menambahkan atau Menghapus Lokasi

Setiap kali Sobat mengirim tweet, akan terlihat ikon pin peta di sudut kiri bawah layar. Tekan ikon tersebut untuk melampirkan lokasi pada tweet Sobat. Ini bisa menjadi fitur menyenangkan untuk digunakan, tetapi tetap berhati-hati untuk mengungkapkan keberadaan Sobat. Selain itu, sobat juga perlu mengaktifkan Lokasi pada tab general setting pengaturan ponsel untuk bisa menggunakan fitur ini (akan muncul secara pop up jika sobat belum mengaktifkannya).

6. Kustomisasi Pemberitahuan Twitter

Dengan aplikasi yang sangat ramai seperti Twitter, mungkin Sobat tidak ingin kewalahan dengan pemberitahuan yang muncul secara bertubi-tubi. Untuk itu, buka aplikasi twitter android >> buka menu pengaturan aplikasi >> tekan akun twitter yang ingin sobat atur >> pilih pemberitahuan ponsel (mobile notification) >> Sobat akan menemukan beragam pilihan notifikasi pemberitahuan yang ingin diaktifkan atau dinonaktifkan.

7. Pilih Widget Sobat

Twitter menawarkan widget besar (4x2) dan kecil (4x1) agar sobat bia dengan mudah mengakses twitter dari layar awal, baik untuk melihat tweet atau mention terbaru (walaupun sobat hanya bisa memilih salah satu). Selain menampilkan tweet, widget juga menyediakan akses cepat untuk membuka timeline dan berbagai pilihan tweeting.

8. Berbagi tweet

Ada banyak pilihan untuk berbagi tweet ke aplikasi diluar Twitter itu sendiri. Untuk melakukannya, pilih / tekan tombol share pada halaman Tweet dan Sobat dapat mengirimkannya ke aplikasi seperti Dropbox (di mana link ke tweet disimpan sebagai file teks) dan Gmail (akan menjadi bagian dari isi email Sobat).

9. Perbaiki Hasil Pencarian

Kemampuan pencarian mungkin tidak cukup baik pada ponsel dibandingkan dengan web browser, tapi Sobat masih bisa memperbaiki hasil itu secara efektif. Pada layar hasil pencarian, tekan ikon dua slider yang terletak di pojok kanan atas dan Sobat dapat membatasi hasil pencarian untuk foto, video, berita, orang dan lebih lanjut (more) untuk mencari tweet oleh orang yang sobat follow atau tweet disekitar sobat.

Apa Trik Twitter terbaik lainnya yang sobat miliki? Ketik di kotak komentar.

Referensi

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: