Apa Alasan Untuk Membeli Nokia 3310 Terbaru 2017?

Kebangkitan Nokia 3310 model terbaru 2017 telah memacu berbagai reaksi di dunia teknologi. Beberapa tidak bisa membayangkan alasan untuk pembaharuan, sementara yang lain yakin bahwa itu adalah ide perubahan yang jenius. Karena itu WebKeren.Net kali ini akan mengajak sobat merenung tentang beberapa jawaban mengapa handphone yang merupakan legenda di masa lalu ini diproduksi lagi dan kira-kira siapa yang akan membelinya.

Nokia 3310 Terbaru 2017
Nokia 3310 Terbaru 2017 | Image © Nokia

Mengapa Nokia memproduksi ulang 3310?

Tidak ada keraguan bahwa Nokia 3310 memang legendaris dan sukses di pasaran satu dekade lalu. Ponsel ini secara simbolik masih dipercaya dan digunakan sebagai protagonis utama dalam meme yang banyak beredar di media sosial internet. Sebagaimana sobat ketahui, handphone yang dilaunching pada September 2000 ini berhasil mencetak angka penjualan yang luar biasa, yaitu sebanyak 126 juta unit.

Nokia 3310 versi 2017 didesain dengan tujuan “eye catching”, tanpa perlu menjadi kelas tertinggi dalam desain maupun kinerja ponsel. Produsen ingin menghadirkan ponsel dengan warna mencolok dan desain yang mengalami perbaikan dari model asli. Ponsel ini bahkan dilengkapi dengan permainan ular yang sangat populer, yang pasti sebagian besar dari kita pernah memainkan itu. Bahkan mungkin pernah memainkannya selama berjam-jam bersama teman. Nokia menyadari popularitas permainan ini, sehingga memasukkan game itu adalah langkah logis dan menentukan. Terlebih lagi, permainan ini telah dirubah dan versi sekarang berwarna.

Sementara perkembangan terakhir dunia smartphone saat ini di Mobile World Congress (MWC) 2017, ramai membicarakan pengembangan teknologi konektifitas 5G, display QHD +, jutaan software aneh dan dual kamera yang membuat gelombang, apa masih ada yang ingin memiliki Nokia 3310? Ini adalah tentang “blast from the past!”, sebuah ledakan dari masa lalu.

Sejarah menunjukkan kepada kita bahwa kita akan selalu kembali ke tren masa lalu, retro selalu hadir, seperti yang kita lihat pada dunia fashion, film, serial TV, game dan bahkan elektronik. Generasi muda menikmati modernitas yang berteknologi yang kita miliki hari ini, namun mereka masih melihat nilai lebih yang istimewa dari ponsel lawas ini. Mungkinkah ini juga terjadi pada nokia 3310, di mana orang menyerah pada pilihan smartphone modern yang canggih dengan segudang fitur dan memilih retro untuk alasan nostalgia?

Siapakah Sasaran Nokia 3310?

Dijual dengan harga € 49 di Eropa (sekitar Rp 700.000), besar kemugkinan Nokia 3310 tidak dijual bebas di Amerika Serikat karena ponsel ini hanya mendukung band 2G, konektivitas yang telah dihapus di Amerika Serikat.

Di negara-negara di mana Nokia 3310 ini akan tersedia, mereka yang membeli kemungkinan ialah orang-orang yang menghargai tampilan retro-nya, karena kinerja dan kecanggihan teknologi 3310 ini jelas berada jauh dibawah smartphone keluaran terbaru sekarang ini. Nokia 3310 telah memicu rasa ingin tahu banyak orang, tetapi mungkin juga mereka akan merasa ini adalah perangkat komunikasi yang ingin dicoba dan dilihat hanya untuk sementara waktu, tetapi tidak harus membeli. Ringkasan spesifikasi nokia 3310 versi 2017 ini adalah dengan layar 2,4 inci, resolusi QVGA dan kamera 2 MP dengan flash, menggunakan perangkat lunak baru yang disebut Seri 30 yang didasarkan pada Android, adanya slot microSD yang dapat memperluas penyimpanan hingga 16 MB, jack headphone dan radio FM (redio FM inilah fitur yang mungkin paling menarik bagi banyak orang).

Daya tarik ponsel ini mungkin berada pada baterai, material yang tangguh, dan (justru) keyboard fisiknya. Baterai 1.200 mAh (rechargeable dengan microUSB) dengan waktu siaga yang dapat bertahan hingga satu bulan dan waktu bicara hingga 22 jam.
Terutama bagi seseorang yang sering melakukan panggilan telepon, daya tahan baterai merupakan ukuran utama dalam memilih handphone baru.

Berikut ini mungkin adalah orang-orang yang menjadi sasaran penjualan dan ingin memiliki nokia 3310 edisi 2017 ini:

  1. Mereka yang berusia lebih dari 30 yang lelah (atau bahkan muak) dengan jejaring sosial internet dan ingin mengambil gambar dengan kamera yang nyata (dslr profesional), namun masih perlu internet untuk membaca berita dan mencari hal-hal lain.
  2. Nokia 3310 edisi 2017 juga akan menjadi ponsel yang ideal untuk anak-anak dari orang tua yang tidak ingin memberikan menyediakan anak-anak mereka dengan teknologi terbaru.
  3. Tentunya “para senior” atau orang tua yang lebih mudah untuk mengetik pesan dengan keyboard fisik ketimbang layar sentuh.


Tapi mungkin yang menjadi nilai negatif adalah hasil kamera yang buruk, dan juga tidak dapat meng-upload ke Facebook, Instagram ataupun Whatsapp.

Ketika pertama kali rumor kebangkitan 3310 beredar, WebKeren.Net berfikir bahwa mungkin saja handphone fenomenal ini akan berhasil meledak dipasaran. Namun, ponsel yang tidak dilengkapi WhatsApp mungkin hanya akan berhasil terjual untuk niche sebagian kecil orang. Dengan Nokia 3310, pemilik akan harus menyerah kemewahan yang dibawa oleh smartphone, meskipun untuk beberapa, mungkin sebenarnya menjadi perubahan baik kecepatan dari kehidupan terlalu terhubung.

Apa pendapat sobat tentang Nokia 3310? Apakah akan mempertimbangkan untuk memilikinya ketika sudah resmi dijual di Indonesia? Beritahu kami dengan menuliskannya di kolom komentar!

Sumber: Androidpit

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: