Alamat Blogspot Bukan Cuma Dot Com

Sobat tentu sudah tahu yang dimaksud dengan blog gratis yang disediakan oleh blogger, yang beralamat di namablog.blogspot.com. Kali ini WebKeren akan membahas temuan WebKeren mengenai Alamat Blogspot Bukan Cuma .comBaca juga: Cara Membuat Blog via Blogger
Ternyata dengan sekali mendaftar blog di blogger, sobat secara otomatis mendapatkan banyak subdomain maupun second level domain. 
Alamat Domain Blogspot Bukan Cuma .com

Tulisan ini bermula dari Cara Redirect URL ke Blog Baru Tanpa Kehilangan Trafik. Namun ternyata, ada trafik yang tidak di-redirect, yang disebabkan oleh adanya beragam alamat blogspot ini.

Sekarang kita masuk ke pembahasan.

Setelah dilakukan penelitian (Baca: Googling) singkat, tidak ditemukan petunjuk apa-apa mengenai hal ini. friendblogger.blogspot.com sudah menulisnya. Sebagai contoh bahwa alamat Blogspot Bukan Cuma .com, buka saja alamat-alamat berikut, yang akan tertuju pada konten yang sama, yaitu blog Qisafif:
Qisafif.blogspot.hk
Qisafif.blogspot.jp
Qisafif.blogspot.cz
Qisafif.blogspot.kr
Qisafif.blogspot.it
Qisafif.blogspot.in
Qisafif.blogspot.ca
Qisafif.blogspot.de
Qisafif.blogspot.fr
Qisafif.blogspot.se
Qisafif.blogspot.pt
Qisafif.blogspot.mx
Qisafif.blogspot.ie
Qisafif.blogspot.co.uk
Qisafif.blogspot.com.au
Qisafif.blogspot.co.nz
Qisafif.blogspot.com.br
Qisafif.blogspot.com.ar
Qisafif.blogspot.com.es
dll

Penjelasan Alamat Blogspot Bukan Cuma .com

Beragam alamat blogspot tersebut merupakan domain yang didasarkan pada negara. Seperti kita ketahui bersama, .jp adalah kode domain Jepang, .in kode negara india, .it kode negara Italia, dan sebagainya. Namun begitu, blogspot.id maupun blogspot.co.id belum ada (setidaknya sampai postingan ini terbit).
Untuk mendapatkan beragam subdomain itu tidak diperlukan pengaturan khusus (terjadi secara otomatis). Alamat ini juga tidak berpengaruh ke konten blog, dengan posting pada blogger.com, semua alamat tersebut akan memuat konten yang sama. Intinya, tidak ada perbedaan apapun selain perbedaan kecil pada bagian belakang alamat.

Cara Memanfaatkan Ragam Alamat Blogspot

Banyaknya alamat blogspot ini bisa dimanfaatkan untuk pengenalan blog. Sebagai contoh kalau konten blog sobat berisi budaya Jepang, bisa menggunakan namablog.blogspot.jp, budaya Korea namablog.blogspot.kr, tema konten IT bisa namablog.blogspot.it, dan sebagainya. Silakan gunakan kreatifitas sobat untuk hal tersebut.

Implikasi (akibat) praktis dari ragam alamat blogspot

Bagian ini khususnya bagi yang suka bermain kode alias tukang otak-atik blog. Setiap merubah ataupun menambahkan kode-kode baik pada template maupun widget, sebaiknya gunakan <data:blog.url/> daripada menggunakan alamat blog. Karena dengan kode tersebut otomatis semua subdomain blog kita akan terpengaruh, sementara jika menggunakan namablog.blogspot.com hanya akan berpengaruh pada domain blogspot.com.

Namun begitu, cara ini juga tidak 100% valid, sobat harus melakukan ujicoba sendiri karena setiap fungsi dan tujuan kode / script itu berbeda-beda. Seperti misalnya pada Cara Redirect URL ke Blog Baru Tanpa Kehilangan Trafik Bagian 2, perubahan dilakukan dari namablog.blogspot.com menjadi hanya namablog.blogspot saja.

Demikian artikel WebKeren mengenai Alamat Blogspot Bukan Cuma .com. Silakan menuliskan pada kolom komentar jika sobat memiliki tanggapan, kritik, masukan ataupun hal lainnya. Semoga bemanfaat untuk kita semua.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: