Cara Mendapatkan Domain .Id Gratis 2016

Artikel ini akan menjelaskan sasaran dan Tujuan Program Sejuta Domain Dot Id Gratis beserta dengan Cara Mendapatkan Domain .Id Gratis Terbaik 2016 yang WebKeren.Net ambil dari detik.com via situs resmi Kominfo. Poin-poin penting dari penjelasan Andi Budimansyah (Ketua Umum PANDI) ini layak disimak oleh Sobat yang tertarik untuk ikut mendapatkan domain berakhiran .id dengan gratis ataupun yang baru mencari cara membuat website dengan domain sendiri secara gratis.

Sebagaimana yang diberitakan banyak media, pemerintah sangat mendukung peralihan top level domain (tld) internasional (berakhiran dot com, dot net dan lainnya) ke domain indonesia yang berakhiran .id (.id, web.id, my.id, dan sebagainya). WebKeren.Net juga telah membahasnya pada artikel sejuta domain dot id gratis, bahwa Kominfo (selaku pemerintah) bersama dengan PANDI memiliki rencana untuk membagi-bagikan sejuta domain .id secara gratis selama tiga tahun mulai tahun 2016 dengan rencana alokasi anggaran Rp 50 miliar.
Cara Mendapatkan Domain .Id Gratis 2016

Tujuan Program Sejuta Domain Dot Id Gratis

Tujuan yang diharapkan dari program sejuta domain gratis adalah untuk;
  1. Mendorong pertumbuhan dan perkembangan konten positif dalam negeri
  2. Melokalisir akses internet di dalam negeri
  3. Mempercepat akses internet, serta
  4. Agar akses internet lebih murah.

Karena itulah penerima domain diharapkan dapat menyediakan jasanya di Internet demi pendayagunaan internet dalam menunjang pertumbuhan ekonomi nasional.

Sasaran Program Sejuta Domain Dot Id Gratis

Sasaran pengguna bagi satu juta domain adalah e-commerce, koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), sekolah, pesantren, dan termasuk juga personal / perorangan. Jika sobat merupakan kelompok atau perorangan yang dimaksud, inilah cara mendapatkan domain .id gratis.
  1. Sobat harus merukan Warganegara Indonesia.
  2. Setiap kelompok atau perorangan yang ingin daftar domain gratis Indonesia (.id) harus memiliki kordinator dan mengajukan proposal kepada komite yang dibentuk oleh Kominfo dan PANDI untuk dapat memiliki domain sendiri secara gratis.
  3. Bagi yang mengajukan secara kelompok, komite nantinya akan berhubungan dengan koordinator, tidak langsung dengan end user / perorangannya.
  4. Akan diadakan evaluasi selama tiga tahun supaya sobat terpacu untuk memikirkan bagaimana agar domain tetap sustainable.
  5. Kemungkinan besar hosting website tetap disediakan secara mandiri, hanya domainnya saja yang gratis.
Demikian artikel yang menjelaskan sasaran dan tujuan Program Sejuta Domain Dot Id Gratis beserta dengan Cara Mendapatkan Domain .Id Gratis 2016 yang WebKeren.Net ambil dari poin-poin penting dari penjelasan Ketua Umum PANDI tersebut. Semoga nanti Sobat bisa mendapatkan domain berakhiran .id dengan gratis.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: