Sejarah Tema dan Ucapan Hari AIDS Sedunia

Bagaimana kabar Sobat webkeren.Net? semoga senantiasa sehat dan bahagia. Sebagaimana judul, artikel ini akan mengulas mengenai Sejarah Latar Belakang Hari AIDS Sedunia (World AIDS Day) 1 Desember

Hari AIDS Sedunia telah menjadi salah satu hari kesehatan internasional yang paling diakui dan merupakan satu kesempatan kunci untuk meningkatkan kesadaran, mengenang mereka yang telah meninggal, dan merayakan kemenangan, seperti peningkatan akses ke layanan pengobatan dan pencegahan. UNAIDS memimpin pada berkampanye untuk Hari AIDS Sedunia dari penciptaan sampai 2004. Dari 2004 dan seterusnya Komite Pengarah Global Kampanye AIDS Sedunia mulai memilih tema untuk Hari AIDS Dunia konsultasi dengan masyarakat sipil, organisasi dan lembaga pemerintah yang terlibat dalam penanggulangan AIDS.
hari aids sedunia internasional world aids day 1 desember
Peringatan Hari AIDS Sedunia (World AIDS Day) 1 Desember
Hari AIDS Sedunia yang disebut juga Hari Aids Internasional ialah hari yang diperingati setiap tahun pada tanggal 1 Desember untuk menumbuhkembangkan kesadaran dan aksi nyata terhadap AIDS di seluruh daerah di dunia.

Yang dimaksud dengan Hari AIDS Sedunia (World AIDS Day) adalah hari yang diperingati setiap tahun pada tanggal 1 Desember. Hari ini diperuntukkan untuk meningkatkan kesadaran tentang virus HIV dan AIDS serta untuk meningkatkan dukungan bagi orang yang terinfeksi dan terkena dampak dari virus tersebut. Hari AIDS Sedunia juga digunakan untuk mengajak masyarakat untuk mengetahui lebih banyak tentang HIV dan AIDS, meningkatkan solidaritas dengan orang yang terinfeksi. Tujuan dari Hari AIDS Sedunia adalah untuk mengurangi stigma dan diskriminasi terhadap orang yang terinfeksi dan meningkatkan dukungan sosial dan kesehatan bagi mereka. 

Sekilas tentang AIDS

AIDS adalah singkatan dari Acquired Immunodeficiency Syndrome, atau Sindrom Kekebalan Tubuh yang Didapat. Ini adalah kondisi medis yang disebabkan oleh virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang menyebar melalui darah, cairan tubuh lainnya, atau melalui hubungan seksual. Virus HIV menyebar melalui sel-sel darah putih yang disebut sel T yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Ketika sel T terinfeksi, sistem kekebalan tubuh tidak dapat bekerja dengan baik, yang membuat orang yang terinfeksi lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit lain. AIDS adalah tahap akhir dari infeksi HIV, dan orang yang menderita AIDS memiliki risiko tinggi terkena infeksi yang serius dan kanker.

Proses terjadinya HIV adalah sebagai berikut:

  • Virus HIV menyebar melalui darah, cairan seksual, atau ASI dari seseorang yang terinfeksi.
  • Setelah masuk ke tubuh, virus HIV menempel pada sel-sel darah putih yang disebut sel T.
  • Virus kemudian menyusup ke dalam sel T dan mulai menyebar ke sel-sel lain di dalam tubuh.
  • Virus mengubah sel T menjadi virus yang baru, yang kemudian menyebar ke sel-sel lain.
  • Selama proses ini, virus HIV menghancurkan sel T yang penting bagi sistem kekebalan tubuh.
  • Selain itu, Virus HIV juga menyebar ke organ-organ lain, seperti hati, ginjal, dan sistem saraf, yang menyebabkan kerusakan pada organ-organ tersebut.
  • Selama beberapa tahun setelah infeksi awal, jumlah sel T yang terinfeksi akan menurun secara signifikan, yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah. Ini dapat menyebabkan orang yang terinfeksi menjadi lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit lain.
  • Jika tidak diobati, virus HIV akan menyebar dan menyebabkan AIDS (Sindrom Kekebalan Tubuh yang Didapat), yang merupakan tahap akhir dari infeksi HIV.
Proses yang lebih detil dapat sobat baca dari artikel ini

Hingga saat ini belum ada vaksin yang dapat mencegah infeksi HIV atau menyembuhkan AIDS. Beberapa perusahaan farmasi dan organisasi penelitian sedang mengembangkan vaksin HIV, namun masih dalam tahap uji coba klinis. Beberapa vaksin telah diuji dalam uji coba pada manusia, namun belum ditemukan vaksin yang dapat memberikan perlindungan yang cukup efektif terhadap infeksi HIV.

Beberapa vaksin yang sedang dikembangkan saat ini mencoba untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus HIV setelah infeksi terjadi. Namun, masih banyak tantangan yang harus diatasi dalam pengembangan vaksin ini.

Seperti halnya dengan vaksin lainnya, vaksin HIV juga harus melewati proses pengujian yang ketat dan melalui beberapa tahap uji coba klinis sebelum dapat digunakan secara luas. Namun, berbagai riset terus dilakukan untuk menemukan vaksin HIV yang efektif dan aman.

Sejarah Latar Belakang Hari AIDS Sedunia

James W. Bunn dan Thomas Netter, dua pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di World Health Organization (WHO) milik PBB di Jenewa, Swiss adalah Inisiator pertama Hari AIDS Sedunia. Hari AIDS Sedunia pertama kali dicetuskan oleh mereka pada Agustus 1987 dengan menyerukan peringatan hari aids oleh seluruh warga dunia.

Dalam perkembangannya kemudian ide guna memperingati hari Aids untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS digagas dalam Pertemuan antar Menteri Kesehatan Sedunia pada 1988 yang membahas mengenai program pencegahan AIDS. Sejak 1 Desember tahun 1988 inilah beragam organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia mulai memperingati Hari AIDS Sedunia setiap tanggal 1 Desember.

1 Desember dipilih sebagai Hari AIDS Sedunia karena pada tanggal tersebut pada tahun 1988, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNAIDS memutuskan untuk memperingatkan dunia tentang masalah AIDS yang sedang berkembang. Pemerintah, organisasi, dan individu di seluruh dunia digalakkan untuk mengambil tindakan dan menyediakan dukungan bagi orang yang terinfeksi dan terkena dampak dari virus HIV.

Pita merah digunakan sebagai lambang Hari AIDS Sedunia karena simbol ini dianggap sebagai lambang solidaritas dengan orang yang terinfeksi dan terkena dampak dari HIV dan AIDS. Pita merah juga dianggap sebagai lambang dari kesadaran dan perhatian terhadap masalah ini. Pita merah sering digunakan dalam aktivitas yang diadakan selama Hari AIDS Sedunia, seperti pemasangan di gedung-gedung publik dan acara khusus, untuk mengingatkan masyarakat tentang masalah ini dan mengajak mereka untuk berpartisipasi dalam upaya untuk mengatasinya.  

Hari AIDS Sedunia dirayakan dengan bermacam-macam aksi serta kegiatan sosial yang diselenggarakan oleh berbagai komunitas di seluruh dunia, yang biasanya berupa kampanye tentang bahaya, dampak, pencegahan penularan aids dan bagaimana memperlakukan Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) di berbagai tempat di ibukota masing-masing negara, hingga melakukan kegiatan amal untuk membantu meringankan beban materi maupun psikologis ODHA yang telah diserang virus mematikan itu. Hingga saat iini, belum satupun ilwuman di seluruh dunia yang menemukan teknik pengobatan HIV AIDS. Pokok pikirannya ialah seluruh komunitas internasional harus merasa memiliki kepentingan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya virus tesebut dengan tanpa mengucilkan ODHA.

Pada tahun 2016 UNAIDS telah mendefinisikan dan merumuskan jalur cepat guna mengakhiri AIDS dimana tujuannya yaitu untuk epidemi AIDS pada tahun 2030 sebagai bagian dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang tentunya membutuhkan percepatan investasi, komitmen dan inovasi yang akan mengubah kehidupan jutaan orang di seluruh dunia. Jalur cepat yang dimaksud adalah sebagai berikut.
  • Menempatkan beban investasi penanggulangan AIDS di depan.
  • Berfokus pada lokasi, populasi dan program yang memberikan dampak terbesar.
  • Mengkatalisis inovasi untuk orang-orang yang paling membutuhkannya.
  • Melibatkan kepemimpinan lokal untuk target, berkelanjutan dan akuntabel.
  • Menciptakan kemitraan baru.
  • Memegang teguh hak asasi manusia.
  • Memberikan hasil yang tidak menyisakan masalah di kemudian hari.

Tema Hari AIDS Sedunia

Tema Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap tahun pada tanggal 1 Desember diubah-ubah setiap tahunnya. Tema tersebut ditetapkan oleh UNAIDS (Joint United Nations Programme on HIV and AIDS) dan digunakan sebagai acuan untuk aktivitas kampanye dan komunikasi yang dilakukan oleh pemerintah, organisasi, dan individu di seluruh dunia.

Tema Hari AIDS Sedunia 2025 akan ditetapkan oleh UNAIDS (Joint United Nations Programme on HIV and AIDS) menjelang peringatan 1 desember
Tema Hari AIDS Sedunia 2024 akan ditetapkan oleh UNAIDS (Joint United Nations Programme on HIV and AIDS) menjelang peringatan 1 desember
Tema Hari AIDS Sedunia 2023 akan ditetapkan oleh UNAIDS (Joint United Nations Programme on HIV and AIDS) menjelang peringatan 1 desember

Beberapa tema Hari AIDS Sedunia di tahun-tahun sebelumnya antara lain:
Tema Hari AIDS Sedunia 2022 yaitu "Equalize"
Tema Hari AIDS Sedunia 2021 yakni "End Inegualities. End AIDS. End Pandemic"
Tema Hari AIDS Sedunia 2020 adalah "Global Solidarity, Shared Responsibility"
Tema Hari AIDS Sedunia 2019 yaitu "Communities make the difference"
Tema Hari AIDS Sedunia 2018 ialah "Know your status"
Tema Hari AIDS Sedunia 2017 yaitu "Right to health"
Tema Hari AIDS Sedunia 2016 adalah  "Hands up for #HIV prevention"
Tema Hari AIDS Sedunia 2015 ialah "On the fast-track to end AIDS"
Tema Hari AIDS Sedunia 2014 yakni "Focus, Partner, Achieve: An AIDS-free Generation"
Tema Hari AIDS Sedunia 2013 yaitu "Getting to Zero: Zero new HIV infections. Zero discrimination. Zero AIDS-related deaths."
Tema Hari AIDS Sedunia ditetapkan untuk mengajak masyarakat untuk menyadari dan mengambil tindakan untuk mengatasi masalah HIV dan AIDS. Tema tersebut juga digunakan untuk mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya untuk mengurangi stigma dan diskriminasi terhadap orang yang terinfeksi dan meningkatkan dukungan sosial dan kesehatan bagi mereka.

Ucapan Hari AIDS Sedunia

Ucapan Hari AIDS Sedunia bervariasi tergantung pihak yang menyampaikan. Namun, umumnya ucapan tersebut menyampaikan kesadaran dan dukungan terhadap masalah HIV dan AIDS serta upaya untuk mengatasinya. Beberapa contoh ucapan Hari AIDS Sedunia dapat seperti ini:
"Pada Hari AIDS Sedunia ini, kami menyatakan dukungan kami terhadap orang yang terinfeksi dan terkena dampak dari HIV dan AIDS, dan komitmen kami untuk mengambil tindakan untuk mengatasi masalah ini."
"Hari AIDS Sedunia adalah kesempatan untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah HIV dan AIDS dan untuk meningkatkan perlindungan bagi orang yang terkena dampak dari virus ini."
"Pada Hari AIDS Sedunia ini, mari kita bersama-sama bertekad untuk menghentikan penyebaran HIV dan meningkatkan kualitas hidup bagi orang yang terinfeksi."
"Pada Hari AIDS Sedunia ini, mari kita bersama-sama bertekad untuk mencapai akhir dari AIDS dan meningkatkan perlindungan bagi semua orang yang terkena dampak dari virus ini."
"Pada Hari AIDS Sedunia ini, mari kita bersama-sama bertekad untuk meningkatkan kesadaran dan dukungan sosial bagi orang yang terinfeksi dan terkena dampak dari HIV dan AIDS."
Ucapan Hari AIDS Sedunia diharapkan dapat memberikan dukungan dan kesadaran yang diperlukan untuk mengatasi masalah HIV dan AIDS.

Demikianlah teks artikel yang mengulas makalah berita opini jurnal pdf mengenai Sejarah Latar Belakang arti makna kata kalimat quote caption video foto aksi orasi pidato sambutan kampanye setiap kegiatan acara Hari AIDS Sedunia (World AIDS Day) tanggal 1 Desember dalam bahasa inggris yang diperingati secara nasional indonesia maupun di peringati international tahun ini yang bersumber dari situs resmi PBB dan Universitas Malahayati

Diharapkan dengan begitu membantu sobat yang sedang mencari foto quote makna kalimat kata video kampanye orasi pidato caption wallpaper gambar meme lambang image banner animasi logo quotes dalam bahasa inggris referensi artikel makalah berita opini cerita lagu jurnal pdf refleksi sejarah tema di tiap kegiatan event acara aksi perayaan peringatan memperingati hari aids internasional sedunia yang zaman dahulu lebih dikenal sebutan virus hiv tanggal 1 desember diperingati secara nasional indonesia maupun di peringati international tahun ini.

Semoga membantu sobat webkeren.Net yang sedang mencari referensi wallpaper gambar meme lambang image banner animasi logo quotes cerita lagu ucapan refleksi tema di tiap event perayaan peringatan memperingati hari aids internasional zaman dahulu lebih dikenal sebutan virus hiv.

Sebarkan artikel ini ke seluruh media sosial yang sobat miliki, dan ketik komentar di kotak yang tersedia!

Post a Comment for "Sejarah Tema dan Ucapan Hari AIDS Sedunia"