Cara Hemat Kuota Internet Android pada Aplikasi Terpopuler

Sobat Web Keren pasti banyak yang bertanya kenapa kuota internet paket data di android cepat habis. Yang kemudian mencari tips hemat kuota internet android atau cara menghemat kuota android, pc dengan modem maupun iphone baik yang menggunakan kartu SIM paket hemat internet telkomsel, simpati loop, smartfren, 3 / tri, xl, indosat, agar saat internetan quota internet tidak cepat habis. Ini bisa dilakukan dengan melakukan setting khusus pada gadget android, membiasakan diri melakukan hal tertentu dan mengenali lebih dalam hp yg dimiliki, dengan menggunakan software / aplikasi penghemat kuota internet data seluler pada android terbaik, maupun dengan menggunakan aplikasi yang hemat kuota internet / tidak boros data internet.
Pada artikel Tips Cara Hemat Kuota Internet Android pada Aplikasi Terpopuler ini WebKeren.Net akan membahas cara hemat kuota internet android pada aplikasi android terpopuler dan terbaik yang pasti digunakan oleh sebagian besar dari sobat. Karena memang tiap aplikasi mobile memiliki tingkat konsumsi data yang berbeda satu sama lain.
Tips Irit quota Internet Android pada Aplikasi Terpopuler
Cara Hemat Kuota Internet Android pada Aplikasi Terpopuler
Berikut ini adalah bagaimana melakukan setting / pengaturan pada berbagai aplikasi android terbaik dan juga terpopuler karena banyak digunakan oleh android user dan rakus quota (cepat menyedot kuota internet) karena sering digunakan. Cnet (Kamis, 12 Mei 2016) menyebutkan bahwa terdapat 5 aplikasi yang boros kuota internet (yaitu Facebook, Twitter, Instagram, dan Spotify), dan WebKeren.Net akan membahas mengenai cara mengatasi aplikasi boros data internet sehingga bisa hemat kuota internet pada android. Simak langkah-langkah berikut ini.

1. Hemat Internet Android Aplikasi YouTube

Youtube merupakan aplikasi pemutar video terbaik dan terpopuler di Android. Selain itu, aplikasi ini juga menjadi aplikasi bawaan (bloatware) pada banyak device smartphone dengan sistem operasi besutan google ini. Jelas sekali bahwa memutar video akan menghabiskan kuota internet dengan cepat. Positifnya aplikasi youtube tidak secara otomatis memutar video, video hanya akan dimainakn ketika sobat menginginkannya. Agar tetap bisa hemat kuota internet saat Youtube-an, sobat harus menghindari menonton video dengan resolusi tinggi dengan melakukan beberapa langkah berikut ini.
  1. Putar video dengan resolusi terendah (144p).
  2. Pastikan sobat telah mengatur fitur Play HD on WiFi Only pada setting aplikasi
  3. Jika hp android masih punya banyak ruang penyimpanan, sobat bisa memilih untuk mendownload video ketimbang menontonnya secara online. Untuk melakukannya, tekan saja tanda panah ke bawah di sebelah kanan bawah video saat sobat membuka aplikasi youtube di android
  4. Fitur download video ini secara default disimpan ke memori internal. Untuk memindahkannya ke memori eksternal, caranya adalah buka aplikasi youtube >> buka setting >> pilih offline >> piih memori eksternal.

2. Irit Internet Android Spotify

Meskipun Spotify merupakan aplikasi streaming musik android terbaik & terpopuler secara global bagi pecinta musik, di Indonesia hanya sedikit yang menggunakan aplikasi ini. Namun tidak ada salahnya WebKeren.Net membahasnya agar sobat juga mengetahui cara hemat kuota data internet pada aplikasi spotify. Karena keasikan mendengarkan musik mungkin sobat sering tidak sadar bahwa sobat sedang menguras kuota internet secara terus menerus. Terdapat 2 tips menghemat kuota data internet android untuk aplikasi Spotify ini.
  1. Jika sobat memiliki cukup banyak ruang penyimpanan internal dan juga memiliki sedikit dana untuk mendengarkan musik, disarankan Sobat berlangganan premium. Dengan begitu sobat bisa menghemat kuota data internet android dengan mengunduh album kesukaan dan memainkannya berkali-kali tanpa harus kehilangan kuota internet.
  2. Jika memori internal android minim serta sobat tidak rela berlangganan premium. Sobat bisa memutar musik secara online namun atur kualitas streaming pada level paling rendah saja. Caranya, buka aplikasi Spoptify >> buka menu setting >> pilih tab Streaming Quality >> pilih antara normal ataupun high upayakan menghindari memilih Extreme.

3. Hemat Kuota Internet Android Aplikasi Instagram

Aplikasi Instagram wajar juga masuk kategori aplikasi android yang boros konsumsi kuota data internet karena memang ditujukan untuk menampilkan gambar foto beserta video. Sayangnya fitur autoplay video pada aplikasi instagram tidak bisa di nonaktifkan. Sobat hanya bisa pasrah pada fitur menghemat data yang disediakan developer aplikasi Instagram. Cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut:
Buka aplikasi instagram >> masuk menu setting >> pilih Cellular Data Use >> pilih Use Less Data. Dengan begitu autoplay video tidak akan aktif ketika sobat berselancar dengan menggunakan koneksi internet data seluler.

4. Hemat Quota Internet Android Aplikasi Twitter

Meskipun twitter ditujukan terutama memuat teks yang dibatasi maksimal 140 karakter, tweet juga bisa berupa gambar, gambar bergerak (gif), video, pula kekinian juga polling. Kicauan selain teks itulah yang bisa membuat internet cepat habis. Jika facebook sudah menyingkirkan fitur video autoplay, twitter masih mempertahankan fitur boros kuota itu hingga saat ini. Supaya hemat kuota internet pada android, sobat sebaiknya menonaktifkan fitur itu. Caranya buka aplikasi twitter >> sentuh ikon tiga titik vertikal di sudut kanan >> pilih menu Settings >> pilih Data. Dari sini sobat bisa memilih apakah gambar atau foto akan ditampilkan di timeline atau tidak. Selain itu sobat juga bisa mematikan atau mengatur fitur video autoplay hanya jika terhubung dengan wifi.

5. Hemat Data Internet Android Aplikasi Facebook

Facebook dapat dengan cepat menyedot kuota sobat yang gemar membukanya untuk mengecek update status teman, kerabat, rekan kerja, dll. Ini dikarenakan timeline facebook tak hanya berisikan pesan teks, namun juga gambar & video. Terlebih jika sobat sering penasaran lalu kemudian memutar video yang muncul di timeline tentu akan memakan kuota internet yang besar. Beruntungnya, saat ini facebook sudah menghilangkan fitur autoplay video yang membuat aplikasi ini boros data internet, sehingga sobat tidak perlu lagi bersusah paya mematikan fitur memainkan video secara otomatis ini di gadget sobat. Cara Hemat Kuota Paket Data Internet Aplikasi Facebook yang bisa disarankan adalah dengan tidak terlalu sering membuka aplikasi ini, misalnya satu atau dua jam sekali saja. Kemudian sobat juga dapat menggunakan facebook lite yang lebih irit kuota data internet ataupun ruang penyimpanan android.

Demikian artikel Cara Hemat Kuota Internet Android pada Aplikasi Terpopuler WebKeren.Net yang membahas cara hemat kuota internet android pada aplikasi android terpopuler dan terbaik. Semoga menjawab pertanyaan sobat Web Keren mengenai kenapa kuota internet paket data di android cepat habis dan juga yg mencari tips hemat kuota internet android atau cara menghemat kuota android, pc dengan modem maupun iphone baik yang menggunakan kartu SIM paket hemat internet telkomsel, simpati loop, smartfren, 3 / tri, xl, indosat, agar saat internetan quota internet tidak cepat habis.

Sebagai informasi, WebKeren.Net telah menerbitkan beberapa tulisan terkait dengan hemat kuota internet android, yang dapat sobat temukan pada beberapa artikel berikut:
  1. Tips Lengkap Hemat Kuota Internet Paket Data Android 
  2. Irit Kuota Internet dengan Manajer Data Android 
  3. Hemat Kuota Internet Android dengan Juice Deffender 
Itulah, bagaimana komentar sobat mengenai tips hemat kuota data internet di android ? Bagikan juga ke jejaring sosial yang sobat miliki jika dirasa bermanfaat!

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: