Cara Redirect URL ke Blog Baru Tanpa Kehilangan Trafik

Mungkin diantara sobat ada yang bertanya-tanya tentang cara me redirect blog ke blog lain, cara membuat redirect di blog, cara redirect alamat blogspot ke wordpress, cara redirect domain blogspot atau blogger, cara redirect url blog to website / to another new url / blog lain yang baru, cara Redirect Blog Lama ke Blog Baru Tanpa Kehilangan Trafik,dan pertanyaan lainnya.
Baca juga: Cara Membuat Blog Gratis di Blogger beralamat Blogspot

Cara Redirect URL ke Blog Baru Tanpa Kehilangan Trafik

Yang pada intinya pertanyaan itu mau mengetahui cara mengalihkan alamat url suatu blog (mungkin blog lama) ke blog lain (mungkin blog baru). Untuk itulah WebKeren akan membahas Cara Mengalihkan alamat URL Blog Lama ke Blog Baru.

Mungkin sobat ada yang ingin mengganti alamat blog dan ingin mengganti namanya dengan blog baru, Namun takut kehilangan backlink maupun trafik yang sudah dibangun. Karena itulah Teknik / cara mengalihkan/redirect blog ini akan sangat berguna bagi yang baru saja ganti alamat domain ataupun ingin membuat blog baru.

Dengan mengalihkan alamat domain blog, tentu sobat tidak akan kehilangan pengunjung setia, hasil pencarian google, maupun backlink yang sudah susah payah ditanam. Kalaupun tidak semuanya bisa kembali, dengan mengalihkan url blog ini setidaknya masih ada sisa-sisa pengunjung yang bisa kita dapatkan ketimbang sama sekali dari 0.

Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa sobat lakukan untuk mengalihkan url, tapi ya setidaknya WebKeren akan berbagi beberapa cara yang WebKeren tahu. Untuk cara pertama dan kedua cukup gampang dan hanya dilakukan pada blog lama, namun kurang efektif menjaga traffic. Sementara cara ketiga harus dilakukan pada blog baru dan blog lama, cukup rumit namun tidak akan menghilangkan traffic.


1. Mengalihkan alamat Blogspot dengan Javascript

Untuk menerapkan cara pertama ini, sobat perlu masuk/login ke blogger > Buka Template dan Klik Edit HTML > kemudian terapkan kode berikut tepat dibawah <head>
<script>
if(window.location.href == 'http://blogasal.blogspot.com')
{
window.location="http://webkeren.net";
}
</script>
Atau bisa juga dengan
<script type='text/javascript'>
var d='<data:blog.url/>';
d=d.replace(/.*//[^/]*/, '');
location.href = 'http://webkeren.net';
</script>
Catatan Penting!: Ganti http://blogasal.blogspot.com dengan blog asal. Dan http://webkeren.net dengan link blog tujuan.

2. Mengalihkan alamat Blogspot dengan Tag Refresh

Sama seperti cara pertama, untuk menerapkan cara kedua sobat perlu masuk/login ke blogger >> Buka Template dan Klik Edit HTML  >> kemudian terapkan kode berikut tepat dibawah <head>
<meta content='5;url=http://webkeren.net' http-equiv='refresh'/>

Catatan Penting!: 1. Ganti http://webkeren.net dengan link blog tujuan. 2. Content=5 adalah jeda waktu sebelum url dialihkan. Silakan ganti sesuai keinginan sobat, tapi disarankan tidak menggantinya dengan 0.

3. Cara Redirect Blog Tanpa Kehilangan Trafik

Nah! ini mungkin cara yang paling dicari dan dibutuhkan sobat blogger sekalian. dengan cara ini, semua traffic menuju blog lama akan dialihkan ke blog baru. Namun begitu, cara ini cukup panjang dilakukan, terlebih jika sobat menggunakan custom permalink dan jumlah post cukup banyak. Dari pengalaman, untuk cara ini membutuhkan waktu berjam-jam. Oke, langsung saja. Tahap awal masih sama seperti yang tadi, yaitu masuk/login ke blogger > Buka Template dan Klik Edit HTML > kemudian terapkan kode berikut tepat dibawah <head>
<script type='text/javascript'>
var this_url = window.location.href;
var new_url = this_url.replace(&quot;http://blogasal.blogspot.com&quot;,&quot;http://webkeren.net&quot;);
window.location = new_url;
</script>

CATATAN PENTING!: ganti http://blogasal.blogspot.com dengan alamat/link blog asal, dan ganti http://webkeren.net dengan alamat/link blog tujuan. Kemudian langkah kedua, Agar tidak kehilangan traffic, Sobat harus memperhatikan hal berikut:

1. Permalink antara blog lama dengan blog baru HARUS SAMA. Biar ga bingung contohnya begini:
URL BLOG Lama > http://blogasal.blogspot.com/2015/02/membuka-whatsapp-lewat-komputer.html
URL Blog Baru > http://webkeren.net/2015/02/membuka-whatsapp-lewat-komputer.html
Perhatikan keduanya, sama persis bukan? perbedaannya cuma pada alamat blog, yaitu blogasal dan webkeren. Nah, untuk menerapkan ini, permalink blog lama dan blog baru sobat harus seperti itu.

2. Import postingan blog lama ke blog baru. Pasti Sobat bertanya, Gimana sih caran ya biar cepet&Ga ribet? Jawabannya sory sob, ga tau :D. Tapi seenggaknya, untuk mempermudah, sobat bisa melakukan hal berikut:
Di Blog Lama: Klik "Setting" > "Other". Terus Klik menu "Export Blog" (akan terdownload file XML)
Di Blog Baru: Klik "Setting" > "Other". Terus Klik menu "Import Blog" (pilih file XML hasil download sebelumnya)
Nah, setelah itu pastikan(buka 1-1 postingan), apakah permalinknya udah sama. Kalau sudah, untuk memastikan coba aja klik, apa beralih ke url yang benar.

Dengan cara ini trafik blog dan indeks posting blog di Google TIDAK BERUBAH. Yang perlu diingat, blog lama jangan dihapus, biarkan saja. Karena kalau dihapus mungkin juga akan menghilang dari database google dan langkah redirect ini nggak lagi ada gunanya.

Demikian artikel WebKeren tentang Cara Mengalihkan alamat URL Blog Tanpa Kehilangan Trafik. Semoga bisa menjawab pertanyaan cara me redirect blog ke blog lain, cara membuat redirect di blog, cara redirect alamat blogspot ke wordpress, cara redirect domain blogspot atau blogger, cara redirect url blog to website / to another new url / blog lain yang baru, dan pertanyaan lainnya.

Update April 2015 : Setelah WebKeren terapkan pada blog, ternyata ada traffic yang tidak ter-redirect sempurna. Untuk yang menerapkan metode URL Lama > URL Baru (Script pertama dan keempat), penjelasannya, baca di Cara Redirect URL ke Blog Baru Tanpa Kehilangan Trafik Bagian 2

Bagaimana? sobat punya pendapat, mau berbagi keberhasilan redirect url blog, menanyakan sesuatu, ataupun sekedar berbagi unek-unek? Silakan tulis di kolom komentar di bawah. Semoga bemanfaat untuk kita semua.

Sumber:
http://arlinadesign.blogspot.com/2015/02/cara-mengalihkan-url-blog-lama-ke-blog-baru.html
http://contohblognih.blogspot.com/2014/10/cara-ganti-nama-blog-tanpa-kehilangan.html

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: