Menambahkan Fitur Android Marshmallow di Lollipop, Kitkat dan OS sebelumnya

Android 6.0 Marshmallow adalah versi terbaru sistem operasi (operating system/OS) android. OS ini telah dirilis, namun baru tersedia pada beberapa smartphone android. Mungkin sahabat WebKeren.Net sedang menantikannya, dan senantiasa mencari cara upgrade / update xiaomi redmi 2, asus zenfone 4,5,6 & 2 atau malah berfikir untuk mencari atau membuat daftar hp os android marshmallow murah karena sudah dipastikan gadget yang sobat miliki tidak akan mendapat update ke OS android terbaru ini. Atau sobat yang merupakan developer mencari “how to build / make android marshmallow theme & launcher design, diy, catapult apk” untuk membuat smartphone memiliki tampilan android marshmallow meskipun tidak mendapat update OS. Karena memang terdapat beragam fitur baru android yang menjadi kelebihan android marshmallow yang disukai oleh pengguna.

Menambahkan Fitur Android Marshmallow di Lollipop, Kitkat dan OS sebelumnya
Bagi sahabat yang telah dikabarkan akan mendapat update mungkin hanya perlu bersabar, karena seperti yang kita tahu dari pengalaman, pengembang memerlukan waktu untuk update OS ini bisa dinikmati semua pengguna. Namun begitu, bagi sobat yang sudah tak terbendung lagi ingin menikmati fitur Android Marshmallow jangan khawatir, artikel Cara Menambahkan Fitur Android Marshmallow di Lollipop, Kitkat & OS sebelumnya ini akan membahas cara untuk mendapatkan fitur Android Marshmallow pada ponsel sobat sekarang.

1. Fitur Android Marshmallow: mengelola hak akses


Sobat pernah merasa cukup bahagia memiliki pembatasan hak aplikasi sampai mendapat persetujuan dari sobat dengan mengklik mengklik OK untuk daftar izin setiap aplikasi sewaktu di instal. Namun mungkin sobat sekarang memiliki kekhawatiran bahwa aplikasi meminta akses yang sebenarnya tidak diperlukan dalam berjalannya aplikasi, atau dapat menyalahgunakan akses terhadap informasi pribadi Sobat yang telah diberikan.

Android Marshmallow memungkinkan Sobat untuk mengizinkan atau menolak izin secara retrospektif, sehingga Sobat tidak terjebak dengan keputusan yang telah dibuat ketika Sobat pertama kali men-download aplikasi. Ini sangat berguna tetapi bukan bagian dari Android Lollipop maupun versi OS android sebelumnya.
Jika Sobat telah melakukan rooting pada gadget android kesayangan, sobat dapat menginstal XPrivacy yang dengan baik bisa menghadirkan fitur marshmallow ke ponsel atau tablet Sobat hari ini.

2. Fitur Android Marshmallow: Chrome Kustom Tabs

Sebelum Android 6.0 Marshmallow, jika sobat meng-klik link dalam aplikasi (misalnya link di WhatsApp atau email), secara otomatis akan membuka link tersebut di peramban default Sobat. Ini tidak menyenangkan, karena membuka browser secara full tentu akan memakan waktu dan sumber daya ponsel, selain itu juga Sobat mungkin tidak selalu ingin keluar dari aplikasi hanya untuk menyelidiki apa yang ada di dalam link tersebut.

Dengan Fitur Chrome Kustom Tab di Marshmallow, sobat bisa membuka link dalam aplikasi dengan chrome minimalis yang menggunakan sumber daya sistem yang lebih sedikit daripada browser penuh Chrome. Fitur ini tidak dapat sobat tambahkan ke Lollipop,

Sobat tidak dapat menambahkan Fitur Chrome Kustom Tab di Marshmallow ke Lollipop, tapi menginstal browser link bubble yang ultra-ringan & menjadikannya default akan melakukan banyak hal yang sama – dan aplikasi ini tidak memerlukan akses root. Dengan begitu, aplikasi ini dapat menampilkan link dalam gelembung kecil, memuatnya di latar belakang saat Sobat meng-klik link dalam aplikasi.
Aplikasi Link Bubble menghadirkan fitur yang sama dengan Chrome Custom Tabs

3. Fitur Android Marshmallow: Smart Link

Menyatu dengan navigasi, Smart Link adalah salah satu fitur kecil di Marshmallow yang memungkinkan sistem android memutuskan sendiri aplikasi apa yang akan terbuka ketika link di-klik. Alih-alih membuka setiap jenis link di browser web, Smart Link akan membuka link dengan app yang sesuai (misalnya, link ke tweet terbuka di aplikasi Twitter Sobat tanpa membuka browser atau meminta Sobat apa aplikasi yang ingin Sobat gunakan).
Untuk mendapatkan fitur Smart Link, sobat dapat menginstall TapPath yang menyediakan banyak fungsi yang sama pada versi Android sebelum marshmallow.

4. Fitur Android Marshmallow: pembaca sidik jari untuk pembayaran

Di Android Marshmallow, sensor sidik jari didukung seluruh OS, tidak hanya untuk membuka ponsel Sobat, tetapi untuk otorisasi hal-hal seperti pembayaran. Sobat bisa mendapatkan fungsi serupa di perangkat Samsung keluaran terbaru berkat PayPal & Fido. Cara untuk mengaktifkan fitur tersebut adalah, buka Settings >> Sidik jari >> Bayar dengan PayPal .

Namun jangan khawatir jika hp android Sobat tidak memiliki fitur pembaca sidik jari. Sobat dapat menggunakan ICE Unlock Fingerprint Scanner untuk membuat kamera menjadi scanner (meskipun hanya akan membuka kunci layar). Aplikasi ini bekerja dengan baik sebagai unlocker ponsel, namun begitu kamera tidak dapat memproses tingkat detail sebaik pemindai sidik jari yang memang didedikasikan untuk itu, sehingga tidak cukup kuat untuk dipercaya sebagai penjaga keamanan rincian debit atau kartu kredit. Namun, itu cukup untuk menjaga ponsel diakses teman-teman Sobat tanpa harus repot-repot dengan kode akses yang panjang.

5. Fitur Android Marshmallow: manajemen memori

Task Manager di Android Marshmallow telah meningkat secara signifikan lebih dari versi sebelumnya & memungkinkan Sobat untuk melihat apa yang menggunakan sebagian besar RAM. Dan sangat mudah juga untuk mendapatkan fitur ini pada Android yang lebih tua juga: sejak Android pertama kali muncul, Google Play Store telah dilengkapi dengan alternatif Task Manager termasuk app killer & manajer aplikasi yang dapat menganalisis sumber daya apa yang digunakan aplikasi. Baca artikel Aplikasi Android Terbaik: Pemantau Kinerja Sistem untuk menemukan yang terbaik.

6. Fitur Android Marshmallow: menyusun ulang Appdrawer

Laci aplikasi (app drawer) Android menampilkan semua aplikasi yang Sobat miliki, dan telah berubah pada Android Marshmallow untuk membuatnya lebih terorganisir. Empat ikon pertama adalah aplikasi yang paling sering digunakan, & setelah itu aplikasi ini diatur secara alfabetis. Google benar-benar menyatu dengan Play Store, dimana Sobat akan menemukan susunan yang sangat baik & sangat disesuaikan dengan aplikasi launchers. Baca artikel 13 Launcher Android Keren Terbaik Paling Ringan Gratis dan Hemat Baterai Terbaru 2016 untuk menemukan launcher android keren yang paling tepat untuk sobat.

7. Fitur Android Marshmallow: Sleep & perbaikan baterai

Daya tahan baterai tetap menjadi tumpuan bagi sebagian besar hp android, & di Android 6.0 Marshmallow, Google telah memperkenalkan perbaikan hemat energi termasuk Doze & kemampuan untuk mengisi ulang baterai dengan dangat cepat melalui USB-C. Sayangnya Sobat tidak dapat retrofit port USB-C pada perangkat Sobat, tetapi Sobat dapat menggunakan berbagai trik untuk meningkatkan daya tahan baterai & untuk mencharge baterai android dengan cepat. Baca artikel WebKeren.Net mengenai hal tersebut:
Cara Terbaik Charge Smartphone
Optimalisasi Android Tanpa Rooting: Cara Merubah Tampilan, Memperkuat Keamanan, dan Baterai 
Tips Hemat Baterai Android dengan Juice Deffender

8. Fitur Android Marshmallow: dukungan Smart SD card

Android Marshmallow dapat mengkonversi kartu SD seolah-olah merupakan penyimpanan internal, tanpa keterbatasan yang diterapkan untuk penyimpanan eksternal. Itu berarti selamat tinggal pada batas penyimpanan untuk instalasi aplikasi atau data yang terkait dengan aplikasi berat. Jika Sobat telah melakukan rooting pada smartphone android Sobat, Link2SD melakukan hal yang hampir serupa.

Apakah ada fitur Android Marshmallow yang belum tercantum di sini? Apakah Sobat memiliki aplikasi favorit yang menyerupai ide Marshmallow? Tuliskan pada kolom komentar facebook atau G+ di bawah ini.

tampilan android marshmallow, how to build / make android marshmallow theme dan launcher design, diy, catapult apk, cara upgrade / update xiaomi redmi 2 ke lolipop lalu ke marshmallow, android marshmallow adalah, android marshmallow rilis, fitur android marshmallow, Kelebihan android marshmallow, android marshmallow xiaomi, android marshmallow asus zenfone 4,5,6 & 2, daftar hp os android marshmallow murah

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: