Android 13 Apa yang baru?

 Android adalah sistem operasi sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Ini didasarkan pada kernel Linux dan ditulis terutama dalam Java dan C++. Pembaruan Android sebelumnya adalah Android 12, yang dirilis pada September 2021. Sistem operasi Android secara terus-menerus diperbarui dengan fitur baru dan peningkatan keamanan, dengan versi baru dirilis secara reguler. Webkeren.Net kali ini akan membahas mengenai apa yang baru dari android 13 yang bersumber dari pocketnow dan sumber terpercaya lainnya.

Versi berapakah Android terbaru saat ini? Versi terbaru android 2023 adalah Android 13. Google memamerkan kembali Android 13 pada konferensi Pengembang I/O. Dan sekarang, setelah berbulan-bulan pengujian, Google telah merilis Android 13. Pembaruan sekarang tersedia untuk Google Pixel 4 dan yang lebih baru, sementara perangkat dari OEM lain akan mendapatkan Android 13 "akhir tahun ini". Android 13 apa namanya? Sama seperti update android sebelumnya, google juga memberikan nama untuk android 13, dengan nama Android Tiramisu.

android 13 apa yang baru


Android 13 Apa yang baru?

Meskipun pembaruan Android 13 (Tiramisu) yang baru tidak sebesar peningkatan seperti Android 12 tahun lalu, pembaruan ini dibangun di atas fondasi yang diletakkan oleh Android 12 dan menghadirkan beberapa fitur dan perubahan kecil baru. 

Jika sobat tertarik untuk mengetahui Android 13 Apa yang baru? kelebihan android 13? Apa Keuntungan Android 13? Sobat datang ke tempat yang tepat. Berikut ini semua perbedaan antara Android 13 vs Android 12:

Fitur Baru “Material You” Android 13

Google memperkenalkan tema Material You yang baru ke dunia pada Android 12. UI Material You memungkinkan pengguna untuk mempersonalisasi smartphone mereka dengan palet warna khusus dan widget yang didesain ulang. Ini mengambil warna dari wallpaper dan menerapkannya ke seluruh sistem sehingga hp sobat terasa lebih inklusif.

Android 13 menghadirkan mesin tema Material You yang jauh lebih baik. Mesin pemilih warna tidak hanya berfungsi lebih baik dari sebelumnya, tetapi Sobat juga dapat memilih skema warna preset jika sobat tidak ingin menggunakan tema berbasis wallpaper. Selain itu, "Ikon bertema" tidak lagi terbatas pada aplikasi Google pihak pertama. Di Android 13, Sobat juga dapat memilih untuk menerapkan warna tema ke ikon aplikasi pihak ketiga. Jadi tampilan android 13 samsung atau lainnya lebih personal.


Aplikasi Tidak Lagi Mengirimi Notifikasi Tanpa Izin 

Di Android 12, dan semua versi Android yang dirilis sebelumnya, aplikasi memiliki izin untuk mengirimkan notifikasi langsung sejak diinstal. Jika Sobat tidak ingin menerima notifikasi dari aplikasi tertentu, Sobat harus melakukannya secara manual dengan masuk ke pengaturan.

Sekarang tidak lagi, karena aplikasi di Android 13 memerlukan izin Sobat sebelum mengirimkan notifikasi. Saat Sobat membuka aplikasi, Sobat akan mendapatkan pop-up yang menanyakan apakah Sobat ingin menerima notifikasi dari aplikasi tertentu itu. Sobat kemudian dapat memilih untuk mengizinkan (atau melarang) aplikasi mengirim pemberitahuan, menjadikannya pengalaman pengguna yang jauh lebih baik daripada sebelumnya.


Kontrol Perangkat Rumah Pintar Tanpa Membuka Kunci Ponsel

Android 12 hadir dengan kemampuan untuk mengontrol perangkat rumah pintar Sobat langsung dari Layar Kunci (lock screen). Namun, itu mengharuskan Sobat membuka kunci perangkat, membuat seluruh pengalaman terasa lambat dan kikuk. Google telah menambahkan opsi dalam pengaturan Layar Kunci Android 13 yang memungkinkan Sobat melewati layar kunci dan mengontrol beberapa gadget rumah pintar tanpa membuka kunci ponsel.


Ubah Tampilan dan Ukuran Font Dari Layar Yang Sama

Halaman pengaturan Tampilan memiliki bagian terpisah untuk mengubah tampilan dan ukuran font hingga Android 12. Di Android 13, Google menggabungkan dua opsi sehingga Sobat dapat mengubah ukuran teks dan ukuran tampilan langsung dari pengaturan tampilan.

Bilah Navigasi Lebih Besar

Perubahan kecil namun nyata di Android 13 adalah fitur bilah navigasi yang sedikit lebih tebal dibandingkan dengan Android 12. Bilah navigasi baru, meskipun terlihat seperti iOS, lebih bermanfaat dan terlihat lebih baik daripada generasi sebelumnya. 


Metode Baru untuk Memasuki Tampilan Layar-Split

Mode layar terbagi bukanlah hal baru — ini sudah menjadi bagian dari OS sejak Android Nougat. Pembaruan Android 13 yang baru menampilkan metode baru untuk memicu tampilan layar terpisah. Selain memicu layar terbagi dari menu terbaru, kini Sobat cukup menekan lama notifikasi dan menyeretnya untuk masuk ke mode layar terbagi.


Lebih Banyak Optimasi untuk Perangkat Dengan Layar Besar

Dengan Android 12, Google mengoptimalkan perangkat lunak untuk perangkat layar besar. Android 13 dibangun di atas sisa Android 12 lama dan dilengkapi dengan sejumlah peningkatan untuk perangkat layar lebar. Sekarang Sobat dapat menarik dan melepaskan aplikasi dari bilah alat untuk membukanya secara berdampingan. Sobat bahkan dapat menarik dan melepas file di antara dua aplikasi dalam mode layar terbagi.

Sebagai bagian dari rencananya untuk mengoptimalkan aplikasi Android untuk layar lebar, Google mengatakan sedang memperbarui lebih dari 20 aplikasi pihak pertama dan bekerja dengan pengembang aplikasi pihak ketiga, termasuk TikTok, Zoom, Facebook, dan lainnya. Perusahaan juga menambahkan bahwa Google Play Store akan mulai menampilkan aplikasi yang dioptimalkan untuk tablet terlebih dahulu, dimulai dengan Android 13.


Izin Akses Media Lebih Aman

Secara default, Android 13 membatasi jumlah data pribadi yang dapat diakses oleh aplikasi. Fitur baru android 13 samsung dan smartphone lain ini lebih menjaga privasi pengguna. Alih-alih memberikan akses ke semua "File dan media" yang tersimpan di ponsel, Android 13 membagi izin akses media menjadi dua. Sebuah aplikasi perlu meminta akses ke dua kategori berbeda: "Foto & video" dan "Musik & audio", menjadikan Android 13 baru lebih aman dibandingkan dengan Android 12. Pembaruan baru ini juga menampilkan Pemilih Foto baru yang memberikan akses ke pilih foto saja.


Stabilitas yang Lebih Baik

Terakhir, perlu dicatat bahwa Android 13 jauh lebih stabil daripada Android 12. Google banyak berfokus pada kegunaan umum, kecepatan peluncuran aplikasi, animasi, dan kinerja Android secara keseluruhan. Ini telah banyak diperbaiki. Bahkan selama menggunakan Android 13 beta, terasa OS-nya jauh lebih mulus daripada versi stabil Android 12. Secara keseluruhan, semoga stabilitas dan kinerja ponsel cerdas Sobat meningkat setelah update ke Android 13.


Kapan Smartphone sobat bisa update ke Android 13?

Android 13 rilis kapan? Jadwal Rilis Android 13

Google telah merilis Android 13 untuk perangkat Pixel hari ini. Mereka yang bertanya-tanya tentang perangkat dari pabrikan lain, termasuk Samsung, OPPO, OnePlus, HMD, Motorola, Realme, Sony, Xiaomi, dan Asus, Google mengatakan bahwa pabrikan ini akan meluncurkan pembaruan Android 13 untuk perangkat mereka "akhir tahun ini".

Meskipun, di atas kertas, Android 13 tidak tampak seperti peningkatan besar-besaran, Android 13 menghadirkan sejumlah fitur (dan peningkatan stabilitas) yang membuat keseluruhan pengalaman jauh lebih baik daripada Android 12 tahun lalu. 

Apa pendapat Sobat tentang Android 13 dan fitur baru yang menyertainya? Beri tahu Webkeren.Net di bagian komentar di bawah!

Post a Comment for "Android 13 Apa yang baru?"