Vivo Luncurkan Funtouch OS 13 Berbasis Android 13, Apa Kelebihannya?

Sebagaimana WebKeren.Net dapatkan dari website resminya, Vivo telah secara resmi meluncurkan Funtouch OS 13 baru untuk pengguna global. Berdasarkan Android 13 yang baru dirilis, sistem operasi yang ditingkatkan ini menggabungkan nilai berbasis desain vivo dengan opsi personalisasi baru dan lebih baik, fitur privasi dan keamanan yang ditingkatkan, dan fitur kontrol baru untuk pengalaman yang lebih lancar dan tanpa gangguan. vivo tidak hanya berupaya memberikan pengalaman yang mudah bagi pengguna, tetapi juga berupaya memungkinkan untuk mengekspresikan kreativitas dan keunikan Sobat melalui hp vivo.

Funtouch OS adalah sistem operasi berbasis Android yang dikembangkan oleh Vivo untuk smartphone-nya. Ini dirancang untuk memberikan pengguna dengan pengalaman yang unik dan dipersonalisasi di perangkat vivo.

Vivo Luncurkan Funtouch OS 13 Berbasis Android 13, Apa Kelebihannya?


Funtouch OS menampilkan sejumlah kustomisasi dan fitur tambahan yang tidak ditemukan dalam stock Android, seperti:

  • Antarmuka pengguna kustom dengan tema dan wallpaper unik.
  • Asisten AI Vivo, Jovi, yang menawarkan berbagai fitur seperti perintah suara dan pengaturan personalisasi.
  • Sistem navigasi berbasis gestur yang disebut Smart Wake yang memungkinkan pengguna untuk mengakses fitur dan aplikasi yang berbeda menggunakan gestur sederhana.
  • Sejumlah fitur kamera tambahan seperti perbaikan berbasis AI dan mode profesional untuk fotografi yang lebih maju.
  • Berbagai optimisasi sistem untuk kinerja dan daya tahan baterai.
  • Sejumlah fitur tambahan seperti tampilan selalu-aktif dan Super Night mode.

Funtouch OS diperbarui secara berkala oleh Vivo untuk memperbaiki bug dan menambahkan fitur baru, versi terbarunya adalah Funtouch OS 13 yang didasarkan pada Android 13.

Kelebihan Funtouch OS 13

Berikut ini fitur-fitur baru yang disematkan pada HP vivo android 13 (Funtouch OS 13)

Tambahkan sentuhan personalisasi ke layar

Funtouch OS 13 memungkinkan pengguna lebih banyak kontrol visual dari layar beranda. Dengan fitur ikon monokrom, pengguna kini dapat mengubah warna ikon layar beranda agar sesuai dengan wallpaper, sistem, dan antarmuka aplikasi, benar-benar membuka kreativitas dan ekspresi diri.

FunTouchOS 13 menghadirkan lebih banyak opsi tema warna di pengaturan. Pembaruan sebenarnya memungkinkan Sobat memilih antara delapan palet warna dari wallpaper dan sekumpulan warna prasetel dengan beberapa warna ganda juga. Tema warna sekarang berlaku jauh lebih baik di seluruh sistem UI.

Selain itu, sistem baru ini memungkinkan pengguna menyesuaikan warna pada UI sistem dan aplikasi bawaan, termasuk panel notifikasi, kontrol volume, kalkulator, dan jam. Itu dapat memanfaatkan warna dari wallpaper dan tema pilihan pengguna untuk menentukan warna yang sesuai, menerapkannya ke antarmuka aplikasi untuk mengubah perangkat dengan tampilan dan nuansa yang lebih personal.


Perlindungan dan keamanan lebih lanjut

Fitur penyematan aplikasi baru membantu menjaga keamanan data sensitif, memberi pengguna ketenangan pikiran yang lebih besar terkait keamanan dan privasi. Saat orang lain menggunakan hp, fungsi penyematan dua tingkat membuat aplikasi yang dipilih tetap terlihat dan mencegah akses ke aplikasi lain di hp. Fitur ini memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar, memungkinkan pemilik untuk mengatur parameter dan mengontrol tindakan yang diperbolehkan dalam aplikasi yang disematkan saat orang lain menggunakan hp tersebut. 

Pembaruan ini juga memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan foto dan video serta secara selektif memilih berbagai akses aplikasi ke foto tertentu, sehingga mencegah tampilan yang tidak diinginkan pada hp  dan semakin meningkatkan perlindungan privasi.

FunTouchOS 13 memungkinkan Sobat menyembunyikan foto di galeri. Sobat sekarang dapat menyembunyikan foto dan video di galeri dan menguncinya dengan kata sandi. Fitur ini berguna saat Sobat ingin menyembunyikan foto pribadi dan mencegahnya agar tidak terlihat oleh orang lain secara tidak sengaja.


Kontrol yang disempurnakan dan fitur yang mudah digunakan untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik

Untuk menciptakan pengalaman yang lebih ramping bagi pengguna vivo, Funtouch OS 13 juga menghadirkan manajemen aplikasi yang ditingkatkan, iManager, yang secara khusus dapat membantu memantau waktu penggunaan aplikasi. Jika penggunaan CPU terlalu tinggi, pengguna dapat mematikan aplikasi tersebut dengan satu ketukan. iManager juga dapat mencegah panas berlebih dengan mengurangi jumlah aplikasi aktif dan menyesuaikan frekuensi CPU berdasarkan fitur Pendinginan telepon.

Selain pembaruan cuaca, dasbor juga menampilkan kartu AQI untuk pengguna yang sadar kesehatan yang ingin langsung memeriksa informasi terbaru terkait kualitas udara dengan indeks PM2.5 terperinci yang tersedia.

Dengan pengalaman fotografi ponsel premium vivo yang terkenal, pembaruan foto dan video baru diharapkan. Jendela bidik profesional membuat fotografi lebih mudah dengan cincin stabilisasi baru yang membantu mengurangi efek tangan gemetar.

OS baru ini juga menyempurnakan proses pengeditan video, memungkinkan pengguna untuk mematikan suara video saat mengedit footage dan bahkan membuat penyesuaian volume yang tepat pada setiap segmen video, sehingga memfasilitasi pembuatan video kelas profesional.

Dalam hal kontrol aksesibilitas, peningkatan telah dilakukan dengan koreksi dan inversi warna dalam pengaturan aksesibilitas, serta opsi untuk menghapus animasi bagi pengguna dengan kebutuhan khusus, seperti gangguan penglihatan. Fitur-fitur ini bukanlah sesuatu yang unik, tetapi senang melihatnya hadir di FunTouchOS.

Bahasa Aplikasi per Aplikasi

Fitur baru lainnya yang hadir dengan FunTouchOS 13 adalah kemampuan untuk mengubah bahasa per aplikasi. Seperti yang Sobat ketahui, fitur ini memungkinkan Sobat memiliki bahasa khusus untuk aplikasi tertentu sementara sistem lainnya menggunakan bahasa yang berbeda. Misalnya, Sobat dapat memiliki YouTube dalam bahasa Spanyol sementara sistem lainnya dalam bahasa Mandarin.

Fitur ini dapat berguna bagi pengguna dwibahasa dan multibahasa yang lebih memilih beberapa aplikasi dalam bahasa asli mereka. Fitur ini pertama kali diperkenalkan di Android 13 pada perangkat Pixel.


Aplikasi Cuaca dengan Indeks Kualitas Udara

FunTouchOS 13 juga membawa sedikit perubahan pada aplikasi cuaca default. Aplikasi cuaca sekarang akan menampilkan AQI (Indeks Kualitas Udara) kota Sobat. Ini adalah fitur yang bermanfaat, tetapi sekali lagi tidak dihitung sebagai perubahan yang signifikan.

Phone Cooling

iManager di FunTouchOS 13 menambahkan fitur baru yang disebut Phone Cooling. Alat ini memungkinkan Sobat mengatur suhu ponsel dan mendinginkannya saat sedang memanas atau kepanasan. Sobat dapat melakukan semua ini hanya dengan satu ketukan.

Fitur Getaran Baru

FunTouchOS 13 telah mengubah pengaturan "Suara" menjadi "Suara dan Getaran". Bersamaan dengan itu, ia menambahkan fitur di mana ponsel akan bergetar jika pihak lain menjawab atau menutup panggilan telepon. Fitur ini bisa sangat berguna tetapi bukan perubahan yang signifikan.

Permintaan Notifikasi Aplikasi

Dengan FunTouchOS 13, Sobat akan mendapatkan prompt yang meminta Sobat memilih untuk mengizinkan atau menolak izin pemberitahuan setiap kali Sobat memasang aplikasi baru. Sebelumnya, Sobat harus pergi ke pengaturan aplikasi untuk menonaktifkan notifikasi. Ini adalah permintaan izin notifikasi yang sama dari Android 13 pada perangkat Pixel.

Cukup banyak yang baru di FunTouchOS 13. Ini adalah pembaruan kecil atas FunTouchOS 12. Tidak seperti skin Android lainnya seperti One UI 5, ColorOS 13, dan OxygenOS 13, FunTouchOS tidak menghadirkan fitur menarik apa pun.

Funtouch OS 13 akan tersedia mulai 24 Oktober 2022, dimulai dengan X80 Pro. vivo secara bertahap akan menghadirkan Funtouch OS 13 ke lebih banyak pengguna di seluruh dunia dengan pengalaman paling inovatif yang pernah ada.

Sampai disini Artikel WebKeren.Net berjudul Vivo Luncurkan Funtouch OS 13 Berbasis Android 13, Apa Kelebihannya?. Tulis pendapat sobat di kolom komentar!

Post a Comment for "Vivo Luncurkan Funtouch OS 13 Berbasis Android 13, Apa Kelebihannya?"