Tips Lengkap Melindungi Posting Artikel Blog dari Copy Paste

Artikel ini berusaha menjawab pertanyaan bagaimana cara mudah dan cepat melindungi artikel posting blog dari copaser (plagiat tanpa mencantumkan sumber). Berikut ini adalah Cara Melindungi Posting Artikel Blog Lengkap; dengan Peringatan Larangan copas, Memasang Kode Link Sumber Otomatis, ataupun Memasang Kode Anti Copy Paste Blog secara Keseluruhan atau Hanya pada Bagian Tertentu Blog.

Seorang penulis / blogger / webmaster tentunya kesal jika artikel yang sudah ditulis dengan susah payah hanya di-copy paste tanpa disertai link sumber. Bahkan sudah tedapat DMCA (Digital Management Copyright System) untuk melindungi konten digital di internet. Namun sebenarnya, Copy Paste diperbolehkan, asalkan mencantumkan sumber. Itupun dengan catatan copy paste bukanlah keseluruhan artikel, melainkan hanya sebagian kecil artikel saja.

Karena tak bisa dipungkiri, artikel yang dibuat WebKeren pun mengambil dari blog/website lain, karena memang banyak pengetahuan yang bersumber dari internet. Namun begitu, Ayoroid tidak pernah melakukan copy paste keseluruhan artikel, dan juga berusaha untuk tidak lupa mencantumkan link sumber sebagai penghargaan atas kerja keras penulis.

Memang ada cara ampuh membalas copaser, yaitu dengan melaporkannya ke google sandbox. Namun begitu, terkadang diantara blogger merasa tidak ingin direpotkan dengan mengawasi artikel, apalagi urusan lapor melapor.

Terdapat banyak cara untuk Melindungi Artikel dari Copy Paste, berikut ini beberapa diantaranya:
  1. Memberikan peringatan pada akhir artikel atau postingan untuk tidak melakukan copy paste
  2. Memasang Script Link Sumber Otomatis
  3. Mematikan Fungsi Klik Kanan, Ctrl+P, Ctrl+U
  4. Matikan Klik Kanan di Posting Tertentu di Blog
  5. Disable Klik Kanan, dan Disable Select Tex untuk seluruh posting blog
  6. Disable Select Text untuk seluruh bagian posting & enable pada bagian tertentu
Namun begitu, cara-cara tersebut hanyalah berguna untuk menimalisir ataupun memperlambat proses copy paste artikel atau postingan blog. Karena kode anti-copas ini mudah dijebol, dengan cara men-disable Javascript di browser, menggunakan Internet Explorer, maupun dengan Ctrl+P.
Sebelum masuk ke pembahasan tekhnik memproteksi poting blog, ada baiknya sobat mengetahui untung rugi pemasangan kode-kode tersebut. Yang berguna sebagai pertimbangan, apakah akan memasang script link otomatis, kode anti copas, atau membiarkan saja artikel posting blog apa adanya tanpa perlindungan dari copaser.

Keuntungan Melindungi Konten Blog dari-Aksi Copas

  1. Tidak terjadi duplicate content yang mengurangi SEO (search engine optimization) blog.
  2. Tidak merasa kesal karena artikel yang ditulis dicuri orang lain
  3. Tidak kehilangan traffic karena pengunjung sudah membaca artikel di tempat lain
  4. (Dengan kode sumber otomatis) Akan menambah backlink (kalau tidak dihapus manual oleh copaser)
  5. (Dengan kode anti copas) Tidak perlu repot memantau artikel dari aksi copaser
  6. dan lainnya (sobat bisa menambahkan dengan menulis komen dibawah)

Kerugian Melindungi Konten Blog dari-Aksi Copas

  1. Kemungkinan besar blog dengan kode anti-copy paste tidak akan dikunjungi ulang oleh pembaca (returning visitor).
  2. Pemasangan kode anti-copas terkadang membuat kesal pengunjung, dan merasa Sobat "pelit". akibatnya, bisa menurunkan trafik, pagerank, dan pageviews.
  3. Pemasangan kode anti-copas mudah dijebol, sehingga terkadang sia-sia.
  4. Mematikan fungsi klik kanan menyulitkan saat membuat link internal, karena tidak bisa "copy link address", tapi harus membuka link baru bisa copas link di address bar.
  5. dan lainnya (sobat bisa menambahkan dengan menulis komen dibawah)
Itulah keuntungan dan kerugiannya sebagai bahan pertimbangan. Oke langsung saja, biar nggak berbelit-belit dengan basa-basi, berikut ini cara lengkap melindungi artikel posting dari aksi copas pada blog blogger blogspot.

1. Memasang Script Link Sumber Otomatis

Berikut ini adalah Cara Menambahkan Link Sumber secara otomatis ketika hasil copy artikel di-paste copaser. karena akalau kita berfikir positif, terkadang ada copaser yang suka kliping-kliping (mengumpulkan artikel di internet) dengan menyimpannya terlebih dahulu di program Microsoft Word. Namun ketika mereka menggunakannya, mereka lupa mencatat alamat url sumber.

Penerapannya adalah melalui editor template. Bagi Sobat yang belum tahu, caranya masuk ke dashboard blogger, kemudian pilih menu Template, lalu klik Edit Html. Paste script link sumber otomatis berikut ini sebelum (di atas) kode </body>(untuk menemukannya dengan cepat, tekan ctrl+f, lalu cari kode </body>)
<script type='text/javascript'>
function addLink(){var a=document.getElementsByTagName("body")[0];var b;b=window.getSelection();var c="<br/><br/> Sumber: WebKeren | Tips Android Keren Cepat Responsive + Tips SEO Blog.<br/><a href='"+document.location.href+"'>"+document.location.href+"</a> ";var d=b+c;var e=document.createElement("div");e.style.position="absolute";e.style.left="-99999px";a.appendChild(e);e.innerHTML=d;b.selectAllChildren(e);window.setTimeout(function(){a.removeChild(e)},0)}document.oncopy=addLink
</script>

NB: Ganti tulisan berwarna merah sesuai keinginan sobat, dan Setelah memasang script, jangan lupa disimpan / save template. Jika Sobat menerapkannya dengan benar, contoh hasil paste-nya akan seperti gambar dibawah ini.
Cara Memasang Script Link Sumber Otomatis

Catatan: Jangan menerapkan kode ini jika sobat sering menuliskan tutorial blog. Karena menurut ujicoba WebKeren, hasil copas cuma menunjukkan sumber, sementara kode css, javascript, dll yang di-copy tidak ikut ter-paste

2. Mematikan Fungsi Klik Kanan, Ctrl+P, Ctrl+U

Seperti Cara sebelumnya, penerapannya adalah melalui editor template. Masuk ke dashboard blogger, kemudian pilih menu Template, lalu klik Edit Html. Temukan kode <body> atau <body ....... > .untuk menemukannya dengan cepat, tekan ctrl+f, lalu cari kode <body. Kalau sudah ketemu, tambahkan kode berikut setelah <body.
oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false'
Maka setelah diterapkan akan menjadi seperti ini:
<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false'>
Jika terdapat kode lain:
<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false'.....kodelain ........>

Setelah memasang kode, jangan lupa disimpan / save template. Cara mengecek apakah sobat berhasil ya tinggal klik kanan, Ctrl+P (print page), Ctrl+U (lihat sumber laman). Kalau tidak berfungsi, sobat sukses menerapkannya.

3. Mematikan Klik Kanan di Posting Artikel Tertentu di Blog

Cara ini berfungsi untuk memberlakukan anti-klik kanan pada posting artikel tertentu pada blog. Penerapannya, bisa disesuaikan dengan kebutuhan sobat. Untuk menerapkannya, terapkan kode berikut (dalam mode html) di awal atau di akhir posting artikel yang ingin dilindungi.
<script language="javascript" type="text/javascript">      
/* http://webkeren.net */
var tenth='';function ninth() {
if (document.all) {(tenth);return false;}}
function twelfth(e) {
if (document.layers||(document.getElementById&&!document.all)) {
if (e.which==2||e.which==3) {(tenth);return false;}}}
if (document.layers) {document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=twelfth;}
else{document.onmouseup=twelfth;document.oncontextmenu=ninth;}
document.oncontextmenu=new Function('return false')
</script>

4. Disable Klik Kanan, Disable Select Text di seluruh posting

Penerapan cara ini sangat mudah dan tidak merepotkan, yaitu dengan Masuk ke dashboard blogger, kemudian pilih menu Layout, lalu klik Add Gadget di Sidebar Widget. Pilih HTML/Javascript dan Paste kode berikut:
<!-- START disable copy paste -->
<!-- http://webkeren.net -->
<script src='demo-to-prevent-copy-paste-on-blogger_files/googleapis.js'></script>
<script type='text/javascript'> if(typeof document.onselectstart!="undefined" ) {document.onselectstart=new Function ("return false" ); } else{document.onmousedown=new Function ("return false" );document.onmouseup=new Function ("return false"); } </script>
<!-- End disable copy paste -->
Ganti webkeren.net dengan nama blog sobat, dan jangan lupa klik Save Arrangement


5. Disable dan Enable Select Text pada Bagian Tertentu Posting Artikel Blog

Masuk ke editor template. Caranya masuk ke dashboard blogger, kemudin pilih menu Template, lalu klik Edit Html. Paste kode css anti copas berikut ini sebelum (di atas) ]]></b:skin> atau </style>
.post-outer {
-webkit-touch-callout:none;
-webkit-user-select:none;
-khtml-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-moz-user-select:none;
}

Lalu Jangan lupa disimpan / save template. Sampai disini, seluruh bagian posting (artikel) blog sobat tidak bisa dicopy, karena tidak bisa diselect. Nah, bagi yang sering menulis tutorial blog, silakan lanjutkan ke tahap selanjutnya dibawah ini, yaitu untuk memperbolehkan seleksi pada bagian tertentu (pre, blockquote, dan code).

Membuat Pengecualian Anti Copy Paste Pada Bagian Tertentu Posting Blog

Ini merupakan tahap lanjutan, kalau sobat mau menerapkannya, terapkan dulu kode diatas. Kode ini dibutuhkan kalau artikel postingan blog berupa tutorial ataupun sesuatu yang perlu di copas. Untuk membuat teks yang berada dalam kode blockquote ataupun kode pre, paste kode anti-css anti-copas berikut ini sebelum (di atas) ]]></b:skin> atau </style>.  . Jika mau menambahkan/mengurangi bagian yang bisa di copy paste, silakan ditambahkan sesuai dengan kebutuhan.
.post blockquote,.post pre,.post code{
  -webkit-touch-callout:text;
  -webkit-user-select:text;
  -khtml-user-select:text;
  -ms-user-select:text;
  -moz-user-select:text;
}
Tahap terakhir, tentunya jangan lupa klik save template!


Sebagai penutup, perlu diingatkan sekali lagi bahwa seluruh cara perlindungan artikel posting blog dengan kode anti Copas cuma "memperlambat" proses copas dan "pencurian" konten blog. Karena masih bisa dibobol dengan Ctrl+P atau dengan men-disable Javascript pada browser yang digunakan.

Demikian artikel WebKeren tentang Tips Lengkap Melindungi Posting Artikel Blog dari Copy Paste. Terima kasih sudah rela membaca posting yang sangat panjang ini. Silakan tulis di kolom komentar kalau ada pendapat, cerita keberhasilan.kegagalan menerapkan kode, ataupun ingin berbagi unek-unek. Semoga bemanfaat untuk kita semua.

sumber:
http://xxpc123xx.blogspot.com/2013/09/pasang-link-sumber-artikel-otomatis-saat-copy-paste.html
http://www.masyadi.com/2014/07/membuat-artikel-blog-tidak-bisa-di-copas-kecuali-bagian-tertentu.html
http://contohblognih.blogspot.com/2014/04/Cara-Jitu-Melindungi-Tulisan-Posting-Blog-dari-Copy-Paste.html

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: