Makna dibalik "The Quick Brown Fox Jumps Over the Lazy Dog"

Sobat yang sering atau pernah menggunakan komputer pasti pernah menemui frase "the Quick Brown Fox Jumps Over the Lazy Dog". Frase tersebut jika dialihbahasakan ke bahasa indonesia kira-kira menjadi "Rubah Cokelat yang Cepat Melompati Anjing Malas". Lalu, apa arti makna dari frase tersebut?.

Setelah mencari tahu, WebKeren menemukan jawabannya pada wikipedia bahasa inggris. Ternyata pada frase tersebut terdapat semua huruf alfabet (A sampai dengan Z), yang pada linguistik disebut dengan pangram (frase yang mengandung seluruh huruf alfabet). Dengan begitu frase ini biasanya digunakan untuk latihan mengetik, menguji mesin tik & keyboard komputer, menunjukkan karakter huruf, dan aplikasi lain yang melibatkan semua huruf dalam abjad Inggris. Karena frase tersebut singkat, memiliki koherensi antar kata yang kuat, dan juga bisa dibaca sebagai satu kalimat, frase ini menjadi dikenal secara luas.

Sejarah "the Quick Brown Fox Jumps Over the Lazy Dog"

Frase ini pertamakali muncul pada The Michigan School Moderator, sebuah jurnal yang disediakan banyak guru dengan berita yang berhubungan dengan pendidikan dan saran untuk pelajaran. Dalam sebuah artikel berjudul "Interesting Notes" pada 14 Maret 1885, dengan topik, frase yang diberikan sebagai saran untuk praktek menulis: "Kalimat berikut membuat salinan yang baik untuk latihan, karena mengandung setiap huruf alfabet: "A Quick Brown Fox Jumps Over the Lazy Dog". Perhatikan bahwa kalimat ini diawali dengan kata "A" daripada "The". Beberapa sumber awal lainnya juga menggunakan variasi ini.

Kemudian saat mesin ketik tumbuh pada akhir abad ke-19, kalimat mulai muncul dalam buku pelajaran mengetik dan stenografi sebagai praktek kalimat. Contoh awal publikasi yang menggunakan ungkapan termasuk "Illustrative Shorthand" oleh Linda Bronson (1888), How to Become Expert in Typewriting: A Complete Instructor Designed Especially for the Remington Typewriter (1890), dan Typewriting Instructor and Stenographer's Hand-book (1892). Pada pergantian abad ke-20, frase menjadi lebih dikenal secara luas. Pada 10 Januari 1903, di Pitman's Phonetic Journal, frase ini disebut sebagai "Hal yang paling dikenal dan mudah dihafal untuk alur mengetik dan merangkul semua huruf abjad". Buku Scouting for Boys (1908) yang ditulis Robert Baden-Powell's menggunakan frase sebagai praktek kalimat untuk sinyal.

Pesan pertama dikirim pada hotline Moskow-Washington adalah frase test "THE QUICK BROWN FOX JUMPED OVER THE LAZY DOG'S BACK 1234567890". Kemudian, selama pengujian, penerjemah Rusia mengirim pesan yang meminta rekan-rekan Amerika mereka "Apa makna ketika orang kalian mengatakan 'rubah cokelat yang cepat melompati anjing yang malas?.'

Selama abad ke-20, teknisi menguji mesin tik dan teleprinter dengan baris kalimat berulang "THE QUICK BROWN FOX ...".

Penggunaan "the Quick Brown Fox Jumps Over the Lazy Dog" pada Komputer

Memasuki era komputer, Pangram ini umumnya digunakan untuk menampilkan sampel huruf dan untuk pengujian keyboard komputer. Dalam kriptografi, yang biasa digunakan sebagai vektor uji untuk hash dan enkripsi algoritma untuk memverifikasi pelaksanaannya, serta untuk memastikan kompatibilitas karakter set abjad. Bahkan Microsoft Word memiliki perintah otomatis mengetik kalimat, dalam versi hingga Office 2003, menggunakan perintah = rand (), dan pada Office 2007 dan seterusnya menggunakan perintah = rand.old () .
Makna Arti "The Quick Brown Fox Jumps Over the Lazy Dog"

Penggunaan pada font


Referensi Budaya "the Quick Brown Fox Jumps Over the Lazy Dog"

Terdapat banyak referensi untuk pangram ini telah terjadi di film, televisi, buku, video game, iklan, website, dan seni grafis.

Novel Lipogram Ella Minnow Pea yang ditulis Mark Dunn seluruhnya dibangun sekitar Pangram "Quick Brown Fox" dan penemunya. Ini menggambarkan sebuah negara fiktif dari Carolina Selatan pantai yang mengidealkan Pangram, mencatat efek pada sastra dan struktur sosial berbagai surat yang dilarang digunakan setiap hari oleh peraturan pemerintah.

Pangram Bahasa Indonesia

Setelah kembali menari tahu, kalau dalam bahasa indonesia, kira-kira apa frase pangram? WebKeren menemukannya pada wikipedia bahasa Indonesia, yaitu 
Muharjo seorang xenofobia universal yang takut pada warga jazirah, contohnya Qatar.
Saya lihat foto Hamengkubuwono XV bersama enam zebra purba cantik yang jatuh dari Alquranmu.
Update: Uniknya, dalam bahasa jawapun terdapat pangram, yaitu:
"hana caraka; data sawala; padha jayanya; maga bathanga"

Demikian artikel singkat WebKeren tentang Makna dibalik "the Quick Brown Fox Jumps Over the Lazy Dog". Menurut WebKeren, pangram bahasa inggris lebih mudah diingat ya? bagaimana pendapat sobat? atau sobat punya pangram bahasa indonesia yang lebih udah diingat? silakan tulis di kolom komentar. Semoga bemanfaat untuk kita semua.

Referensi: Wikipedia.Org - Wikipedia bahasa Indonesia

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: