Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus

Mungkin sobat menggunakan aplikasi WhatsApp untuk berkomunikasi dalam pekerjaan, sekolah, maupun kuliah, yang membuat sobat terkadang merasa bahwa chat yang ada pada WhatsApp adalah sesuatu yang penting. Misalnya berisi soal tugas, hasil rapat, atau hal lainnya.

Oleh karena itu WebKeren.Net kali ini akan membahas mengenai Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus, yang bertujuan untuk membantu sobat menemukan kembali catatan atau sesuatu yang penting pada chat WhatsApp.

Cara Lengkap Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus

Backup dan Restore Chat WhatsApp

Berbeda dengan Blackberry Messenger yang hanya akan menyimpan backup chat jika diaktifkan, WhatsApp secara otomatis (default on) membuat backup setiap hari pada pukul 04.00 pagi dan menyimpannya pada folder WhatsApp di memori internal atau kartu microSD handphone Android Sobat. Dengan kata lain, tanpa membuat backup sekalipun, sobat sudah memiliki backup chat WhatsApp.

Cara Backup dan Restore chat Terbaru pada WhatsApp 

Guna mendapatkan kembali history chat terbaru sobat pada aplikasi WhatsApp sebenarnya tidak dibutuhkan langkah-langkah khusus.
Untuk memulihkan backup terbaru, Sobat hanya perlu menghapus dan menginstal ulang WhatsApp. Saat proses instalasi berlangsung, Sobat akan diminta untuk memulihkan riwayat pesan. Pilih Pulihkan untuk memulihkan chat yang terhapus.
Selain menginstall ulang, sebenarnya sobat juga bisa melakukan hapus data aplikasi WhatsApp dan kemudian login kembali. Caranya, Masuk Setting >> pilih Aplikasi >> pilih WhatsApp >> hapus cache >> hapus data. Kemudian login kembali dengan menggunakan nomor telepon sobat seperti halnya pertama kali menginstall WhatsApp.

Kemudian jika sobat bertanya-tanya, "Kenapa sehabis install ulang dan login kembali tidak diminta untuk memulihkan / restore chat"? Tidak ada jawaban yang pasti mengenai hal ini, namun seperti yang dijelaskan pada situs resmi WhatsApp, bisa jadi karena beberapa hal berikut:

  1. Kartu SD dan/atau file riwayat chatting rusak.
  2. File Backup sudah terlalu tua (WhatsApp tidak dapat memulihkan backup yang sudah terlalu lama).
  3. Sobat menggunakan nomor telepon ataupun microSD yang berbeda dengan nomor ataupun microSD yang digunakan untuk membuat backup riwayat chatting.
Catatan: Jika sobat mengalami salah satu dari situasi tersebut, WhatsApp tidak akan dapat memulihkan pesan-pesan tersebut.

Cara memulihkan backup yang lebih tua (bukan yang terkini)

Selain mengembalikan backup terbaru sobat juga bisa memulihkan / restore chat pada jangka waktu yang telah lalu. Catatan sebelum sobat mencoba memulihkan / me-restore pesan:

  1. Riwayat chatting saat ini akan hilang dalam proses pemulihan.
  2. File yang di-backup hanya untuk 7 hari terakhir.
  3. Semua pesan baru yang dikirim/diterima setelah backup dilakukan, dan dihapus sebelum backup selanjutnya tidak dapat dipulihkan.
  4. Jika Anda menjalankan backup secara manual, backup ini akan menggantikan file backup otomatis yang terbaru.
  5. Pada perangkat terbaru, folder WhatsApp/Database Anda biasanya dapat ditemukan di memori internal ponsel.
  6. Sobat harus menggunakan nomor telepon yang sama pada WhatsApp dengan nomor yang digunakan saat membuat backup riwayat chatting.

Cara Backup dan Restore Manual

Kalau sobat tidak mau menginstal ulang tapi mau mengembalikan chat yang tidak sengaja terhapus, maka sebaiknya sobat secara rutin melakukan backup manual (catatan: chat hanya bisa dikembalikan jika terhapus setelah backup dilakukan). Memang cukup merepotkan (bahkan menyebalkan), namun ini akan berguna ketika sobat membutuhkan data-data yang ada dalam percakapan tersebut.
Jika sobat merasa ada chat yang penting, lakukanlah backup manual agar terhindar dari resiko kehilangan data.

Cara Backup Manual

Untuk melakukannya, pertama-tama sobat harus memiliki aplikasi file manager, yang digunakan untuk mencari lokasi dan mengganti nama file backup. (baca juga: File Managers dan Explorers). Jika sudah, caranya adalah sebagai berikut:
Buka WhatsApp >> tekan Tombol Menu (pada beberapa perangkat bisa dengan menekan tiga garis vertikal putus-putus disebelah pojok kanan atas layar) >> pilih setting / setelan >> pilih Setelan Chat / Chat Setting >> pilih Backup percakapan / Backup Conversation.
File backup manual ini akan disimpan dengan nama "msgstore.db.crypt7" atau "msgstore.db.crypt8" pada folder /sdcard/WhatsApp/Databases (Folder ini dapat ditemukan di memori internal ponsel atau memori eksternal, sesuai dengan tipe ponsel).

Rename / ubah nama file tersebut dengan menggunakan file explorer sobat, sebaiknya disimpan dengan format tanggal dan diikuti dengan crypt7 atau crypt8 (tergantung pada proses backup sobat dapat nama file yang mana) atau sesuakan dengan keinginan sobat asalkan ingat. Nama File yang berbeda akan memudahkan sobat ketika melakukan proses pemulihan/ restore chat.

Cara Restore Manual

Untuk bisa memulihkan/ restore chat dari backup manual, sobat harus melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Hapus WhatsApp atau hapus data aplikasi WhatsApp (caranya lihat dibagian awal artikel)
  2. Pilih berkas backup yang ingin dipulihkan.
  3. Rename / namakan ulang berkas tersebut dari "nama file backup sobat" ke "msgstore.db.crypt7" atau "msgstore.db.crypt8" (tergantung pada proses backup sobat dapat nama file yang mana).
  4. Instal ulang WhatsApp.
  5. Saat diminta untuk memulihkan pesan, pilih Pulihkan.
Setelah itu sobat dapat melihat pesan yang sudah dipulihkan / di-restore. Kalau sobat ingin mengembalikan proses pemulihan seperti sebelum direstore, silakan mengganti nama pada berkas backup ke nama yang sebelumnya, dan ikuti cara restore yang pertama (Cara Backup dan Restore chat Terbaru pada WhatsApp).

tambahan: kalau sobat mau me-restore chat pada smartphone sobat yang baru, sobat tinggal memindahkan microSD hape lama ke hape baru, lalu lakukan restore seperti langkah di atas. Dengan catatan SIM/nomor yang digunakan masih sama.


Demikian tutorial Web Keren mengenai Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus. Bagaimana pendapat sobat? apakah pernah melakukannya dan berhasil, ataukah menemukan kesulitan? silakan tulis pada kolom komentar untuk berbagi dengan WebKeren.Net dan sobat lainnya.

Silakan bagikan artikel ini ke media sosial yang sobat miliki, Gratis! Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: