Apa Saja Hari Libur Nasional di Indonesia?

Sobat WebKeren.Net mungkin lagi bertanya-tanya kapan Hari libur nasional, Hari libur Nasional tgl berapa, kenapa libur hanya hari minggu atau Kapan kita libur sekolah?. Artikel Apa Saja Hari Libur Nasional di Indonesia ini akan menjawab pertanyaan tersebut, yaitu tentang berapa banyak hari libur di Indonesia.

Terdapat 5 hari Libur Nasional di Indonesia yang tetap (sesuai kalender Masehi), ataupun yang berubah2 (tidak sesuai dengan kalender masehi, namun mengikuti kalender lainnya). Namun dapat saja ada perbedaan pada hari libur nasional di setiap daerah, karena ada juga hari libur daerah yang di tentukan oleh pemerintah daerah masing-masing.


Apa Saja Hari Libur Nasional di Indonesia?

Hari Libur Nasional di Indonesia yang Tetap (sesuai kalender Masehi) antara lain:

  1. Hari Tahun Baru Masehi (1 Januari) 
  2. 1 Mei = Hari Buruh Internasional
  3. Hari Kemerdekaan / Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (17 Agustus) 
  4. Hari Raya Natal (25 Desember)
  5. Hari Pancasila (1 Juni)

Hari Libur Nasional yang Berubah-ubah (Tidak sesuai kalender Masehi) 

Hari Libur Nasional Keagamaan Sesuai Kalender Hijriyah, yaitu:

  1. Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW = Tanggal 27 bulan Rajab dalam Kalender Islam (Kalender Hijriyah)
  2. Hari Raya Idul Fitri (Lebaran Mudik) = Tanggal 1-2 bulan Syawal dalam Kalender Islam (Kalender Hijriyah)
  3. Hari Raya Idul Adha (Lebaran Haji/ Lebaran Qurban) = tanggal 10 bulan Dzulhijah dalam Kalender Hijriyah (Kalender Islam)
  4. Tahun Baru Hijriyah (Tahun baru Islam) = Hari pertama dalam kalender Islam (Kalender Hijriyah) (tanggal 1 bulan Muharram)
  5. Maulid Nabi Muhammad SAW (Hari kelahiran Nabi Muhammad) = Tanggal 12 bulan Rabiul Awal dalam Kalender Islam (Kalender Hijriyah).

Hari Libur Nasional Agama Kristen

  1. Wafat Yesus Kristus (Jumat Agung) = Tanggal bervariasi; hari ini jatuh pada jumat sebelum minggu Paskah, yang merupakan hari Minggu pertama setelah Bulan Purnama Paskah pertama setelah vernal equinox resmi.
  2. Hari raya Kenaikan Yesus Kristus (Kenaikan Isa Almasih / Mikraj Isa Almasih) = nama hari raya umat Kristen untuk memperingati kenaikan Yesus ke sorga. Perayaan berpindah ini selalu jatuh pada hari Kamis, 40 hari setelah hari raya Paskah, 10 hari sebelum hari raya Pentakosta.

Hari Libur Nasional sesuai Kalender Imlek

Tahun Baru Imlek = Hari pertama bulan pertama Kalender Imlek

Hari Libur Nasional sesuai Kalender Bali

Hari Raya Nyepi = Tahun Baru Saka (Hari pertama dalam Kalender Bali)

Hari Libur Nasional sesuai Kalender Budha

Hari Raya Waisak = Tanggal bervariasi menurut Kalender Buddha

Demikianlah informasi mengenai Apa Saja Hari Libur Nasional di Indonesia. Semoga dapat menjawab pertanyaan sobat mengenai apakah hari ini libur sekolah, besok libur hari apa, tanggal merah 2023, apakah besok libur, kalender hari ini, hari libur nasional 2023 dan apakah hari ini tanggal merah. Semoga juga membantu sahabat agar mengetahui hari libur kantor seperti polisi, puskesmas, ragunan, grapari telkomsel, galeri smartfren, galeri indosat, bengkel resmi yamaha, fif, us embassy, embassy australia, dan hari libur ekspedisi (pengiriman jne, kantor pos indonesia atau tiki). Maupun hari libur perbankan seperti hari libur lebaran bank indonesia, bca, bank BRI, pegadaian, cimb niaga, western union, ojk hari libur bursa efek indonesia dan trading forex.

Sudahkah Sobat mencatat hari libur nasional ini untuk merencanakan aktifitas Sobat? Adakah yang WebKeren.Net lewatkan yang menurut Sobat akan berguna? Atau hari libur apa yang menurut sobar paling berarti untuk kehidupan? Beri tahu kami di komentar di bawah.


Post a Comment for "Apa Saja Hari Libur Nasional di Indonesia?"