9 Tips Trik Keren Whatsapp

Terlepas dari segala kelebihan dan kekurangannya, WhatsApp (biasa disebut juga WA) memang adalah layanan pesan instan / aplikasi chat terpopuler sekarang ini. Hampir semua orang memiliki whatsapp, meski sebagian orang merasa whatsapp memiliki masalah keamanan dan privasi. Webkeren juga telah membuat beberapa artikel yang membahas tips trik WhatsApp yang dapat sobat temukan dengan mudah dengan memilih kategori WhatsApp.

Pada artikel yang berjudul 9 Tips Trik Keren Whatsapp kali ini, webkeren akan membahas mengenai beberapa tips dan trik yang membuat sobat dapat lebih mudah mengeola dan menggunakan aplikasi pesan instan ini. Berikut adalah tips dan trik yang sebagian webkeren ambil dari androidpit.

1. Menyembunyikan gambar WhatsApp di kamera roll

Jika sobat mengikuti beberapa grup dengan anggota dari bermacam kalangan, terkadang banyak gambar yang muncul di kamera roll yang berasal dari WhatsApp yang tidak ingin sobat lihat. Jika sobat tidak nyaman dengan munculnya gambar tersebut di kamera roll, sobat bisa menyembunyikannya. Caranya dengan melakukan langkah berikut:
  1. Download aplikasi file explorer di google playstore, seperti misalnya ES File Explorer atau Explorer
  2. Buka aplikasi tersebut dan arahkan ke sub folder sdcard / WhatsApp / Media / WhatsApp Images
  3. Tekan tombol plus di bagian bawah layar (pada ES File Explorer) atau bagian atas layar (pada Explorer), atau cari saja jika menggunakan aplikasi lain
  4. Tambahkan file dengan nama .nomedia
  5. Buka kamera roll dan sobat tidak akan menemukan lagi gambar / foto yang tersimpan dalam folder yang mengandung file .nomedia.

    2. Mengunci WhatsApp dengan Password

    Kalau sobat sangat memperdulikan privasi dan tidak menginginkan chat WhatsApp dibaca oleh orang lain yang mungkin sedang menggenggam hp sobat, sobat bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan sobat membuat sandi / kode akses untuk membuka aplikasi. Salah satu pilihan terbaik adalah dengan menggunakan aplikasi AppLock, yang bisa sobat download secara gratis di google playstore. Kemudian buka dan aplikasi tersebut dan atur whatsapp sebagai bagian dari aplikasi yang ingin dikunci dan tentukan password yang diinginkan.

    3. Mendapatkan pemberitahuan chat WA dari komputer

    Jika sobat adalah tipe orang yang sering menghabiskan waktu di depan komputer desktop / laptop, mungkin sobat perlu juga untuk mendapatkan notifikasi pesan masuk WhatsApp melalui komputer / laptop yang sobat miliki. Berikut ini adalah 2 cara berikut dengan langkah-langkahnya yang memungkinkan sobat mendapatkan notifikasi chat WhatsApp melalui komputer.

    1. Menggunakan Whatsapp Web

    Caranya sangat mudah. Cukup buka whatsapp web dan login. Lebih lengkap bisa dibaca pada artikel Cara Membuka Whatsapp Lewat Komputer. Setelah login, pada bagian kiri atas layar (dibawah profil) akan terdapat kotak yang didalamnya tedapat gambar lonceng dan tulisan “Get Notified of New Messages” dan klik “Turn on desktop notification”.
    Notifikasi WhatsApp dari komputer laptop
    Notifikasi WhatsApp dari Komputer / Laptop via Whatsapp Web

    2. Menggunakan WhatsApp Web + add-on Chrome

    Caranya adalah dengan melakukan langkah berikut:
    1. Instal ekstensi (add-on) Web Chrome bernama WAToolkit.
    2. Setelah selesai proses instalasi, klik ikon WAToolkit di toolbar chrome (pojok kanan atas layar). Sobat akan dibawa ke WhatsApp web, dan klik logo WAToolkit disebelah kiri atas layar (disamping logo chat baru), kemudian beri centang pada background notification (lihat gambar di bawah ini).
    3. Setelah proses itu selesai, arahkan kursor ke logo WAToolkit di toolbar sebagaimana langkah 1 untuk melihat pesan terakhir yang diterima atau klik kanan untuk pilihan lainnya.

    Jika sobat memilih cara pertama, sobat hanya akan mendapatkan notifikai ketika chrome (dan whatsapp web) terbuka. Sementara jika menggunakancara kedua, notifikasi pesan baru WhatsApp tetap akan muncul meski Chrome sudah ditutup.

    Notifikasi WhatsApp dari Komputer Laptop via WAToolkit
    Notifikasi WhatsApp dari Komputer Laptop via WAToolkit / © watoolkit.com

    4. Mengirim Broadcast (pesan pribadi ke banyak orang sekaligus)

    Privasi di internet sulit sekali untuk dijaga, terlebih pada WhatsApp yang hanya memerlukan nomor telepon untuk mengirim pesan ke seseorang. Dengan WhatsApp, sobat bisa mengirim pesan broadcast ke semua orang (tapi hanya pada orang yang menyimpan nomor ponsel sobat). Berikut ini caranya:
    1. Tekan ikon tiga titik di kanan atas layar untuk membuka menu WhatsApp
    2. Pilih new broadcast >> ketik nama yang atau tekan tanda + untuk memilih nama-nama yang ingin sobat kirimi pesan massal
    3. Tekan done di pojok kanan atas layar jika sudah selesai memilih nama-nama orang yang akan dikirimi pesan broadcast melalui WhatsApp
    4. Tekan create dan tulis isi pesan sobat
    5. Kirim pesan sebagaimana mengirim pesan WhatsApp biasanya.

    5. Menyembunyikan “last seen”, foto profil dan status

    Ketika seseorang mengundang sobat ke dalam grup, whatsapp tidak memerlukan persetujuan sobat apakah sobat ingin masuk ke grup tersebut atau tidak. Begitupula seandainya sobat setuju untuk mengikuti sebuah grup (meski tanpa diminta), terkadang banyak dari anggota grup yang mungkin asing bagi sobat. Jika sobat tidak menginginkan orang-orang dengan bebas mengetahui kapan terakhir kali sobat online melalui WhatsApp, foto profil, dan status sobat, sobat bisa menyembunyikannya. Untuk melakukannya, sobat bisa melakukan langkah berikut:
    1. Tekan ikon tiga titik di kanan atas layar untuk membuka menu WhatsApp
    2. Buka Setting > Account> Privacy
    3. Tekan satu persatu antara Terakhir dilihat, foto Profil, dan pilihan Status, kemudian atur visibilitas untuk 'Semua orang', 'Kontak saya' atau 'Nobody', tergantung apa yang sobat inginkan inginkan.
    4. Lebih jelas baca pada artikel Cara Melindungi Kemanan / Privasi WhatsApp dan Hal Penting tentang Status "Online" dan "terakhir dilihat" pada WhatsApp

    6. Mute / menghilangkan notifikasi grup WhatsApp

    Mungkin satu ketika sobat tiba-tiba masuk ke dalam grup chat WhatsApp yang tidak diinginkan, atau sobat hanya ingin sekedar membuat percakapan dalam grup yang sobat ikuti tidak mengeluarkan notifikasi yang mengganggu. Jika sobat tidak ingin meninggalkan grup, sobat bisa menonaktifkan notifikasi mengganggu itu. Caranya adalah sebagai berikut:
    1. Buka grup yang ingin sobat mute
    2. Tekan ikon tiga titik di kanan atas layar untuk membuka menu WhatsApp
    3. Tekan Mute, sobat akan dihadapkan pada pilihan waktu antara 8 jam s/d 1 tahun, juga apakah notifikasi tetap ditampilkan atau tidak

    7. Membuat shortcut chatting favorit di homescreen

    Jika sobat memiliki teman-teman tertentu (pacar, rekan kerja, bos, misalnya) yang seringkali (setengah jam sekali, atau beberapa kali sehari misalnya) berhubungan dengannya melalui aplikasi pesan WhatsApp, sobat bisa membuat ikon shortcut percakapan ke homescreen. Dengan begituuntuk memulai percakapan dengan orang atau grup tersebut sobat hanya perlu menekan ikonnya dari homescreen, dan pesan pun terbuka. Untuk melakukannya, lakukan langkah berikut ini.

    1. Buka tab chatting di WhatsApp, kemudian tekan agak lama pada percakapan yang ingin dibuat shortcut
    2. Daftar pilihan akan muncul, pilih more kemudian pilih add shortcut
    3. Shortcut dengan icon foto profil teman anda akan muncul pada homescreen, tekan untuk langsung memulai percakapan dengannya

    8. Memulihkan Pesan yang Terhapus / Memindahkan Riwayat Pesan ke HP Lain

    Secara default WhatsApp otomatis melakukan backup pesan setiap hari pada pukul 04:00. Ini berarti jika sobat menghapus pesan yang berada diantara rentang waktu setelah autobackup dan sebelum autobackup berikutnya, sobat masih bisa memulihkan / mengembalikan pesan yang dihapus itu. Begitupula jika sobat ingin berganti handphone untuk menjalankan whatsapp, sobat bisa memindahkan riwayat percakapan WhatsApp di hp lama ke hp baru. Untuk melakukannya, sobat bisa baca pada artikel Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus dan Cara memindahkan percakapan Whatsapp ke HP lain.

    9. Menghemat data saat melakukan WhatsApp Call

    Sebagaimana telah dibahas pada artikel WhatsApp Android Bisa Telepon Gratis, WhatsApp juga bisa sobat gunakan untuk melakukan panggilan suara dengan menggunakan data internet. Untuk menghemat penggunaan kuota data internet saat melakukan panggilan melalui WhatsApp, lakukan langkah berikut:
    1. Tekan ikon tiga titik di kanan atas layar untuk membuka menu WhatsApp
    2. Pilih Setting >> Pilih Chat and Calls
    3. Pada bagian bawah ada opsi menghemat data, beri centang pada bagian “Low data Usage”.
    4. Selesai, sobat bisa menggunakan panggilan telepon dan tetap hemat kuota internet

    Demikian artikel mengenai tips dan trik WhatsApp kali ini, semoga bisa membantu sobat untuk semakin mudah menggunakan WhatsApp secara optimal. Baca juga tips trik WhatsApp berikut:

    Cara Mematikan / Menonaktifkan Centang Biru Pesan Terbaca Whatsapp
    Cara Blokir Kontak WhatsApp dan Akibatnya
    Cara Mengetahui WhatsApp di Blokir

    Apa tips trik WhatsApp terbaik bagi sobat? komentarlah di bawah. Jangan sungkan untuk share artikel ini ke jejaring sosial yang sobat miliki, gratis!

    Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: