Sejarah Singkat Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

Artikel Webkeren.Net bertajuk Sejarah Singkat Sumpah Pemuda 28 oktober 1928 Lengkap Arti Makna Bagi Generasi Muda ini akan menjelaskan hikmah / arti makna dan tujuan Lahirnya sumpah pemuda 28 oktober 1928 bagi perjuangan kemerdekaan bangsa indonesia dan bagi pemuda sebagai generasi muda dan pelajar saat ini sekarang di tengah era globalisasi yang modern dan serba digital.
Sumpah pemuda adalah suatu teks berupa janji yang didalamnya memuat tekad dan semangat persatuan pemuda Indonesia. Peristiwa menyatakan ikrar ini merupakan salah 1 tonggak primer dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia dan dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan keinginan kuat terwujudnya cita-cita untuk menjadi negara Indonesia. Sumpah Pemuda merupakan tonggak identitas nasional yang dirumuskan bukan hanya sebagai opini, namun juga aktualisasi dan realisasi integrasi pergerakan guna memupuk dan meningkatkan persatuan, rasa cinta tanah air (nilai nasionalisme) dan memiliki makna strategis karena mengajak dan menggalang rakyat indonesia untuk mempunyai kebangsaan, bahasa, dan tanah air yang sama.
Sejarah Singkat Sumpah Pemuda 28 oktober 1928
Sejarah Singkat Sumpah Pemuda 28 oktober 1928 | © museumsumpahpemuda.com

Sejarah Singkat yang Melatarbelakangi Lahirnya Sumpah Pemuda

Sejarah singkat yang Mengiringi Terjadinya Sumpah Pemuda. Sumpah pemuda dilatarbelakangi oleh dorongan keinginan dari setiap pemuda terpelajar bangsa Indonesia untuk bersatu. Pemuda melihat bahwa akibat perbedaan suku, agama, dan ras/golongan sejak zaman dahulu terpecah belah. Keadaan ini membuat perlawanan terhadap penjajah pun sangat sulit untuk dilakukan oleh bangsa Indonesia yang model perjuangannya kala itu lebih banyak bersifat fisik dan kedaerahan sehingga sangat mudah dikalahkan penjajah. Lebih dari itu, penjajah semakin mudah untuk melakukan politik "Devide et Impera" (politik adu domba). Menyadari kondisi ini pemuda mulai mengubah strategi perlawanan dari gerakan fisik menjadi gerakan politik.

Sejak itu bermunculan berbagai organisasi kepemudaan daerah, yang di antaranya yang cukup menonjol adalah Jong Java (Pemuda Jawa), Jong Sumatra Bond (Pemuda Sumatra), Jong Celebes (Pemuda Sulawesi), Jong Minahasa (Pemuda Minahasa), dan lainnya.

Namun kemudian mereka menyadari bahwa organisasi berbasis daerah mudah ditaklukkan penjajah. Demi persatuan, yang sangat penting untuk menyatukan kekuatan bersama-sama memerangi Belanda, mereka mencoba untuk melakukan peleburan organisasi kedaerahan menjadi satu organisasi pemuda tingkat nasional. Inilah yang menjadi dasar kesepakatan organisasi pemuda untuk menyelenggarakan kongres pemuda dengan tujuan menyatukan organisasi-organisasi kepemudaan.

Kongres Pemuda

Kongres pemuda diselenggarakan sebanyak dua kali di Jakarta oleh organisasi Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) yang beranggotakan pelajar dari seluruh wilayah Indonesia. Kongres Pemuda I yang pertamakali dilangsungkan pada tanggal 30 April sampai dengan 2 Mei 1926, yang disusul dengan Kongres Pemuda II (kala itu disebut sebagai "Kerapatan (Congres) Pemoeda-Pemoeda Indonesia di Weltevreden) yang berlangsung pada 27 s/d 28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta).

Kongres Pemuda kedua (Kongres Pemuda II) yang digelar di rumah Sie Kong Liang di Jalan Kramat Raya 106 (± 1km dari Stasiun Pasar Senen)inilah dihasilkan sebuah ikrar Soempah Pemoeda yang dikenal dengan "Sumpah Pemuda". Kongres dihadiri oleh perwakilan dari organisasi kepemudaan yaitu Jong Sumatranen Bond, Jong Batak, Jong Java, Jong, Celebes, Jong Islamieten Bond, Jong Ambon, dan lainnya. Selain itu juga hadir pengamat dari pemuda tionghoa.
Berdasarkan inisiatif PPPI, Kongres Pemuda II dilaksanakan dalam 3 kali rapat di 3 tempat terpisah. Pada hari pertama, rapat dilakukan di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Waterlooplein (sekarang Lapangan Banteng). Dimana dalam sambutannya Sugondo Djojopuspito selaku ketua PPPI mengharapkan kongres dapat memperkuat semangat persatuan para pemuda. Lalu Moehammad Yamin menguraikan arti dan hubungan persatuan dengan pemuda Indonesia, dimana menurutnya terdapat 5 faktor yang memperkuat persatuan Indonesia yaitu: kemauan, sejarah, bahasa, hukum adat, dan pendidikan.

Hari kedua kongres diselenggarakan di Gedung Oost-Java Bioscoop guna membahas masalah pendidikan yang dipresentasikan oleh Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro. Dimana mereka mengungkap pentingnya pendidikan kebangsaan bagi anak dan perlunya memperhatikan keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah. Selain itu disebutkan juga bahwa pendidikan anak haruslah bersifat demokratis.

Di hari yang sama diselenggarakan rapat penutup yang bertempat di gedung Indonesische Clubgebouw yang beralatkan di Jalan Kramat Raya 106. Disinilah Sunario menjelaskan urgensi nasionalisme dan demokrasi selain juga gerakan kepanduan. Sementara Ramelan berpendapat bahwa gerakan kepanduan tak terpisahkan dari pergerakan nasional, karena gerakan kepanduan sejak dini dapat mendidik anak-anak untuk disiplin dan mandiri.

Jika Sobat mau mendalami lebih jauh perihal sejarah Sumpah Pemuda, sobat dapat berkunjung ke Museum Sumpah Pemuda dengan alamat: Gedung Sekretariat PPI Jl. Kramat Raya 106 Jakarta Pusat. Pada Museum ini dipamerkan biola asli milik W.R. Supratman serta foto dan miniatur monumental Sumpah Pemuda. Berikut ini adalah animasi mengenai museum sumpah pemuda dan penjelasan singkat Sejarah Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.


Demikianlah makalah Webkeren.Net berjudul Sejarah Singkat Sumpah Pemuda 28 oktober 1928 Lengkap Arti Makna Bagi Generasi Muda yang menjabarkan hikmah / arti makna dan tujuan Lahirnya sumpah pemuda 28 oktober 1928 bagi perjuangan kemerdekaan bangsa indonesia serta bagi pemuda sebagai generasi muda dan pelajar saat ini di tengah himpitan globalisasi yang modern dan serba digital.

Semoga membantu sobat, dan silakan share artikel ini jika dirasa bermanfaat. Sobat juga dapat membaca artikel Isi Materi Kalimat Naskah Teks Sumpah Pemuda Asli dan Ejaan Baru.

Sumber: wiki indo |Semangat pemuda Indonesia

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: