Film dan Lagu Edukasi Sejarah Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia (World Turtle Day) 23 Mei

Artikel webkeren.Net ini akan membahas mengenai Sejarah Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia (World Turtle Day) 23 Mei, Fakta seputar penyu laut, penyebab punahnya penyu, dan perayaan Hari Penyu dan Kura-kura di seluruh penjuru dunia.
Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia (World Turtle Day disingkat WTD) adalah hari yang dirayakan secara global di seluruh dunia pada tanggal 23 Mei setiap tahunnya. Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia pertamakali dirayakan pada tahun 2000 oleh American Tortoise Rescue dengan tujuan untuk menarik perhatian warga dunia terhadap keberadaan kura-kura dan penyu, meningkatkan pengetahuan dan menghormati eksistensi penyu dan kura-kura, dan mendorong semua pihak (negara, komunitas, sektor swasta, maupun individu secara luas) di seluruh daerah di dunia untuk membantu kura-kura dan penyu bertahan hidup dan berkembang serta menyelamatkan spesies kura-kura dan penyu yang terancam punah
film lagu edukasi sejarah hari penyu kura-kura sedunia world turtle day 23 mei


Kita sering mendengar kura-kura dijadikan perumpamaan bagi sesuatu yang lambat dan lamban, stabil dan metodis, dan kadang-kadang juga digambarkan dengan Ninjitsu, wartawan, dan pizza. Ya, Kura-kura adalah jenis reptil yang ada di banyak lingkungan melalui kata dan banyak ditemukan dalam sastra, puisi, dan perumpamaan di sepanjang sejarah dunia. Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia merupakan salah satu cara memuliakan dan menyediakan tempat bagi mereka di dunia, dan mendorong orang untuk mengambil tindakan untuk membantu melindungi, baik penyu yang menjadi hewan peliharaan umum maupun penyu yang terancam punah.

Meskipun 23 Mei ini didedikasikan untuk merayakan dan melindungi baik kura-kura maupun penyu bagi semua orang yang terlibat dan menyebarkan kesadaran tentang habitat yang semakin sempit dan populasi yang semakin menurun dari makhluk-makhluk yang sensitif ini, sobat juga perlu mengetahui bahwa kura-kura dan penyu tidaklah sama.

Sejarah Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia

Populasi Penyu di dunia sekarang ini terus menerus berkurang, yang diakibatkan oleh pembangunan yang merusak habitat asli mereka, peningkatan kebutuhan penyu sebagai makanan, dan tingginya perdagangan kura-kura sebagai hewan peliharaan. Selain itu, harapan hidup bayi dan telur penyu juga sangat rendah karena besarnya kemungkinan dimangsa oleh rakun, rubah, dan kepiting hantu. Jika tindakan-tindakan penyelamatan tidak segera dilakukan secepatnya mungkin penyu akan sirna dari muka bumi hanya dalam 50 tahun ke depan.

Alasan dipilihnya bulan Mei sebagai Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia ialah karena bulan Mei merupakan salah satu periode bulan tersibuk bagi para penyu. Diantaranya adalah seperti waktu penyu untuk bangun dari tidurnya di musim dingin, memulai pencarian pasangan, dan lokasi pantai untuk menyimpan telurnya.

Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia pertamakali dicetuskan oleh American Tortoise Rescue pada tahun 1990. Salah satu alasan penetapan hari ini adalah sebagai pengakuan bahwa kehidupan beberapa spesies penyu saat ini sedang menderita dan hampir berada di jurang kepunahan karena faktor bahaya lingkungan, perburuan, dan penetasan telur.

American Tortoise Rescue (ATR) ialah organisasi nirlaba (Lembaga swadaya masyarakat disingkat LSM) yang didirikan pada tahun 1990 untuk menyediakan perlindungan pada semua spesies kura-kura dan penyu. ATR yang berbasis di Malibu, California, adalah organisasi yang paling maju dalam kampanye dan praktik perawatan, penyelamatan dan perlindungan reptil kuno. Selain menempatkan lebih dari 1.000 penyu dan 2.000 kura-kura dalam perawatan di penangkaran penyu selama 25 tahun terakhir, ATR juga menyelamatkan hewan peliharaan yang ditinggalkan dan menawarkan saran untuk menjaga kura-kura yang sakit. ATR juga mempromosikan pendidikan penyu dan kura-kura, mendorong diskusi dan penelitian ke dalam praktek untuk menjaga hewan ini lebih lanjut.

ATR didirikan oleh Susan Tellem dan Mashall Thompson, sepasang suami-istri aktivis hewan yang memiliki gairah untuk memperhatikan dan melestarikan penyu. Mereka menganjurkan perlakuan yang manusiawi dari semua hewan, termasuk reptil. ATR membantu penegakan hukum ketika kura-kura terlalu kecil atau hampir punah disita dan memberikan informasi yang berguna dan arahan kepada orang-orang dengan kura-kura dan penyu yang sakit, diabaikan atau ditinggalkan. Susan sendiri terlibat aktif dalam seni televisi & pengetahuan dan relasi masyarakat publik di Amerika. Selain itu juga menjadi mitra Tellem Grody Humas Incorporated, organisasi yang mengumpulkan donasi dan karya di seluruh dunia untuk membantu melindungi makhluk yang luar biasa indah ini.

Selain ATR, ada juga Turtle and Tortoise Preservation Group (TTPG), sebuah organisasi yang terbuka untuk semua orang tertarik pada kesejahteraan chelonians. TTPG didirikan untuk membantu memastikan kelangsungan hidup spesies penyu dan kura-kura di dunia. Pada tahun 2013, sudah lebih dari 160 rencana pembelajaran dan bahan ajar Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia yang dikirim ke ruang kelas untuk digunakan lebih dari 5.500 siswa secara gratis oleh lembaga non-profit yang didirikan pada tahun 1996 ini.

Fakta seputar Keistimewaan Penyu Laut

Berikut ini adalah beberapa fakta keistimewaan penyu laut yang diambil dari tulisan +Arifsyah M Nasution bertajuk Selamat Hari Penyu Sedunia yang dimuat di situs green peace Indonesia.
  1. Penyu memiliki umur yang panjang dan termasuk hewan yang sangat tua. Penyu telah ada di bumi sejak 110 juta tahun yang lalu.
  2. Penyu laut ialah petualang lautan. Penyu Betina pulang ke pantai tempat mereka menyimpan telurnya, namun penyu jantan tidak memiliki kepentingan untuk pulang ke daratan.
  3. Penyu mampu netrallisir racun dalam makanan. Penyu secara umum mengkonsumsi semua makanan yang tersedia di laut, namun begitu beberapa spesies hanya memakan makanan tertentu saja. Seperti diantaranya Penyu Belimbing yang menggemari ubur-ubur dan Penyu sisik yang menjadikan sponge sebagai makanan favorit. Uniknya, baik Penyu Belimbing maupun Penyu sisik memiliki kemampuan adaptasi terhadap sengat dan racun yang terdapat dalam makanannya.
  4. Penyu memiliki Kepala yang besar dan kuat. Penyu tempayan (Loggerhead turtles) mempunyai kepala yang besar & kuat, yang berguna untuk menghancurkan kerang.
  5. Penyu mudah beradaptasi dengan lingkungan. Penyu Belimbing dapat bepergian hingga ratusan ribu kilometer setiap tahun untuk mencari makanan dan menyelam sedalam 1200 meter sampai ke dasar laut. Selain itu mereka mampu beradaptasi dengan air dingin dan masuk dalam kategori hewan berdarah panas dengan lapisan lemak yang cukup tebal.
  6. Ukuran Penyu Belimbing sangatlah besar, seperti yang ditemukan terdampar di pantai di Wales dimana panjangnya mencapai 2,2 meter. Uniknya, bayi Penyu Belimbing hanya seukuran bola pingpong ketika dilahirkan.
  7. Penyu sering Berhadapan dengan Predator. Induk penyu belimbing yang akan naik ke darat untuk menyimpan telurnya di pantai sangat rentan terhadap serangan predator. Seperti diantaranya jaguar yang sering berkeliaran mencari mangsa di pantai di Amerika Selatan. Selain itu, karena telur Penyu Belimbing disimpan dalam pasir pantai, ketika menetas mereka harus berhadapan dengan hewan darat seperti kucing, monyet, dan lainnya. Serta dalam perjalanan mereka ke tengah laut bayi-bayi penyu yang mungil dan lucu ini juga harus berhadapan dengan predator.
  8. Penyu sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Penyu yang mengkonsumsi ganggang menjaga kelestarian terumbu karang (sementara terumbu karang juga diperlukan untuk menjaga ekosistem dunia), begitupula penyu yang mengkonsumsi ubur-ubur membantu manusia menjaga pantai tetap aman untuk aktifitasnya.
  9. Kura-kura ninja bukan penyu!
    Kura-kura Ninja termasuk dalam jenis kura-kura terrapin dan bukanlah merupakan penyu.

Penyebab Punahnya Penyu

Terdapat banyak hambatan bagi penyu untuk bertahan hidup, dengan beragam ancaman yang mengintai bahkan sejak masih berupa telur. Sebanyak 6 dari 7 spesies penyu di dunia kini masuk klasifikasi satwa terancam punah yang ditengarai merupakan dampak buruk dari aktifitas manusia. Karena itulah aktifis lingkungan senantiasa berkampanye dengan tujuan untuk perlindungan dan konservasi hewan laut yang semakin baik kedepannya. Sebagaimana dimuat National Geographic Indonesia, berikut ini beberapa penyebab kepunahan penyu di seluruh dunia.

1. Penyu di Buru untuk Kepentingan Bisnis

Bisnis Jual Beli Karapas. Karapas atau carapace merupakan bagian tubuh penyu bagian atas dilindungi oleh cangkang.

Meskipun perdagangan seluruh spesies penyu termasuk semua bagian tubuhnya sudah dilarang oleh Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Fauna dan Flora Liar Terancam Punah, Penyu masih saja di buru untuk konsumsi, pengobatan, sampai dengan bahan baku hiasan.

Daging dan telur penyu dijadikan sebagai makanan untuk konsumsi manusia, bahkan menjadi sumber pendapatan masyarakat di banyak negara. Selain itu bagian tubuh Penyu juga sering di buru untuk meracik obat-obatan tradisional.

Lebih parah lagi, sejak dahulu kala penyu sudah di buru hanya untuk diambil karapasnya untuk dijadikan sebagai hiasan maupun hal lainnya. Ini terjadi hanya karena karapas spesies penyu sisik sangatlah unik sehingga sangat disukai dan banyak di buru. Meskipun perdagangan jual beli karapas penyu telah ditetapkan sebagai perbuatan melanggar hukum, masih banyak orang yang terus melakukan praktik perburuan yang otomatis membuat penyu sisik terancam punah.

2. Terjadinya Perubahan Iklim

Perubahan iklim yang terjadi sekarang ini mempengaruhi kelangsungan hidup penyu secara signifikan, termasuk pada jenis kelamin keturunan penyu. Ini dikarenakan perubahan iklim menjadikan suhu lingkungan menjadi lebih hangat, sementara jika suhu hangat akan lebih banyak penyu betina yang menetas dari telur penyu. Sehingga kondisi ini mengganggu rasio jenis kelamin yang ideal, mengurangi kesempatan reproduksi alamiah, dan menurunkan kemungkinan keragaman penyu secara genetik.

Tidak hanya itu, perubahan iklim juga menyebabkan pencairan es kutub dan meningkatnya permukaan laut yang kemudian mengurangi habitat pesisir penyu karena ruang pantai tempat penyu bersarang menyempit.

Perayaan Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia

Hari kura-kura dan penyu sedunia dirayakan di seluruh penjuru bumi dengan beragam cara. Jika sobat kebingungan dan masih belum menemukan cara untuk merayakan Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia, sobat dapat mengunjungi situs http://www.worldturtleday.org/ untuk mencari tahu apa yang dapat sobat lakukan di daerah sobat untuk membantu mempromosikan perlindungan penyu. Jika tidak ada kegiatan di daerah sobat, sobat dapat mengetahui apa yang dapat dilakukan dengan berkoordinasi dengan penangkaran lokal, toko hewan peliharaan, dan kelompok alam untuk fokus pada spesies reptil ini yang hidup di sekitar sobat.

Sebagai referensi, sobat juga dapat merayakan hari penyu ini dengan melakukan hal-hal umum yang dilakukan oleh banyak orang lain di seluruh dunia seperti berikut.
  • Kegiatan penelitian mengenai kehidupan kura-kura dan penyu;
  • Menginisiasi gerakan sosial yang berkaitan dengan kura-kura dan penyu;
  • Aktifitas menyelamatkan penyu yang tertangkap;
  • Melepaskan penyu ke pantai.
  • Merencanakan bahan dan proses pembelajaran mengenai kehidupan kura-kura dan penyu di kelas;
  • Pembuatan kerajinan tangan berbentuk kura-kura dan penyu;
  • Berdandan dan berbusana layaknya kura-kura atau mengenakan pakaian berwarna hijau.
Sebagaimana anjuran greenpeace Indonesia, untuk melindungi penyu dari kepunahan kita harus melakukan perubahan metode penangkapan ikan di laut, melindungi kawasan wilayah dimana penyu bertelur, dan menjaga kebersihan laut dengan tidak membuang sampah sembarangan. Karena sampah plastik di laut menyerupai ubur-ubur sehingga menarik penyu untuk memakannya dan itu berbahaya bagi dirinya, rintangan dari manusia ataupun makhluk hidup lainnya di lokasi penyu bertelur (misalnya dengan menjadikannya tujuan wisata) juga merugikan penyu dan membawa mereka menuju kepunahan, telebih ketika manusia mengkonsumsi penyu.
bahaya makan daging bagian tubuh penyu halal apa haram menurut islam cara membedakan merawat kura kura darat dan air tawar harga jual beli bulus brazil lebih rendah murah beracun manfaat khasiat bagi ekosistem dan kesehatan kandungan gizi di indonesia hidup berasal dari daerah tempat populasi jenis jenis, ciri ciri, klasifikasi, habitat, makanan penyu laut, penyu hijau, penyu lekang (nama latin nya adalah lepidochelys olivacea), penyu sisik (eretmochelys imbricata), penyu pipih, penyu tempayan, penyu belimbing

Sumber: worldturtleday http://www.worldturtleday.org/
wikipedia https://en.wikipedia.org/wiki/World_Turtle_Day
daysoftheyear https://www.daysoftheyear.com/days/turtle-day/

Baca Juga: Fakta dan Perbedaan Kura-Kura dengan Penyu

Ide Peringatan Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia (World Turtle Day) 23 Mei

Sobat dapat melakukan banyak aktivitas dalam peringatan Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia (World Turtle Day) 23 Mei. Salah satu diantaranya adalah dengan menonton fil dan mendengarkan musik terkait keberlangsungan hidup penyu dan kura-kura. Aktivitas ini dapat sobat lakukan secara pribadi maupun dilakukan dalam kelompok sosial sobat.

Lagu Edukasi Senyum Penyu Menjaga Habitat dari Kepunahan

Sobat mungkin sudah mengetahui lagu penyu menangis dari Album Kul it! yang dinyanyikan oleh Sudirman Arshad yang dirilis tahun 1986. Lalu sedang mencari daftar kumpulan video youtube mp3 lagu 2 pop jadul anak anak indonesia bahasa inggris yang mendidik & menginspirasi yang gratis di download untuk menghafal pelajaran lewat jawaban lagu yang mengandung inspirasi dan semangat motivasi untuk pelajar / siswa pandai teladan juara kelas sejati lintas negara. Karena itulah webkeren.net akan menyajikan lagu penyu yang mungkin sobat belum tahu, yaitu "Senyum Penyu, Senyum Kita" yang cocok digunakan oleh dewasa maupun anak tk untuk pembelajaran menyayangi penyu.

Dalam rangka peringatan Hari Penyu Sedunia tahun 2013 WWF Malaysia memberikan penghormatan kepada makhluk purba di dunia dan salah satu spesies ikonik Malaysia melalui produksi lagu asli berjudul 'Senyum Penyu, Senyu Kita' di bawah produksi Warner Music Malaysia. Lagu ini dinyanyikan oleh Asmidar, diproduksi oleh Kamrul Hussin @ Waklong, komposer dan aransemen oleh Ijan (Perkusi), Lirik diciptakan oleh Arina Amin.

Berikut ini adalah video youtube "Senyum Penyu, Senyum Kita" yang dapat sobat tonton online secara gratis.


Sementara lirik dari lagu "Senyum Penyu, Senyum Kita" tersebut adalah sebagai berikut.

Wahai teman semua
Hayati bersama
Tentang penyu kita
Si penawan dua dunia
Pelbagai Jenis ada
Ciptaan yang Maha Esa
Berjuta tahun wujudnya
Kian lama merentas masa

Ke sini,
Ke sana,
Seluas lautan mereka teroka
Menghias alam penuh ceria
Lagak renangnya penuh gembira
Beribu batu merantau dewasa
Kembali mereka ke darat semula
Menyambung warisan penyeri dunia

Korus:

Lihatlah mereka
Si kecil yang besar jiwanya
Gigih berlari tatkala melihat dunia
Mahu pulang ke lautan semula
Mencari cabaran jelajah sulungnya

Ayuh kawan, teman, insan semua
Ganding tangan
Sulam cinta padu usaha
Usah mereka ditindas manusia
Usah mereka pupus dari dunia

Ayuh jadilah pejuang penyu!
Ayuh beri mereka kebebasan
Sematkan cinta penyu kita
Jangan luput dari ingatan
Jangan putus arus warisan mereka

Sayangi penyu kita
Cintai penyu kita
Kasihnya mereka
Pengubat dunia
Senyum mereka
Senyum kita

Ke sini,Ke sana,
Seluas lautan mereka teroka
Menghias alam penuh bermakna
Lagak renang yang serba ceria
Beribu batu merantau dewasa
Kembali mereka ke darat semula
Menyambung warisan penyeri dunia

Korus:
Lihatlah mereka
Si kecil yang besar jiwanya
Gigih berlari tatkala melihat dunia
Mahu pulang ke lautan semula
Mencari cabaran jelajah sulungnya

Ayuh kawan, teman, insan semua
Gandeng tangan
Sulam cinta padu usaha
Usah mereka ditindas manusia
Usah mereka pupus dari dunia

Sayangi penyu kita
cintai penyu kita
kasihnya mereka
pengubat dunia
senyum mereka
senyum kita

Itulah video youtube mp3 lagu penyu dengan judul "Senyum Penyu, Senyum Kita" beserta liriknya yang cocok digunakan oleh dewasa maupun daftar lagu anak anak tk untuk pembelajaran menyayangi penyu. Semoga membantu sobat yang sedang mencari lagu 2 pop jadul anak anak indonesia bahasa inggris yang mendidik & menginspirasi yang gratis di download untuk menghafal kumpulan pelajaran lewat jawaban lagu yang mengandung inspirasi dan semangat motivasi untuk pelajar / siswa pandai teladan juara kelas sejati lintas negara.

Film Dokumenter Edukasi Pelestarian Penyu : A Sea Turtle Story


Film Dokumenter Edukasi anak, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum mengenai pelestarian Penyu : A Sea Turtle Story. Jika sobat mengunjungi wahana Sea World di Taman Impian Jaya Ancol yang terletak di Jakarta Utara, Indonesia, mungkin sobat pernah menonton film ini. arena memang film ini dijadikan andalan untuk diputar di sarana bioskop yang melakukan pemutaran film dokumenter.
Film animasi animasi dengan durasi pendek 10 menit-an yang indah ini menangkap siklus hidup penyu sebagai salah satu spesies terancam punah. Film ini menggambarkan keindahan ekosistem penyu namun sekaligus juga menceritakan kisah yang sangat dramatis. Penyu menghadapi perjalanan berbahaya di pantai dan di laut, perjalanan yang penuh dengan ancaman dari hewan dan manusia. Selama malam hari induk penyu menggali lubang di pantai tropis dan meletakkan telurnya di pasir. Dengan begitu bayi penyu memulai hidupnya dengan perjalanan berbahaya karena rawan serangan predator seperti kepiting, burung dan ikan hiu. Rata-rata hanya 1 dari 1000 penyu yang dapat bertahan hidup hingga dewasa.
Film A Sea Turtle Story sekaligus juga merupakan film yang membuat sutradaranya, Kathy Shultz mulai dikenal oleh insan perfilm-an dan masyarakat secara luas. Proyek film pendek ini dimulai dari sebuah buku anak-anak mengenai kura-kura laut berdasarkan pengalamannya bekerja dengan ahli biologi dan konservasi di India dan Asia Tenggara. Kathy saat ini tinggal di Toronto, di mana dia juga mengajarkan animasi untuk anak-anak muda dan sedang mengembangkan proyek film interaktif tentang Kermode Bear of Great Bear Rainforest di SM.

Film yang dirilis pada 10 April 2012 di Kanada dan diproduksi oleh Dewan Film Nasional Kanada (National Film Board of Canada disingkat NFB) dan mendapatkan rating IMDB 8,1/10 ini cocok untuk ditonton oleh pemirsa dari semua kalangan, dan untuk mengajar orangtua, pemuda dan anak-anak mengenai makhluk yang menarik di laut. Film ini juga cocok digunakan sebagai bahan edukasi anak-anak usia 5-10 tahun untuk peduli dengan penyu dan memberikan pemahaman sejak dini perihal pentingnya pelestarian habitat bawah laut yang semakin langka. Film ini juga cocok ditonton dalam peringatan Hari Kura-kura dan Penyu Sedunia baik di sekolah, kampus, maupun lingkungan sekitar.

Sobat dapat menonton film A Sea Turtle Story tersebut disini atau download gratis dengan menggunakan program video downloader yang banyak tersedia di dunia maya ini.

Tag tambahan : lomba festival film pendek sma 2017 terbaru lagu soundtrack mp3 penyu sammy adventure / sammy’s adventures california dreamin' love will find a way happy people full movie free download perbedaan persamaan penyu dan kura kura
PENULIS & SUTRADARA : Kathy Shultz
PRODUSEN : Silva Basmajian
Sinematografi : Andrew Sneyd
ANIMASI : Evan DeRushie
PENGARAH SENI : Winston Hacking
KOMPOSER MUSIK : Zach Kellum, Kurt Firla
EDITOR : Marcus Matyas
SOUND EDITOR : Alex Bullock
KONSULTAN PENYU : April Stevens

Ringkasan Film A Sea Turtle Story

Dahulu kala, di lautan yang jauh, hiduplah seekor penyu kecil bernama Timmy. Timmy lahir di pantai berpasir yang indah, dan begitu menetas, dia memulai perjalanannya ke laut. Tapi, Timmy kecil tidak sendiri, masih banyak tukik penyu lainnya yang menuju ke laut juga.

Saat mereka semua bergegas menuju tepi air, mereka menemui banyak rintangan. Burung menukik ke bawah untuk merebutnya, kepiting bergegas keluar dari lubangnya untuk menangkapnya, dan matahari menyinari mereka tanpa ampun. Namun, Timmy dan kawan-kawannya tetap bertahan, bertekad untuk mencapai laut.

Akhirnya, mereka berhasil mencapai tepi air, dan Timmy terjun ke air yang jernih dan sejuk. Dia berenang dan berenang, semakin jauh ke laut. Dia bertemu banyak makhluk berbeda di sepanjang jalan, ada yang ramah, dan ada yang tidak. Namun, Timmy belajar mengarungi lautan, dan akhirnya tumbuh menjadi penyu laut yang kuat dan bijaksana.

Tahun-tahun berlalu, dan Timmy memutuskan sudah waktunya untuk kembali ke pantai tempat ia dilahirkan. Ketika dia akhirnya kembali, dia menemukan bahwa pantai itu tidak seindah yang dia ingat. Kantong plastik dan sampah lainnya mengotori pasir, dan hanya ada sedikit tukik penyu yang terlihat. Timmy tahu bahwa dia harus melakukan sesuatu untuk membantu melindungi rumahnya dan sesama penyu.

Maka, Timmy mulai mengedukasi masyarakat yang berkunjung ke pantai itu tentang pentingnya menjaga kebersihan dan tidak mengganggu sarang penyu. Dia juga bekerja dengan kelompok konservasi lokal untuk melindungi tukik penyu dan habitatnya. Berkat usaha Timmy, pantai segera bersih dan aman bagi penyu lagi.

Dan, Timmy hidup bahagia selamanya, mengetahui bahwa dia telah membuat perbedaan di dunia dan membantu melindungi penyu dan rumah samudra mereka.

Tamat.

Film Dokumenter Edukasi anak, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum mengenai pelestarian Penyu : A Sea Turtle Story yang sesuai untuk ditonton semua kalangan baik di sekolah, kampus, maupun lingkungan sekitar.

Sampai disini artikel webkeren.Net yang membahas mengenai Sejarah Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia (World Turtle Day) 23 Mei, Fakta seputar penyu laut, penyebab punahnya penyu, dan perayaan Hari Penyu dan Kura-kura di seluruh penjuru dunia. Semoga bermanfaat untuk kita semua dalam pengetahuan mengenai kura-kura dan penyu.

Share artikel ini ke media sosial sobat supaya orang-orang yang peduli terhadap penyu dan kura-kura semakin bertambah. Tuliskan juga komentar sobat mengenai perbedaan dan fakta kura-kura dan penyu di kolom yang tersedia.

Post a Comment for "Film dan Lagu Edukasi Sejarah Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia (World Turtle Day) 23 Mei"