Maksud Hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day)

 Kapan Hari Penglihatan Sedunia?

Hari Penglihatan Sedunia adalah hari yang diperingati setiap tahun pada Kamis kedua di bulan Oktober sejak tahun 2013. Tujuannya adalah untuk memusatkan perhatian global terhadap kebutaan dan gangguan penglihatan. Maksud Hari ini diadakan adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah penglihatan dan meningkatkan akses terhadap perawatan mata yang baik di seluruh dunia. Hari ini juga digunakan untuk mengumpulkan dana untuk membantu orang-orang yang menderita kondisi mata dan masalah penglihatan di negara-negara berkembang.
Banyak sobat webkeren.Net yg mencari daftar di wikipedia atau google doodle kalender jatuh pada tanggal berapa hari besar penting peringatan untuk memperingati kesehatan penglihatan mata (bahasa inggris world sight day in english) dunia internasional sedunia nasional Indonesia beserta apa tema lomba dan pameran diperingatinya acara tahun ini di tingkat daerah seperti palembang, semarang, lombok tengah, jakarta, sumatra barat, jawa barat, makasar, makassar, palangkaraya, jawa timur, sumsel. Karena itulah kali ini akan dibahas secara singkat tentang Hari Penglihatan Sedunia.Hari Penglihatan Dunia dikoordinasikan oleh Lembaga Internasional untuk Pencegahan kebutaan (International Agency for the Prevention of Blindness disingkat IAPB) bawah Visi Inisiatif Global 2020. Tema, dan bahan pokok tertentu yang dihasilkan oleh IAPB. Semua acara yang diselenggarakan secara mandiri oleh anggota dan organisasi pendukungnya. Rencana Aksi Global WHO dan IAPB mendorong anggota dan mitra untuk melanjutkan tema bergulir setiap tahunnya.

hari penglihatan sedunia internasional nasional
Peringatan Hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day)

Tujuan Peringatan Hari Penglihatan Sedunia

Hari Penglihatan Dunia (World Sight Day & disingkat WSD) ialah hari peringatan tahunan yang diperingati pada hari Kamis kedua bulan Oktober. Tujuan peringatan Hari Penglihatan Dunia adalah untuk memusatkan perhatian global terhadap kebutaan dan gangguan penglihatan.

Kesehatan mata sangat penting karena mata adalah salah satu organ penting dalam tubuh yang memungkinkan kita untuk melihat dan mengeksplorasi dunia di sekitar kita. Masalah penglihatan dapat menyebabkan kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti membaca, bekerja di depan komputer, atau berkendara mobil. Selain itu, masalah penglihatan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan mental seperti depresi dan stres. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan mata dengan cara-cara seperti memakai pelindung mata saat bekerja di depan komputer, mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi penting untuk mata, dan menjaga berat badan yang sehat. Juga, periksa mata secara berkala ke dokter mata untuk mengetahui kondisi mata dan mencegah masalah penglihatan yang mungkin tidak diketahui.

Pesan Kunci yang terkandung dalam Peringatan Hari Penglihatan Dunia ini adalah sebagai berikut.
  • Sekitar 285 juta orang di seluruh dunia hidup dengan low vision dan kebutaan
  • Dari jumlah tersebut, 39 juta orang buta dan 246 juta memiliki gangguan penglihatan sedang atau berat
  • 90% dari orang buta tinggal di negara-negara berpenghasilan rendah
  • Namun 80% dari tunanetra dapat dihindari - yaitu mudah diobati dan / atau dicegah
  • Restorasi penglihatan, dan strategi pencegahan kebutaan adalah salah satu intervensi yang paling efektif dalam perawatan kesehatan
  • Jumlah orang yang buta dari penyebab infeksi telah sangat berkurang dalam 20 tahun terakhir
  • Diperkirakan 19 juta anak-anak tuna netra
  • Sekitar 65% dari semua orang yang tuna netra berusia 50 dan lebih tua, sedangkan kelompok usia ini terdiri hanya 20% dari populasi dunia
  • Peningkatan populasi lansia di banyak negara berarti bahwa lebih banyak orang akan berada pada risiko gangguan penglihatan yang berkaitan dengan usia.

Tema Hari Penglihatan Sedunia 2023

Hari Penglihatan Sedunia sering diperingati dengan tema tertentu setiap tahun. Untuk perayaan tahun ini, IAPB memutuskan untuk melanjutkan tema tahun sebelumnya untuk merayakan kesuksesan kampanye yang diluncurkan dengan tema tersebut. Oleh karena itu, tahun lalu tema Hari Penglihatan Sedunia adalah #LoveYourEyes atau Cintai Matamu
Hari Penglihatan Sedunia 2017 tanggal berapa hari penglihatan sedunia hari penglihatan sedunia tanggal hari mata internasional hari mata sedunia 2017 hari mata nasional world sight day 9 mei hari apa Hari Penglihatan dunia Hari Penglihatan internasional Hari Penglihatan nasional Hari Penglihatan Indonesia 2018 hari besar penting 2019 daftar 2020 2021 wikipedia 2022 atau google doodle 2023 kalender 2024 jatuh pada tanggal berapa 2025 penglihatan mata (bahasa inggris world sight day in english) dunia internasional sedunia nasional Indonesia beserta apa tema lomba dan pameran diperingatinya acara tahun ini di tingkat daerah seperti palembang, semarang, lombok tengah, jakarta,, makasar, makassar, palangkaraya, jawa timur, sumsel upin ipin malaysia oktober nya musik zodiak kelahiran pangan adalah 9 mei 22 mei keuskupan agung 2026 2027 2028 peringatan untuk memperingati kesehatan 2029, sumatra barat 2030 jawa barat 2031 2032 2033 2034 2035 2036 2037 2038 2039 2040 2041 2042 2043 2044 2045 2046 2047 2048 2049 2050
Demikianlah pembahasan singkat tentang Hari Penglihatan Sedunia yang bersumber dari situs IAPB https://www.iapb.org/advocacy/world-sight-day. Semoga membantu sobat webkeren.Net yg mencari daftar di wikipedia atau google doodle kalender jatuh pada tanggal berapa hari besar penting peringatan untuk memperingati kesehatan penglihatan mata (bahasa inggris world sight day in english) dunia internasional sedunia nasional Indonesia beserta apa tema lomba dan pameran diperingatinya acara tahun ini di tingkat daerah seperti palembang, semarang, lombok tengah, jakarta, sumatra barat, jawa barat, makasar, makassar, palangkaraya, jawa timur, sumsel.

Selamat Hari Penglihatan Sedunia! Bagikan artikel ini ke teman yang lain dan Ketik unek-unek sobat di kolom komentar!

Post a Comment for "Maksud Hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day)"