Whatsapp End To End Encryption; Sistem Keamanan Enkripsi Pesan Terbaik

Tak bisa dipungkiri whatsapp adalah aplikasi chat terpopuler yang ringan untuk digunakan serta lintas platform, mulai dari android, blackberry, ios iphone, dan bahkan untuk laptop PC windows 10, 8, 8.1, 7, dan lainnya tanpa menggunakan bluestack karena hanya membutuhkan browser chrome saja. Wajarlah jika masuk daftar Aplikasi Chatting (Instant Messenger) Terbaik yang telah Web Keren buat. Namun begitu, whatsapp seringkali memiliki masalah terkait issue security / privacy address book, server ip address yang kemudian menghadirkan banyak review statement privacy issues baik dari developer whatsapp maupun pengguna. Bahkan hal ini membuka celah bagi developer lain untuk membuat aplikasi guna menutup celah keamanan whatsapp, seperti misalnya menggunakan apk leo privacy guard for android yang telah banyak di download dan digunakan. Aplikasi ini bahkan tidak hanya menghadirkan kegunaan saja namum juga menawarkan variasi theme, seperti misalnya theme naruto.

Whatsapp End To End Encryption Sistem Keamanan Enkripsi aplikasi chat Terbaik untuk aktivis politik
Awal April 2016 ini pada tanggal 5 lalu whatsapp menambahkan fitur keamanan baru yang dijuluki dengan “Whatsapp End To End Encryption”. Sobat mungkin sudah mengetahui atau malah bertanya-tanya tentang keterangan yang sobat temui di bawah chat tersebut. Pada artikel kali WebKeren.Net akan membahas mengenai update terbaru WhatsApp yaitu penambahan fitur end to end encryption oleh developer WhatsApp atas isu bahwa whatsapp encryption algorithm key definition & method type was broken. Enskripsi ini sedikit berbeda dengan yang lain seperti misalnya telegram, gmail google, imessage, bbm, dan lainnya. Pada enskripsi end to end encryption ini Whatsapp mengklaim seluruh isi pesan baik file gambar, pdf, musik, video dan konten chat lainnya sangat aman karena hanya bisa dibaca oleh pengirim dan orang / grup yang dituju saja. Bahkan WhatsApp sendiri tidak bisa membaca isi pesan yang sobat kirim.

Isu keamanan dengan enkripsi di dunia teknologi kembali memanas sejak konflik Apple dengan FBI karena FBI meminta Apple membantu mengakses data di dalam iPhone terkunci milik Syed Farook, salah seorang pria bersenjata pelaku penembakkan di San Bernardino, California. Yang kemudian masalah ini memicu perhatian publik hampir seluruh pemerhati teknologi di dunia. Situasi ini kemudian membuat whatsapp memperluas enkripsi end-to-end di semua platform yang , mencakup semua bentuk komunikasi - panggilan suara, video dan chatting yang melibatkan beberapa orang.

Apa Itu Whatsapp End To End Encryption

Whatsapp End To End Encryption adalah fitur keamanan terbaru WhatsApp dengan metode / cara mengenkripsi konten chat baik teks maupun file gambar gif / JPEG, dokumen pdf/.doc, suara / musik, video, dan lainnya sehingga hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima pesan dan tidak bisa diakses(tak terbaca jika disadap) oleh pihak lain termasuk aplikasi pihak ketiga, penjahat (Hacker), rezim opresif ataupun penegak hukum (pemerintah), dan bahkan oleh WhatsApp sendiri.
Langkah WhatsApp enkripsi end-to-end ini menghasilkan perlindungan yang sangat kuat bagi penggunanya yang telah mencapai lebih dari 1 miliar orang. WhatsApp tidak akan lagi memungkinkan membaca pesan terenkripsi yang akan dikirim. Enkripsi End-to-end berarti bahwa setiap data yang ditransfer dapat dibaca hanya oleh pengirim dan penerima. Dalam ruang antara mereka, data tersebut sangat dienkripsi. Bahkan karyawan WhatsApp tidak bisa menguraikan informasi jika mereka menginginkannya. Beberapa data, bagaimanapun, tetap tidak terenkripsi. Seperti misalnya tanggal dan waktu pesan, serta nomor telepon, mungkin masih terbaca.

Metode / Cara Whatsapp melakukan enkripsi pesan dengan End To End Encryption

Whatsapp End To End Encryption; Sistem Keamanan Enkripsi Pesan Terbaik
Memang aplikasi perpesanan lain juga melakukan enkripsi, namun pada enkripsi end to end aplikasi messaging milik Facebook ini tidak ada yang mengetahui konten yang terdapat dalam komunikasi selain pihak yang berkomunikasi (whatsapp sekalipun).

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Brian Acton dan Jan Koum (pendiri WhatsApp) pada blog WhatsApp bahwa pesan yang terenkripsi mengusung gagasan yang sangat sederhana. Dimana pengguna hanya melakukan pengiriman pesan sebagaimana biasanya, dan hanya orang tertentu yang bisa membaca chat grup atau personal itu.

Ketika terenkripsi secara end-to-end, maka seluruh pesan, foto, pesan suara, video, dokumen, maupun panggilan yang dilakukan pengguna berlangsung secara privat diamankan dari kemungkinan jatuh ke tangan yang salah. Enkripsi ini dilengkapi dengan kunci unik rahasia yang memiliki fungsi spesial untuk membaca pesan dan hanya dimiliki penerima dan pengguna. Hanya pihak yang terlibat dalam komunikasi itu saja yang bisa mengetahui apa isi percakapan didalamnya karena konten tersebut dienkripsi secara real time.

Bagaimana Cara mengaktifkan Whatsapp End To End Encryption


Sobat tidak perlu repot melakukan apapun untuk mengaktifkan fitur keamanan whatsapp : Whatsapp End To End Encryption ini. Karena fitur enkripsi dimana pesan hanya dapat dibaca oleh penerima yang sobat inginkan ini secara default otomatis aktif dan akan berjalan sepanjang waktu. Sobat hanya perlu melakukan pembaruan (update) ke whatsApp terbaru dan sobat akan mendapatkan notifikasi mengenai perubahan ini.

WhatsApp, aplikasi chat terbaik untuk aktivis politik

Sebagaimana dimuat BBC Indonesia, Amnesty International (LSM HAM Internasional) menyebut langkah anak perusahaan Facebook itu merupakan “kemenangan besar” kebebasan berekspresi dan berpendapat. Sebagaimana disebutkan dalam siaran persnya, Amnesty international menanggapi secara positif mengenai enskripsi end to end whatsapp ini.
... Ini (Whatsapp End To End Encryption) merupakan dorongan besar untuk kemampuan orang mengekspresikan diri & berkomunikasi tanpa takut........ kemenangan besar privasi & kebebasan berpendapat, terlebih bagi aktivis & jurnalis yg bergantung pada komunikasi yang kuat & terpercaya dalam melakukan pekerjaan mereka tanpa membahayakan nyawanya
Begitu pula tanggapan Lee Munson, profesional keamanan digital yang berprofesi sebagai peneliti keamanan digital di Comparitech. Ia mengatakan bahwa dengan ditutupnya akses data bahkan dari perusahaan pengembang aplikasi itu sendiri, hanya badan penegak hukum kurang informasi yang menggerutu perihal ‘teroris’ sementara publik menikmati konten pesan (teks, dokumen, foto, video) dan panggilan telepon terenkripsi yang sangat diinginkan sejak pemerintah terungkap mengawasi komunikasi warganya oleh Edward Snowden.
Demikian ulasan WebKeren.Net berjudul Whatsapp End To End Encryption; Sistem Keamanan Enkripsi Pesan Terbaik yang membahas tentang apa itu Whatsapp End To End Encryption, Metode / Cara Whatsapp melakukan enkripsi pesan dengan End To End Encryption, Bagaimana Cara mengaktifkan Whatsapp End To End Encryption, dan tangggapan publik mengenai pembaruan teranyar ini.

Sobat juga bisa membaca artikel terdahulu Webkeren.Net pada yang bertajuk Cara Melindungi Kemanan / Privasi WhatsApp yang membahas bagaimana cara menyembunyikan status online / terakhir dilihat pada whatsapp maupun cara menjaga sistem keamanan privasi data profil di whatsapp agar siapa yang tidak diinginkan termasuk teman dan orang lain tak akan sulit diintip untuk bisa mengetahui dan melihat / profil whatsapp kita lewat web di internet. Selain itu juga cara Blokir Kontak WhatsApp dan Akibatnya dan Cara Mengetahui WhatsApp di Blokir.

Baca Juga artikel keren lainnya:
Cara Chat Whatsapp dengan Huruf Tebal dan Miring
9 Tips Trik Keren Whatsapp
Cara Membuka Whatsapp Lewat Komputer PC Laptop
Hal Penting Yang Perlu Diketahui Tentang Tanda Centang Whatsapp
Cara Mematikan / Menonaktifkan Centang Biru Pesan Terbaca Whatsapp
WhatsApp Android Bisa Telepon Gratis
Hal Penting tentang Status "Online" dan "terakhir dilihat" pada WhatsApp
Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus

Bagaimana pendapat sobat? tulis di kolom komentar!

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: