Cara Membuat Baterai Android Irit Awet Tahan Lama Paling Ampuh

Mungkin sobat bertanya-tanya kenapa baterai hp cepat habis padahal masih baru. Artikel WebKeren.Net berjudul Cara Membuat Baterai Android Irit Awet Tahan Lama Paling Ampuh ini akan membahas mengenai cara menghemat baterai hp android paling ampuh pada android root maupun tanpa root dengan cara battery calibration (kalibrasi baterai), menggunakan apk aplikasi hemat baterai android, dan melakukan pengaturan yang akan membuat baterai android awet tahan lama kembali. Cara ini dapat diterapkan pada android 4.4 kitkat, android 5.0 lolipop, android 6.0 marshmallow, maupun android 7.0 nougat. Baik itu smartphone besutan samsung, advan, asus, xiaomi, lenovo, oppo, lg, maupun lainnya.

Cara Membuat Baterai Android Irit Awet Tahan Lama Paling Ampuh

Perlu diketahui bahwa tips dan trik yang disadur dari AndroidPit ini hanyalah cara memperbaiki dan optimalisasi baterai hp yang cepat habis agar baterai hp awet dan tahan lama yang dapat dilakukan sendiri oleh sobat, dan bukan cara memperbaiki baterai hp yang sudah ngedrop atau bocor.

Sebelum memulai Tips Cara Membuat android hemat daya sehingga Baterai Android irit Tahan Lama Paling Ampuh, sobat mungkin perlu juga membaca artikel Cara kerja baterai Android. Dengan begitu sobat akan memahami apa yang harus dilakukan untuk membuat hp android hemat energi dan memperpanjang daya tahan baterai sehingga awet tahan lama.

Sebagian besar ponsel android yang dirilis tahun 2016 menggunakan tipe baterai yang tidak dapat dilepas, dan tampaknya akan tetap seperti itu beberapa waktu ini. Sementara positifnya, sebagian besar smartphone kini dilengkapi daya baterai sekitar 3.000 mAh, meskipun sobat juga mungkin masih perlu melakukan optimasi, terutama jika aktivitas sehari-hari sobat tidak berada dekat dengan colokan listrik. Langsung saja, inilah beberapa tips untuk memaksimalkan daya baterai gadget android yang sobat sayangi.

Jelajahi fitur hemat baterai di ponsel sobat

Semua ROM, apakah bawaan Android, OEM UIS seperti TouchWiz, atau ROM kustom seperti CyanogenMod, memiliki berbagai pengaturan dalam menu untuk membantu daya tahan atau mengoptimalkan konsumsi baterai agar tetap hemat dan irit.
HTC memiliki Ekstrim Power Saving Mode, Samsung memiliki Ultra Power Saving Mode, Sony memiliki modus STAMINA dan sebagainya. Cari berbagai pilihan untuk perangkat Sobat dan ROM dan membuat fitur ini berguna untuk sobat.
Bahkan jika ponsel Sobat tidak memiliki fitur hemat baterai seperti beberapa (atau Sobat hanya tidak ingin menonaktifkan begitu banyak fitur), setidaknya lakukan penggunaan modus penghemat baterai dasar.

Matikan GPS, Bluetooth, NFC, Wi-Fi dan data ponsel

Tentu sobat tidak perlu senantiasa terhubung 24jam sehari dan 7hari seminggu. Matikan GPS, Bluetooth, NFC, Wi-Fi dan data ponsel setiap Sobat tidak membutuhkannya. Mematikan data lokasi, atau mengubah pengaturan lokasi Sobat untuk menggunakan data Wi-Fi atau 3G daripada GPS bekerja dengan baik untuk meningkatkan daya tahan baterai pada perangkat Android.

Hanya aktifkan Bluetooth & NFC selama Sobat membutuhkannya saja (meskipun mereka mengkonsumsi daya yang sangat kecil), dan tidak perlu untuk mengaktifkan Wi-Fi dan mobile data setiap saat, terutama jika Sobat tahu persis kapan Sobat akan memerlukannya.

Meskipun Sobat banyak menggunakan Wi-Fi, katakanlah di rumah dan di tempat kerja, maka masuk akal untuk menjaga mengatur Wi-Fi Sobat untuk memilih tidak pada pengaturan “Selalu di saat tidur'” (Keep Wi-Fi During Sleep) karena ini akan lebih irit baterai android dan sobat akan terhubung kembali dengan Wi-Fi setiap kali Sobat menyentuh layar ponsel. Sebagian besar pengaturan mengenai hal ini dapat Sobat temukan pada pengaturan cepat .

Matikan Getar & Umpan Balik Haptic (vibrate and haptic feedback)

Matikan getar. Kecuali Sobat benar-benar membutuhkannya untuk membuat sobat lebih sadar ketika ada panggilan telepon, chat ataupun notifikasi lainnya. Karena daya yang dibutuhkan untuk menggetarkan ponsel lebih besar dibandingkan dengan ringtone.

Matikan haptic feedback juga (getaran yang aktif ketika Sobat dari mengetik pada keyboard). Tentu rasanya keren, tapi itu tidak benar-benar membawa manfaat, sementara di sisi lain itu akan menghisap daya baterai.

Jangan Gunakan Brightness Adaptif (auto brightness)

Jangan menggunakan layar auto-brightness. Ini mungkin terdengar berguna, tapi auto-brightness biasanya memberikan cahaya yang lebih terang dari yang benar-benar dibutuhkan. Lebih baik secara manual mengatur kecerahan ke tingkat yang rendah tetapi nyaman, dan membuatnya menjadi lebih terang sewaktu diperlukan. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk membuat baterai android lebih awet, karena layar merupakan salah satu pengisap daya baterai terbesar.

Untuk memastikan kecerahan adaptif / auto brightness tidak aktif, masuk ke pengaturan cepat di banyak perangkat dan Sobat akan melihat Auto dengan kotak di atas dan tanda centang di dalamnya. Hapus tanda centang kotak ini dan brightness otomatis akan dimatikan. Sementara pada beberapa smartphone lainnya mungkin Sobat perlu buka Settings lalu pilih Tampilan . Dari sana Sobat akan melihat tingkat Brightness dan di dalamnya Sobat akan menemukan pengaturan brightness adaptif / auto brightness.

Gunakan Wallpaper Hitam

Jika layar ponsel Sobat ialah jenis AMOLED (seperti kebanyakan perangkat Samsung), menggunakan background latar belakang berwarna gelap merupakan salah satu cara membuat baterai android tahan lama. Wallpaper berwarna hitam dapat meningkatkan daya tahan baterai android karena layar AMOLED hanya menerangi piksel berwarna. Semakin gelap piksel yang sobat gunakan, semakin berkurang daya yang dipakai, sehingga baterai android semakin irit.

Jika sobat ingin mendownload wallpaper yang benar-benar hitam pekat untuk hemat baterai android, sobat bisa download wallpaper berikut ini.

cara membuat baterai android tahan lama

Setelah menyimpan wallpaper hitam sebagai cara menghemat baterai hp android, sobat bisa membuka setting >> display >> wallpaper >> home and lock screen >> Gallery. Kemudian cari gambar wallpaper hitam yang sudah sobat simpan. Selanjutnya, pilih opsi wallpaper & lockscreen. Namun begitu perlu sobat ketahui juga bahwa cara untuk melakukan pengaturan dari smartphone yang sobat miliki mungkin sedikit berbeda.

Aktifkan Doze Mode

Doze Mode atau Modus tidur telah muncul di android sejak OS Marshmallow, dan kemudian sejalan pengembangannya menjadi jauh lebih baik pada OS Nougat. Sebelumnya, Doze hanya akan bekerja ketika smartphone telah idle (tidak digunakan) untuk sementara waktu. Tapi sekarang, mode ini juga dapat bekerja ketika misalnya smartphone di dalam tas atau saku saat Sobat sedang di perjalanan.

Doze Mode pada dasarnya hanya akan menutup hal-hal yang tidak Sobat gunakan, tergantung pada berapa lama sejak Sobat menyentuh layar ponsel terakhir kali. koneksi jaringan internet akan otomatis terputus dan sinkronisasi hanya terjadi selama interval waktu tertentu. Ketika Sobat berada jauh dari ponsel Sobat lebih lama lagi, lebih banyak hal dihentikan, seperti GPS Wi-Fi, scanning, semua sinkronisasi dan lainnya.

Hindari Aktivasi Auto-sync

Matikan sinkronisasi otomatis untuk akun Google. Jika memiliki beberapa akun google dalam satu perangkat sementara sobat tidak terlalu perlu untuk update masing-masing akun setiap 15 menit, sobat perlu melakukan pengaturan terhadap akun gmail ini. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan >> akun (account) >> matikan auto sync satu persatu aplikasi yang tidak perlu terus menerus diperbaharui.

Karena pada beberapa aplikasi - seperti email misalnya- memungkinkan Sobat untuk melakukan sinkronasi secara manual saat Sobat memulai aplikasi, ketimbang menjalankan auto-refresh sepanjang hari ketika Sobat tidak membutuhkannya. Hal yang sama berlaku untuk Twitter, facebook, dan lainnya. Kecuali memang Sobat perlu update konstan atau push notifikasi (seperti Facebook atau kalender), sebisa mungkin lakukan sinkronisasi aplikasi hanya ketika Sobat benar-benar menggunakannya.

Atur Dont Disturb (jangan ganggu) atau Sleep Mode (waktu tidur)

Lakukan pengaturan Dont Disturb (jangan ganggu) atau Sleep Mode (waktu tidur) pada waktu tidur sobat. Banyak ponsel memiliki pengaturan Do Not Disturb, karena dengan mengatur waktu tidur atau modus blocking, sistem akan mematikan Wi-Fi dan data ponsel ketika sobat tidak membutuhkannya. Sobat dapat mengaturnya aktif pada malam hari saat jadwal sobat tidur ataupun jika ponsel pada dasarnya dilarang di tempat kerja, atur perangkat agar tidak berdering, bergetar atau terhubung ke internet saat Sobat sedang bekerja. untuk tujuan ini.

Demikian juga, Sobat dapat mengatur ponsel ke mode pesawat (airplane mode) ketika Sobat sedang tidur, di tempat kerja, sedang rapat atau bertemu dengan seseorang yang penting. Sobat juga dapat mencoba aplikasi keren seperti IFTTT yang memungkinkan Sobat melakukan pengaturan yang dapat membantu Sobat menghemat baterai juga.

Gunakan Sedikit Mungkin Widget

Widget yang tidak sobat perlukan, terutama yang terhubung ke internet, seperti widget cuaca (weather). Jika Sobat memiliki beberapa widget di layar home, yang terus-menerus melakukan sinkronisasi dan memperbarui (Twitter, reddit, cuaca, Gmail dan sejenisnya), ini juga akan menguras baterai. Buka saja aplikasi ketika Sobat membutuhkannya.

Jika Sobat sudah memiliki banyak widget yang berguna pada perangkat Sobat, maka Sobat hanya perlu menyeleksi ulang widget. Untuk menghapus atau menghilangkan widget, sobat dapat lakukan dengan menekan beberapa detik pada ruang kosong di layar rumah dan tarik widget yang tidak diperlukan ke tempat sampah di bagian atas atau bawah layar Sobat (tergantung pada merek).

Gunakan Greenify

Greenify tidak seperti banyak aplikasi Android yang hanya mengklaim dapat mengoptimalkan kinerja dan meningkatkan daya tahan baterai, namun kenyataannya tidak atau bahkan justru menguras baterai. Greenify benar-benar bisa mengoptimalisasi kerja android sehingga semua proses irit daya dan baterai android bisa awet tahan lama. Aplikasi irit baterai android ini memungkinkan Sobat untuk menempatkan aplikasi lain ke dalam hibernasi ketika tidak digunakan, yang dimaksudkan untuk mencegah banyaknya aplikasi yang beroperasi di latar belakang.

Aplikasi hemat baterai android ini akan membebaskan sumber daya sistem dan meningkatkan kinerja baterai, tetapi membutuhkan sedikit pengaturan yang sama sekali tidak rumit. Untuk membuat Greenify efektif, Sobat tidak hanya membuat setiap aplikasi diinstal melakukan hibernasi. Namun karena ada banyak aplikasi Android yang melakukan tindakan yang sobat sendiri tidak mengetahuinya, aplikasi ini adalah alat yang sangat berguna.

Greenify membantu dalam banyak situasi. Seperti ketika Sobat mungkin menggunakan aplikasi ecommerse seperti Amazon, blibli, lazada, kaskus, mataharimall, bhinneka, jakartanotebook, bukalapak, olx, tokopedia, blanja, atau lainnya yang digunakan hanya untuk melihat-lihat barang yang akan sobat beli secara online, akan tetapi tidak ingin aplikasi tersebut beroperasi di latar belakang atau mengirim notifikasi.

Dan mungkin ada aplikasi lain pada perangkat Android Sobat beroperasi di latar belakang tanpa alasan yang sobat inginkan. Greenify akan menghentikannya dengan mengirimkan aplikasi tersebut ke hibernasi, yang mengurangi dampaknya terhadap sistem, menghemat baterai sejalan dengan meningkatkan kinerja atau melakukan optimalisasi dan mempercepat sistem operasi android.

Matikan deteksi “OK Google”

Dengan mematikan deteksi “OK Google”, kerja ponsel Sobat dari selalu mendengarkan suara disekitar akan berhenti. Pencarian dengan suara “OK Google” memang merupakan fitur fantastis yang seringkali sangat fungsional. Namun masalahnya adalah bahwa aktivasi Google Hotwords dapat mendatangkan malapetaka pada daya tahan baterai android. Terutama jika Sobat tidak benar-benar menggunakannya ataupun hanya menggunakannya sesekali saja.

Untuk mematikannya, masuk ke pengaturan Google >> pilih Voice >> pilih deteksi OK Google (OK google Detection). Dalam menu ini, pilihan terbaik untuk hemat baterai adalah dengan menghilangkan semua tanda centang, tetapi jika Sobat adalah penggemar OK Google, hanya centang kotak dari aplikasi Google untuk memastikan perangkat Sobat hanya mendengarkan ketika Sobat membuka aplikasi Google.

Selalu Update Aplikasi

Selalu perbarui aplikasi Sobat, karena pastinya terdapat alasan bagi pengembang ketika terus-menerus memperbarui aplikasi, dan sebagian besar adalah untuk menambahkan fitur, menghemat memori atau optimasi baterai. Dengan senantiasa mengupdate aplikasi Sobat berarti Sobat mendapatkan optimasi terbaik yang tersedia. Demikian juga, menghapus aplikasi lama yang tidak lagi digunakan, karena mungkin saja aplikasi ini berjalan di latar belakang yang memangsa RAM dan baterai.

Meskipun sobat perlu untuk selalu update aplikasi, jangan aktifkan auto update aplikasi. Dengan menngupdate aplikasi secara manual sobat dapat memperhatikan hal-hal yang dirubah dengan update tersebut, dan keputusan untuk mengupdate berada di tangan sobat sendiri dan bukan ditangan pengembang aplikasi.

Setelah Sobat memastikan aplikasi up-to-date, Sobat dapat secara manual memeriksa apakah aplikasi tersebut telah dioptimalkan untuk daya tahan baterai. Ini dapat dilakukan denagn cukup cepat, yaitu masuk ke Settings dan tekan Battery. Dari sana tekan tombol menu (tiga titik di bagian kanan atas layar) dan masuk ke optimasi baterai . Disini Sobat dapat melihat aplikasi yang telah dioptimalkan. Perlu diketahui bahwa Sobat hanya dapat mengubah aplikasi sistem non-esensial.

Demikianlah Artikel WebKeren.Net bertajuk Cara Membuat Baterai Android Irit Awet Tahan Lama Paling Ampuh yang mencoba menjawab pertanyaan kenapa batrei hp cepat habis padahal masih baru ataupun sebagai upaya untuk menghemat baterai hp android paling ampuh pada android root maupun tanpa root dengan cara battery calibration (kalibrasi), menggunakan apk aplikasi hemat daya android, dan melakukan pengaturan baterai android kembali awet tahan lama untuk diterapkan pada android 4.4 kitkat, 5.0 lolipop, 6.0 marshmallow, maupun 7.0 nougat dan segala merk mulai dari asus, samsung, advan, lenovo, xiaomi, oppo, lg, dan lainnya. Meskipun keseluruhan artikel ini hanya membahas cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis agar baterai hp awet dan tahan lama yang dapat dilakukan sendiri oleh sobat, dan bukan memperbaiki baterai yang sudah bocor atau ngedrop.

Apakah ada tips irit batre android yang terlewat? Apa tips hemat baterai terbaik paling efektif menurut sobat sendiri? Mari berbagi dengan semuanya dengan menuliskannya di kolom komentar!

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: