Cara Mengatasi Google Play Store Error : Solusi Lengkap Jitu Paling Ampuh untuk Memperbaiki

Apakah sobat WebKeren.Net pernah mengalami playstore android eror? Saat sobat menemukan aplikasi yang menarik dan men-download-nya, tapi kemudian menerima pesan kode Error yang berisi nomor acak dari Google Play Store. Pasti menjengkelkan, kan? Artikel Cara / solusi jika google gapps error terus (how to fix play store error): Solusi Jitu yang Ampuh ini akan membahas tentang gimana cara memperbaiki play store android app yg error. Atau bagaimana mengatasi jika tidak bisa download pending karena play store error no connection jadi gak bisa download pada smartphone samsung (on android s4, note 2, galaxy y, galaxy s4, galaxy note), asus zenfone 4, error on note 2, miui 6, zte, hp oppo, nexus 7, sony xperia z, xiaomi mi3 dan lainnya.

Solusi untuk Error yang dijelaskan di bawah ini didasarkan pada pengalaman pengguna android yang WebKeren.Net himpun dari ulasan editor, pembaca dan moderator pada forum kaskus, XDA Developers, dan terutama AndroidPit. Jika Sobat menemukan masalah dan solusi yang lain mengenai Google Play error, jangan ragu untuk berbagi pengalaman dengan menuliskannya di kolom komentar.

Solusi Google Play Store Error Lengkap Jitu untuk Memperbaiki
Cara Mengatasi Google Play Store Error
Solusi Lengkap Jitu Paling Ampuh untuk Memperbaiki

Cara Mengatasi Google Play Store Error : Solusi Jitu Paling Ampuh untuk Memperbaiki PlayStore yg Error

Terdapat beberapa cara umum yang bisa sobat lakukan untuk memperbaiki Google Play Store yang error. Sebelum memutuskan untuk melakukan factory reset, pastikan Sobat mencoba semua solusi lain terlebih dahulu. Sobat juga akan perlu untuk membuat backup / cadangan data Sobat terlebih dahulu. Cara generik seperti melakukan Clear cache dan Clear data Play Store yang menjadi cara memperbaiki banyak masalah umum google playstore yang error. Selain itu juga menyeka partisi cache (jika dikarenakan cache memory tidak cukup),  menghapus dan mengembalikan Akun Google, mengatur ulang proxy, menguninstall update Play Store, dapat menjadi solusi untuk banyak masalah itu di Android.

Namun begitu setiap error playstore adalah unik, berikut adalah beberapa kode Error Google Play Store yang paling umum terjadi, lengkap beserta artinya, dan bagaimana solusi untuk menyelesaikannya.

Google Play - Error DF-BPA-09 'Error Processing Purchase'

Masalah : Google Play Error Processing Purchase DF-BPA-09 cukup sering terjadi ketika download aplikasi. Masalah ini tidak hilang jika Sobat hanya mencoba mengunduh ulang, sehingga Sobat perlu masuk ke setting / pengaturan.

Solusi : Masalahnya bukanlah individual, tetapi kesalahan dari Google Play sendiri, jadi semoga akan diperbaiki dalam waktu dekat. Sementara itu, berikut ini adalah apa yang dapat Sobat lakukan:
  • Masuk ke menu Pengaturan / Setting di gadget sobat
  • Pilih Apps atau Aplikasi Manager (nama bervariasi tergantung perangkat).
  • Gesek ke kolom All.
  • Gulir ke bawah sampai Sobat melihat Google Services Framework dan pilih
  • Setelahnya, pilih Hapus data (clear data) dan kemudian OK.
  • Jika cara ini tidak berhasil, pergi ke situs Google Play dengan menggunakan PC dan instal aplikasi yang bermasalah di smartphone atau tablet sobat dari sana. Setelah itu di perangkat Sobat seharusnya telah berjalan proses download dan install aplikasi itu.

Google Play - Error 194

Masalah : Error yang disebabkan ketika mencoba untuk download game atau aplikasi dari Google Play Store.

Solusi : Cara memperbaiki Playstore dalam kasus ini adalah dengan menghapus data cache Google Play dan Google Play Store. Ikuti langkah berikut:

  • Masuk ke Menu Settings > Apps atau Aplication Manager
  • Gulir ke kiri (kolom All) dan cari aplikasi Google Play Store.
  • Buka rincian aplikasi dan tekan force stop.
  • Pilih juga Hapus data (clear data).
  • Sekarang ulangi proses di atas pada Google Play dan kemudian coba ulangi download.

Jika itu tidak berhasil, jangan khawatir, masalah ini sekarang telah diselesaikan dan mendapatkan perbaikan pada versi aplikasi Play Store terbaru. Sobat hanya perlu mendownload APK Google Play Store terbaru dan tidak akan mengalami Error ini lagi.

Google Play - Error 495

Masalah : Masalah saat downloading atau updating aplikasi melalui Play Store.

Solusi : Hapus semua data Google Play dengan cara masuk ke Settings> Apps> All> Google Play Store> Clear Data. Hapus juga data Google Service Framework (catatan: sobat perlu login ulang Google ID pada perangkat Sobat, seperti halnya melakukan factory reset).

Hapus akun Google Sobat di perangkat, restart ponsel dan kembali menambahkan akun Google di Setting> Akun> Tambahkan Akun> Akun Google.

Google Play - Error 941

Masalah : Gangguan selama proses update.

Solusi : Masuk menu Pengaturan> Aplikasi> Semua> Google Play Store dan tekan Hapus cache dan Hapus data. Di tempat yang sama, gulir ke bawah untuk masuk ke Download Manajer dan pilih Hapus cache dan Hapus data untuk itu juga. Kemudian coba update lagi.

Google Play - rh01 Error

Masalah : Error mengambil informasi dari server (error while retrieving information from server).

Solusi pertama
Masuk ke  Pengaturan> Aplikasi> Semua> Google Play Store, kemudian Hapus data dan Hapus cache. Lakukan hal yang sama untuk Google Framework Service.

Solusi kedua
Hapus akun Google kemudian restart perangkat Sobat. Kemudian Login ulang akun Google Sobat.

Google Play - Error rpc: s-5: AEC-0

Masalah : Error while retrieving information from server.

Solusi : Pergi ke Pengaturan> Aplikasi> Semua> Google Play Store dan pilih Hapus cache dan Uninstall update. Lakukan hal yang sama untuk Download Manager dan Google Framework Service.

Google Play - Error 504

Masalah :Aplikasi tidak dapat diunduh karena Error.

solusi 1: Seperti biasa, silakan masuk ke Settings> Apps> Semua> Google Play Store dan Hapus cache dan Hapus data. Juga Hapus cache dan Hapus data untuk Google Services Framework.

solusi 2: Coba hapus akun GMail Sobat, reboot dan login kembali

Google Play - Error 505


Masalah : Dua atau lebih aplikasi memiliki izin yang sama (duplikat izin)

Solusi : Sobat perlu mencari tahu apakah ada aplikasi yang memiliki hak akses yang sama seperti yang Sobat coba untuk instal dan menghapus aplikasi yang bermasalah itu. Untuk melakukan ini, cari file APK untuk aplikasi Sobat mencoba untuk menginstal dan mencoba untuk mengembalikan aplikasi menggunakan Back up dari Lucky Patcher. Alat ini seharusnya menampilkan peringatan bagi Sobat untuk yang aplikasi mengalami konflik. Ini adalah aplikasi yang perlu Sobat uninstall.

Google Play - Error 491

Masalah : Mungkin pada proses Download maupun update.

Solusi : Hapus akun Google dengan masuk ke Settings, Kemudian pilih Account &Sync. Kemudian pilih hapus akun (delete account). Reboot Android Sobat dan tambahkan akun lagi. Selanjutnya di Settings, masuk menu Apps dan menggesek kiri ke kolom All. Gulir ke bawah ke Google Service, kemudian klik Hapus data dan akhirnya force stop.

Google Play - Error 498

Masalah : Gangguan download dari Play Store Google.

Cara Mengatasi Google Play Store Error 498 : Masalahnya adalah bahwa cache perangkat Sobat penuh. Hapuslah aplikasi dan file yang tidak dibutuhkan. Restart smartphone Sobat dalam modus pemulihan (safe mode) dengan menekan volume turun, tombol power dan tombol home (untuk perangkat Samsung), atau volume bawah dan power (untuk sebagian besar perangkat lain).

Mode ini memberikan beberapa pilihan. Pilih Wipe partisi cache yang dengan menavigasi antara pilihan dengan mengunakan tombol volume. Sementara konfirmasi menggunakan tombol power.

Google Play - Error 919

Masalah : Download beberapa aplikasi tetapi tidak terbuka setelah download.

Cara Mengatasi Google Play Store Error 919 : Tidak cukup ruang pada Android Sobat. Hapus semua data yang tidak diperlukan, seperti musik, video atau aplikasi besar.

Google Play - Error 413

Masalah : Men-download aplikasi atau pembaruan adalah mustahil. Jika Sobat menggunakan proxy, ingat bahwa hal itu bisa menyebabkan masalah dengan operasi Google Play Store.

Solusi : Masuk ke Pengaturan, cari Apps (atau Application Manager), lalu geser kiri ke kolom All. Gulir ke bawah ke Google Service dan tekan pada clear data dan kemudian force stop. Lakukan hal yang sama dengan aplikasi Google Play Store dan menghapus cache dari browser internet Sobat.

Google Play - Error 921

Masalah : Sobat tidak dapat men-download aplikasi.

Solusi : Coba hapus cache aplikasi Play Store Google. Jika ini tidak berhasil, menghapus semua data aplikasi Play Store, tapi harap diketahui bahwa ini akibatnya akan menghapus semua pengaturan yang telah Sobat buat. Sebagai usaha terakhir, menghapus akun Google Sobat, restart perangkat dan memasukkannya lagi.

Google Play - Paket Berkas tidak valid (Package File Invalid)

Masalah : Play Store Error.

solusi I : Masuk menu Settings >  App s>  All dan pilih aplikasi yang menyebabkan masalah, lalu pilih Hapus cache dan Hapus data. Coba lagi di Google Play Store.

solusi II : instal aplikasi melalui website Google Play Store.

solusi III : Nonaktifkan Wi-Fi dan download atau memperbarui aplikasi menggunakan jaringan data seluler.

solusi IV : Masuk menu Pengaturan> Aplikasi> Semua> Google Play Store dan pilih Hapus cache dan Hapus data. Lakukan hal yang sama untuk Google Framework Service.

solusi V : Hapus akun Google Sobat, restart perangkat Sobat, add ulang akun Google Sobat dan coba lagi.

Google Play Error - 403

Masalah : tidak bisa download dan 'Forbidden (dilarang)'. Hal ini biasanya terjadi ketika 2 akun Google digunakan untuk membeli aplikasi pada satu perangkat.

solusi 1: Pergi Google Play Store dengan akun Google yang benar. Uninstall aplikasi yang bersangkutan. Cobalah untuk mendapatkan aplikasi dari Google Play lagi dan klik tombol pembelian.

solusi 2: Hapus proxy Sobat dengan pergi ke Settings, kemudian pilih Wireless and Network (atau more network) dan kemudian Mobile Network. Pilih APN (Access Point Name) dan pilih Hapus Proxy Option. Sobat selalu dapat mengembalikan proxy setelah itu.

solusi 3: Solusi lain adalah dengan menghapus seluruh riwayat penelusuran yang dapat Sobat lakukan di Play Store sendiri dengan memilih menu Settings di Playstore, kemudian pilih Hapus riwayat penelusuran.

solusi 4 : Cobalah membuat akun Google baru dan menggunakannya bukan untuk Play Store. Buka Google Play, dan pilih tombol menu lagi. Kemudian pilih Accounts dan pilih akun Gmail baru. Kemudian instal ulang aplikasi.

Google Play Error - 923

Masalah : nggak bisa download : Error saat menyinkronkan akun Google Sobat atau cache memori tidak cukup.

Solusi : Hapus akun Google Sobat dan hapus aplikasi yang tidak berguna yang mengambil ruang penyimpanan data. Berikutnya, reboot perangkat Sobat dalam modus pemulihan. Pilih Wipe Cache Partition dan mulai perangkat Sobat seperti biasa. Jangan khawatir, data pribadi Sobat tidak akan dihapus. Siapkan akun Google Sobat sekali lagi.

Google Play - Error 492

Masalah : Tidak mungkin untuk menginstal aplikasi karena cache Dalvik.

Solusi : Dalam menu Pengaturan, cari Apps, lalu gesek ke Semua dan gulir ke bawah untuk Layanan Google. Di sini, pilih Hapus data dan kemudian Angkatan berhenti. Lakukan hal yang sama pada Google Play Store aplikasi.

Catatan: Jika masalah tidak diselesaikan, coba hapus cache Dalvik. Untuk melakukan ini, masuk ke mode recovery kustom (hanya jika Sobat memiliki root). Solusi lain adalah untuk menyelesaikan penghapusan data / factory reset. Opsi ini berlaku untuk semua pengguna dan dapat dilakukan dalam mode recovery. Hati-hati, itu akan menghapus data Sobat jadi pastikan Sobat telah didukung semua yang ingin Sobat simpan.

Google Play - Error 101

Masalah : tidak dapat mengunduh aplikasi karena ada terlalu banyak saat ini diinstal.

Solusi : Uninstall aplikasi lama dan tidak terpakai.

Google Play - Error 481

Masalah : Ada Error dengan akun Google Play Store Sobat.

Solusi : Hapus akun dan login dengan akun alternatif.

Google Play - Error 927

Masalah : download terganggu karena update Play Store sedang berlangsung.

Solusi : Tunggu beberapa menit sampai Play Store Google selesai update. Jika masalah terus berlanjut, masuk ke Settings, kemudian Apps, gesek ke All dan cari Google Serice. Tekan pada Hapus data dan kemudian Force Stop. Lakukan hal yang sama dengan Google Play Store.

Sobat mungkin menduga sekarang bahwa ada cara standar untuk mengurangi beberapa Error ini, jadi jika Sobat mengalami masalah yang berbeda dengan yang disebutkan di atas, Sobat bisa mencoba mengikuti langkah-langkah yang sama. Selalu berhati-hati saat menghapus data atau melakukan factory reset / reset data, karena ini akan menghapus foto, file, kontak, dan sebagainya yang tersimpan dalam android sobat, jadi pastikan Sobat membuat cadangan / backup semua data terlebih dahulu.

Google Play - Error 961

Masalah : Masalah ketika menginstal aplikasi Android dari Play Store.

Solusi : Pertama, dapatkan pengembalian dana dari Play Store, yang dapat Sobat lakukan dalam waktu 15 menit dari pembelian. Untuk melakukan ini, pilih opsi pembayaran di Play Store. Selanjutnya, masuk ke Settings  dan pilih Aplikasi dan geser ke kiri sampai Sobat melihat All  aplication. Sekarang gulir ke bawah untuk memilih Google Play dan pilih Hapus cache. Jika masalah terus berlanjut, pilih Hapus data juga.

Google Play - Error 911

Masalah : Sobat tidak dapat men-download aplikasi.

solusi pertama : Masuk Pengaturan, Aplikasi, lalu gesek ke Semua dan gulir ke bawah untuk Layanan Google. Kemudian pilih Hapus data.

solusi kedua : Jika Sobat terkoneksi dengan Wi-Fi yang membutuhkan halaman login web, pastikan Sobat masih login.

solusi ketiga : Coba jaringan Wi-Fi.

solusi keempat : Beralih dari Wi-Fi ke layanan jaringan data mobile / selular. Hanya lakukan hal ini jika Sobat memiliki langganan internet atau pulsa yang cukup.

Google Play - Error 920

Masalah : Sobat tidak dapat men-download aplikasi.

solusi pertama ; Matikan Wi-Fi Sobat dan hidupkan kembali, kemudian mencoba untuk men-download atau memperbarui aplikasi yang dimaksud.

solusi kedua : Hapus akun Google Sobat, restart perangkat Sobat dan tambahkan akun Sobat kembali lagi di aplikasi Settings. Sobat juga bisa mencoba menggunakan akun alternatif.

solusi ketiga : Pergi ke Pengaturan> Aplikasi> Semua> Google Play Store dan memilih kedua Hapus data dan Hapus cache dan akhirnya update Uninstall. Restart perangkat Sobat, buka Google Play Store dan mencoba untuk mengunduh aplikasi lagi.

Google Play - Error -24

Masalah : Tidak diketahui.

Solusi : Sobat mungkin perlu root manager untuk menyelesaikan masalah ini. Jika Sobat memilikinya, arahkan ke data / data. Dalam folder itu, cari nama paket dari aplikasi yang menyebabkan masalah ini (ini dapat ditemukan dengan melihat URL dari aplikasi di situs Play Store). Kemudian hapus seluruh folder dan coba untuk menginstal ulang aplikasi.

Google Play - Error rpc: AEC: 0]

Masalah : Sobat tidak dapat men-download aplikasi.

Solusi : Hapus akun Google Sobat. Menghapus semua akun yang disinkronkan. Pergi ke Pengaturan> Aplikasi> Semua> Google Play Store dan pilih Hapus data. Restart perangkat Sobat dan coba lagi.

Google Play - Error RPC: S-3

Masalah : tidak dapat mengunduh aplikasi.

Solusi : Hapus akun Google dan tambahkan kembali, atau mencoba akun alternatif.

Google Play - Error 924

Masalah : Biasanya terjadi ketika mencoba untuk men-download aplikasi yang lebih besar. Download aplikasi, tetapi pesan eror, mengatakan instalasi tidak berhasil lakukan untuk Error

Solusi : Kepala ke Settings> Semua> Google Play Store> update Uninstall. Setelah Sobat melakukan ini, coba download aplikasi masalah lagi.

Google Play - Error 110

Masalah : aplikasi tidak dapat diinstal.

Solusi : masuk ke Settings> Applications> All > Google Play Store> Hapus cache. Jika masalah berlanjut, coba download aplikasi dari situs Play Store.

Google Play - Error 940

Masalah : Aplikasi tidak bisa di download

Solusi : terkadang selesai dengan cara sederhana yaitu dengan restart perangkat Sobat. Jika ini tidak berhasil ikuti langkah berikut:

Pergi ke Settings> Applications> All > Google Play Store> Hapus cache
Pergi ke Settings> Application> All > Download / Download manager> Hapus data
Lakukan hal yang sama untuk 'Google Services Framework', 'Google Apps', 'Google Hangouts', 'Layanan Memeriksa'. Terkadang perlu juga untuk menghapus data pada Chrome.

Google Play - Error 906, 907 dan 963

Masalah : Terjadi terutama pada HTC One M8 dan perangkat M9 ketika mencoba untuk men-download atau memperbarui aplikasi melalui Play Store.

solusi 1: Masuk ke Settings> Applications> All > Google Play Store> Hapus cache. Kembali ke layar sebelumnya dan ke layar sebelumnya kemudian pilih Downloads / Download Manager> Hapus data.

solusi 2: Settings> Applications> All > Google Play Store> update Uninstall; kembali ke layar sebelumnya, maka Google Play> Hapus data.

solusi 3: Nonaktifkan kartu memori SD Sobat. Pergi ke Settings> Penyimpanan> Lepaskan kartu SD> OK. Kepala kembali ke Play Store dan coba download atau update aplikasi lagi. Jika berhasil, kembali ke Settings> Storage> Mount SD Card.

solusi 4: Pindahkan aplikasi ke memori internal perangkat Sobat. Pergi ke Settings> Applications> All > (pilih aplikasi yang bermasalah)> Pindah ke memori internal. kembali ke Play Store, cobalah men-download atau memperbarui aplikasi lagi, dan jika bekerja, pindahkan kembali ke kartu SD.

Ragam Masalah Google PlayStore Error

Terdapat banyak sekali masalah yang dapat sobat jumpai ketika PlayStore Error. Itulah kenapa sebenarnya tak ada satu solusi yang benar-benar jitu guna memperbaiki playstore android yang error. Error list problem mulai dari connection error fix, error not enough space / error no space, enable background data, force closed, periksa sambungan, tidak ada sambungan, error retrieving information from server rh-01, error 3, error 7, error 8, error 18, error 19, error 20, error 23, unknown error 24 fix, error 25, error 26, error 27, error 101, error 103, error 110, error 191, error 192, error 194, error 195, error 198, error 293, error 297, error 302, error 303, error 304, error 305, update error 403 fix, error 404, error 409, error 489, error code 490, error 491, error 492, error message 495 fix, error 497, error 498 fix, error code message 500, error 501, error 503, error 504, error 505 playstore lollipop, error 506 fix, error 507, google error 609, error 619 play store, error 627, error 690 play store, google error 691, error 693, error 723, error 806 play store, error 863, error 903, error 905, error null 906, error code 907, unknown error 919 fix, error 921, error code 924, error message 927, error 936, error 940, unknown error 961, error code 963, error bm-cch-17, error bm cch 19, error bm-cph-08, eror bm-pph-01, error bm-pph-10, error bm-pph-11, error aec-7, error df-dla-11, error error processing purchasing / purchase df-bpa-30 / df bpa 30, error df pfa 03, error df dferh 01 / df-dferh-01, error df-sa-01, error h01, error hr-01, rpc s 7 (rpc s-7 aec-0 fix, rpc s-7 aec-7), error rpc s 3 / s-3, error rpc s 5 aec 0, error server rh-01 fix, error 0x803f7000, error 0x80073cf9, error 805a8011, error 80710d23, error 80028f08 play store, error 80710d36, error can establish a reliable connection to the server, server error fix, downloading di play store rusak, error batas waktu koneksi berakhir, application cannot be installed in the android default install location jelly bean 4.3, error karena lucky patcher, error no connection retry to fix,,error after root / setelah root, unfortunately error updating apps, error unable to verify your account, error while retrieving information from server / data from server, error saat download, error your device isn't compatible with this version, error check your connection and try again, google error you already own this item, error process com.android.vending, error while downloading insufficient memory / insufficient storage space available on the device (error memori penuh / tidak cukup ruang pada perangkat), kenapa ya Playstore google error high risk has occurred, an error occurred please try again, an error host, error help hari ini, error kesalahan saat mengambil informasi dari server, error invalid download url, error package file is invalid / package file was not signed correctly, error install, error authentication is required / diperlukan autentikasi, error this item is not available in your country, error background data disabled, play store error karena / gara gara / gara2 freedom (after using / installing / setelah install freedom), kok lagi error can't open while opening / tidak bisa dibuka, login, tidak bisa masuk / sign in, ataupun loading on wifi maupun data seluler, dan masalah lainnya pada playstore ponsel, tablet, maupun bluestack.

Apakah Sobat pernah menemukan masalah Play Store lainnya? beritahu kami dengan menulis komentar di bawah. Sampai jumpa lagi di Internet!

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: