Cara Chat Whatsapp dengan Huruf Tebal dan Miring

Cara Chat WhatsApp dengan Huruf bold (cetak Tebal) dan italic (Miring) | Sebagaimana sobat ketahui, WhatsApp adalah aplikasi chat (instant messaging / im) lintas platform (android, iphone, blackberry) yang sangat populer. Untuk daftar dan menggunakannya pun tidak diperlukan mengundang atau meminta pin dan pada perkembangannya sekarang gratis selamanya oleh operator apapun (im3, telkomsel, xl, axis, dan lainnya). Dan bahkan sekarang ini user bisa chat melalui pc (baca Cara Membuka Whatsapp Lewat Komputer PC Laptop).
Cara Chat Whatsapp dengan Huruf Tebal dan Miring
Cara Chat Whatsapp dengan Huruf Tebal dan Miring | Image © www.WebKeren.Net
Nah, sebagaimana judul artikel ini, WebKeren akan menginformasikan Cara Chat Whatsapp dengan Format Huruf Tebal dan Miring buat sobat. Sebagaimana dimuat Android Authority, rilis beta terbaru dari WhatsApp memiliki beberapa opsi format teks dasar termasuk huruf miring dan tebal. Sama seperti aplikasi lain yang mendukung format teks, Sobat cukup menambahkan tanda bintang (*) pada awal dan akhir dari kata yang ingin dibuat tebal, berikan garis bawah ( _ ) sebelum dan sesudah kata yang ingin terlihat miring, atau berikan simbol ~ sebelum dan sesudah kata / kalimat yang ingin terlihat tercoret (terima kasih untuk masukan dari +Yoga Dwi Prasojo ). Jika Sobat menerima pesan dari seseorang dengan versi terbaru, nama mereka akan tercetak tebal di bayangan notifikasi dan format pesan juga akan muncul.
Tambahkan tanda bintang (*) pada awal dan akhir dari kata yang ingin dibuat tebal, berikan garis bawah ( _ ) sebelum dan sesudah kata yang ingin nampak miring, atau berikan simbol ~ sebelum dan sesudah kata / kalimat yang ingin terlihat tercoret.
Contoh penggunaan format huruf tebal, miring dan coret di Whatsapp:
*Terima kasih* ~banyak~ sudah menjadi pengunjung setia (_visitor_) *WebKeren.Net*
maka akan terlihat sebagaimana berikut:
Terima kasih banyak sudah menjadi pengunjung setia (visitor) WebKeren.Net

Fitur ini terutama berguna bagi sobat yang menggunakan WhatsApp untuk komunikasi formal, karena bisa mengubah kata menjadi tebal untuk memberi penekanan, italic untuk istilah asing atau slang, ataupun sesuai ketentuan penggunaan bahasa Indonesia yang baik lainnya. Meskipun juga bisa dimanfaatkan untuk mengirim pesan ke teman secara informal agar lebih menyenangkan dan menarik.

Meskipun tidak disebutkan di rilis, mungkin saja kedepannya whatsapp juga menambahkan format lain seperti menggarisbawahi atau mencoret kata, dan itu kemajuan besar untuk membuat chatting lebih menyenangkan dan dengan penggunaan yang mudah.

Update Terbaru!  sekarang ini sobat sudah bisa menerapkan format huruf jika sudah update whatsapp versi terbaru tanpa perlu mengikuti program beta tester. Jadi cukup update saja whatsapp sobat baik melalui Google Play Store maupun dengan download APK whatsapp. Baik pada gadget sobat maupun pada teman yang dikirim pesan akan terlihat format huruf miring, tebal ataupun coret.


Cara Chat Whatsapp dengan Huruf Bold dan Italic
Cara Chat Whatsapp dengan Huruf Bold dan Italic | Image © WhatsApp Inc.

Whatsapp dengan format huruf miring dan bold ini belum beredar secara bebas di PlayStore karena masih pada tahap beta. Jika sobat ingin menggunakannya segera, sobat bisa mendaftar untuk program pengujian beta WhatsApp di sini. Sebagaimana disebutkan pada program pengujian tersebut, untuk mendapatkan versi pengujian sobat harus mengupdate aplikasi WhatsApp Messenger dengan versi pengujian melalui Google PlayStore(bila sudah menginstal pada android). Sementara Jika sobat belum install WhatsApp Messenger aplikasi diinstal, download di Google Play terlebih dahulu, maka sobat akan mendapatkan update dengan versi beta. Perlu diingat bahwa mungkin sobat perlu menunggu beberapa jam sampai notifikasi update tiba.

Sobat juga bisa keluar dan meninggalkan program beta tester setiap saat dan kembali menggunakan versi publik dengan menguninstall versi beta dan klik leave program di website pengujian WhatsApp dan menginstall aplikasi lagi dari Google Play.

Tidak jelas kapan fitur format bold dan italic ini akan dimasukkan ke versi official, ataukan cuma testing lalu menghilang begitu saja.
Update 1 : Setelah dicoba pada beberapa device, ternyata Format Bold dan Italic hanya nampak pada smartphone yang ikut beta program. Sementara bagi yang tidak mengikuti, nampak seperti format biasa meskipun telah update ke versi terbaru di Play Store(lihat pada gambar untuk lebih jelas).
Cara Chat WhatsApp format Bold dan Italic

Demikianlah ulasan Cara Chat Whatsapp dengan Huruf Tebal dan Miring, semoga berguna buat kita semua. Apa opsi format lain yang Sobat lihat? tulis di kolom komentar untuk berbagi dengan semua dari kita.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: