Cara Mengatasi Insufficient Storage Available di Android tanpa Root

Sobat merasa masih ingin memasukkan sesuatu dari dunia internet ke kartu SD (memory card), namun hp Android sobat yang bermerek xiaomi, samsung, oppo, lenovo atau lainnya menolak untuk mendownload aplikasi karena memori smartphone sudah penuh. Artikel WebKeren.Net bertajuk Cara Mengatasi Insufficient Storage Available Di Android tanpa Root ini akan menjelaskan arti mengapa sobat mendapatkan notifikasi "penyimpanan yang tersedia tidak cukup" atau “insufficient storage available” ataupun “there is insufficient space on the device”. Juga adalah mengenai bagaimana cara mengatasi untuk memperbaiki permasalahan error google play store di android ini tanpa root sebagaimana dimuat kaskus maupun forum lainnya.

Cara Mengatasi Insufficient Storage Available di Android tanpa Root

Arti dan Penyebab Insufficient Storage Available

Pesan error Insufficient Storage Available atau "penyimpanan yang tersedia tidak cukup" ini mungkin datang sebagai kejutan ketika sobat merasa masih memiliki begitu banyak ruang ekstra pada smartphone atau tablet Android, tapi kadang-kadang juga terjadi karena suatu alasan tertentu.
Ketika sobat mengunduh aplikasi, beberapa data harus diinstal pada memori internal. Jika penyimpanan ini penuh, sobat tidak akan dapat men-download aplikasi terbaik pilihan sobat, bahkan jika memori kartu MicroSD sobat kosong!

1. Cara Mengatasi Insufficient Storage Available karena Memory RAM tidak Cukup

Beberapa smartphone low end atau smartphone dengan usia yang sudah cukup lama hanya memiliki RAM 1 GB, atau bahkan kurang dari itu. Itulah alasan mengapa jika sobat menggunakan aplikasi berat, atau banyak aplikasi yg berbeda sekaligus,seringkali terjadi insufficient memory atau ketidakcukupan memori ram, yang akan menyebabkan ponsel akan berjalan lambat atau bahkan mengalami hang.

Tips terbaik adalah untuk senantiasa mengawasi jumlah RAM dari aplikasi yang sobat gunakan, dan kemudian jua aplikasi yang tidak perlu terbuka terus-menerus. Untuk melihat informasi ini, buka pengaturan dan cari penggunaan memori ram. Prosedur ini cukup sederhana pada semua jenis OS android.

Cara tersingkat untuk membebaskan ruang pada RAM adalah dengan menutup semua proses yang berjalan di latar belakang. Pada android Lollipop ke atas cukup klik tombol persegi dari layar Home untuk melihat semua aplikasi yang terbuka dan menggunakan ruang pada RAM. Sobat kemudian hanya harus menutup aplikasi yang tidak diperlukan, seperti yang WebKeren.Net alami cukup dengan menutup play store lalu membukanya kembali dan aplikasi dapat diinstall. Atau cara paling gampang tutup saja dulu semua aplikasi berjalan.

2. Cara Mengatasi Insufficient Storage Available karena Ruang penyimpanan tidak cukup

Banyak smartphone tidak memiliki ruang yang sangat banyak dibiarkan bebas untuk aplikasi karena sistem bawaan memakan begitu banyak ruang. Penting untuk diingat bahwa meskipun pada spesifikasi hp sobat tercantum memory internal 8, 16, 32 atau 64 GB, kenyataannya adalah selalu kurang.
Untuk mengatasi masalah ini sobat harus memilah penyimpanan internal. Kalau sobat benar-benar ingin menjaga semuanya tetap berada dalam memori telepon, pindahkan apa yang sobat bisa (musik, film, foto, dokumen, dll) ke kartu SD. Untuk membuat lebih banyak ruang di memori internal, pertimbangkan juga untuk menggunakan solusi penyimpanan awan (Google Drive, Dropbox dan lain-lain). Untuk musik, pertimbangkan tentang layanan musik streaming seperti Spotify.


Baca Juga : Coba aplikasi penyimpanan awan Aplikasi Penyimpanan Awan Cloud Storage Terbaik

Selain data berupa mp3, video, foto, dokumen word, pdf, dan lainnya, terkadang yang membuat memori internal menjadi penuh adalah disebabkan oleh cache aplikasi yang menumpuk. Sebagaimana sobat ketahui, agar aplikasi dapat berjalan lebih cepat maka aplikasi tersebut juga menyimpan data-data pada memori internal, dan pada aplikasi tertentu seperti facebook atau chrome misalnya, cache bisa berukuran raksasa hingga lebih dari 100Mb!

Untuk membersihkan cache, sobat dapat masuk ke pengaturan lalu cari manajer aplikasi (application manager), kemudian buka satu persatu pada aplikasi yang sobat ingin hapus cachenya. Kandang setelah membersihkan cache error Insufficient Storage Available masih ada di panel notifikasi, untuk itu sobat perlu restart perangkat sobat. Sementara untuk melakukan penghapusan cache secara massal alias sekaligus, sobat dapat menginstall aplikasi seperti clean master dimana aplikasi pembersih cache tersebut biasanya membutuhkan akses root.

Selain hal tersebut, sobat juga dapat memindahkan aplikasi ke memori eksternal. Dengan begitu tentu ruang penyimpanan internal akan sedikit lebih lega. Caranya mirip dengan pembersihan cache secara manual di atas, namun pilih saja pindahkan aplikasi ke SD Card. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua perangkat dapat dengan mudah memindahkan data ke kartu SD, karena tidak semua pengembang aplikasi menyediakan fitur untuk memindahkan aplikasi ke memori eksternal. Cara untuk memiliki kebebasan penuh mengatur android yang sobat miliki adalah dengan melakukan rooting, dimana sobat bahkan juga bisa menghapus bloatware (aplikasi bawaan pabrik). Untuk memindahkan aplikasi jika sudah di root bisa menggunakan aplikasi Link2SD.

Baca Juga : Aplikasi Terbaik untuk Meningkatkan Performa Sistem Android

Kadang-kadang, karena partisi di memori internal, tampak ada ruang yang tersedia, tetapi dicadangkan untuk file dan aplikasi yang dibutuhkan sistem untuk berfungsi. Untuk itu hal terbaik adalah dengan tidak mencoba untuk main-main dengan ruang penyimpanan ini karena dapat menyebabkan masalah serius di kemudian hari.

Solusi terakhir dari semua permasalahan yang ada di smartphone android, yaitu dengan melakukan reset ulang perangkat ke pengaturan standar pabrik: sobat akan mendapatkan ruang dan kecepatan sebagaimana kondisi android baru, tetapi tentu saja sobat akan kehilangan semua file penting sehingga sobat harus membuat backup terlebih dahulu.

tag : arti insufficient storage available, cara mengatasi insufficient storage available di android tanpa root, cara mengatasi insufficient storage available di google play store, cara mengatasi insufficient storage play store, cara mengatasi there is insufficient space on the device, insufficient memory adalah, insufficient storage available kaskus, insufficient storage available play store, insufficient storage available tanpa root, insufficient storage xiaomi, mengatasi insufficient storage available oppo

Demikianlah Artikel WebKeren.Net berjudul Cara Mengatasi Insufficient Storage Available Di Android tanpa Root ini yang menjelaskan arti mengapa hp Android sobat yang bermerek xiaomi, samsung, oppo, lenovo atau lainnya mendapatkan notifikasi "penyimpanan yang tersedia tidak cukup" atau “insufficient storage available” ataupun adalah “there is insufficient space on the device”. Semoga dapat membantu sobat sebagai cara mengatasi untuk memperbaiki permasalahan error google play store di android ini tanpa root sebagaimana dimuat kaskus maupun forum lainnya.

Metode apa yang biasanya sobat lakukan? Apakah sobat memiliki cara lain yang tidak tercantum di sini? Beritahu dengan menuliskannya di kolom komentar.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: