Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Google Webmaster Tools

Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Google Webmaster Tools | Untuk membuat blog / website tampil pada halaman mesin pencarian google (google search engine), kita harus mendaftarkannya ke Google Webmaster. Atau lebih tepatnya tujuan mendaftarkan Blog di Google Webmaster Tools adalah untuk mempercepat index pencarian google. Karena sebenarnya tanpa mendaftar pun google akan melakukan index ke semua situs yang ada di internet, namun waktu yang dibutuhkan dari di-upload-nya artikel ke website sampai dengan masuk indeks google cukup lama.

Dengan kata lain, tips SEO (Search Engine Optimization) yang paling utama ini dilakukan dengan tujuan untuk mempercepat proses index semua halaman blog / website oleh mesin pencari google. Dengan begitu, langkah ini merupakan hal wajib yang harus dilakukan blogger pemula yang baru membuat blog di blogger, wordpress  atau lainnya, dan juga webmaster yang baru saja membuat suatu website.

Langsung saja, WebKeren kali ini akan menjabarkan Cara Daftar dan Verifikasi Blog di Google Webmaster tool lengkap dengan gambar.
  1. Masuk ke Google Webmaster Tool  dan login menggunakan akun google
    Cara Daftar Verifikasi Blog di Google Webmaster
  2. Klik / pilih Tambahkan Situs / ADD A SITE, isi dengan URL blog yang ingin didaftarkan, lalu kik Terus / Continue.
    Cara Daftar Google Webmaster
    Tambahkan Situs
    Cara Verifikasi Blog di Google Webmaster
    Masukkan url Blog
  3. Setting Peta Situs / sitemap, caranya; pada halaman Dashboard webmaster tools klik perayapan /crawlers dan pilih peta situs / sitemap.
    Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster
    Setting Sitemap
  4. Tambahkan / Ujicoba Peta Situs (Add / test sitemap) dan isi dengan sitemap berikut >> feeds/posts/default?max-results=400. Lalu klik Mengirim Peta Situs / Send Sitemap.
    Cara menambahkan sitemap di Google Webmaster
    Tambahkan Sitemap
  5. Setting lokasi negara target. Caranya, klik Lalu Lintas Penelusuran /  Search Traffic dan pilih Penargetan Internasional / International Targetting, kemudian pilih Negara / Countries yang menjadi tujuan blog / situs. Misalnya, karena blog berbahasa Indonesia, pilih Indonesia.
    cara Setting Target Pembaca di google webmaster tools
    Setting Target Pembaca
  6. Verifikasi Blog / website (untuk memberitahu google bahwa sobat adalah pemilik website). Caranya, Kembali ke Dashboard / Halaman awal Webmaster, Kemudian klik Kelola situs / Manage Site dan pilih "Manage site owner".
    google webmaster tools blog
    Verifikasi Situs
    cara Verifikasi Situs di google webmaster tools
    Verifikasi Situs
  7. Pilih "Verify using a different method". Pada halaman verifikasi pilih HTML tag, lalu copy kode HTML tag yang ada di dalam kolom verifikasi.
    Verifikasi Situs dengan meta verify code di google webmaster tools
    Copy Kode HTML
  8. Masuk HTML Template Editor. Caranya, Login / masuk ke blogger dan pilih / masuk ke blog yang ingin di daftarkan > Template > Edit HTML > Paste Kode tersebut di bawah  <head> pada template blog > Klik Save
    google webmaster tools sitemap indexed
    Masukkan ke Template
  9. Kembali ke halaman Webmaster Tool kemudian klik "VERIFY". Jika penerapan kode benar, setelah klik "VERIFY" blog anda sudah berhasil di verifikasi oleh Google Webmaster
    google webmaster tools change domain
    Verifikasi Webmaster Berhasil
  10. Selesai.

Beruntung WebKeren menulis tutorial ini, karena ternyata WebKeren salah menaruh kode HTML (masih pakai blog sebelumnya). Tapi sekarang sudah diganti dan terverifikasi kembali.

google webmaster tools delete site
Penerapan Kode HTML salah

Demikian artikel WebKeren tentang bagaimana cara mendaftarkan dan memverifikasi Blog ke Google Webmaster tool. Silakan tulis di kolom komentar kalau ada pendapat, ingin berbagi keberhasilan ataupun kegagalan menerapkan, atau sekedar ingin berbagi unek-unek. Semoga bemanfaat untuk kita semua.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: