Kelebihan Android Lollipop 5.1

Sistem Operasi Android Terbaru saat ini adalah Android 5.1 “Lolliop”, yang dirilis Google bersamaan dengan Android One. Artikel ini merupakan kelanjutan pembahasan dari Kelebihan Android 5.0 Lollipop dan Review Lengkap Android One yang telah www.WebKeren.net Publish beberapa waktu lalu. Meski tanpa membaca artikel tersebut sobat bisa mengerti isi artikel berjudul Pembahasan Lengkap Sistem Operasi Android Lollipop 5.1 yanng akan membahas fitur-fitur apa saja yang menjadi kelebihan dan kelemahan sistem operasi baru ini.

Android L 5.1 (di Indonesia) pertamakali dicicipi oleh Evercross One X, Mito Impact A10, dan Nexian Journey 1, dan kemudian nexus series yang mendapatkan update-nya belakangan ini.

Kenapa muncul Android L 5.1, padahal belum lama juga google meluncurkan Android L 5.0?


Android Lollipop 5.1
Android Lollipop hanya menyita sedikit perhatian sejak diperkenalkan pada tahun 2014, dan sementara kebanyakan orang masih gembira merayakan update Android 5.0, beberapa mata telah berpaling ke Android 5.1. Tapi apa yang baru pada versi android terbaru ini? Apakah itu menawarkan sesuatu yang sangat berbeda dari pendahulunya? Artikel ini akan membahas semua hal tentang Android 5.1 Lollipop, untuk itu sobat harus membaca artikel ini sampai habis untuk bisa mengetahuinya.

Android 5.1 Lollipop update: Apa yang baru?


Android 5.1 adalah update yang pertama sejak lollipop dirilis. Update ini merupakan pemeliharaan besar bagi Lollipop, memperbaiki bug dan meningkatkan kinerja dan stabilitas dari rilis Android 5.0. Dengan demikian, banyak perubahan yang penting terjadi di belakang layar. Pada tampilannya, Android 5.1 hampir identik dengan 5.0, namun jika dilihat sedikit lebih dekat, terdapat banyak perubahan yang membuat kinerja android Lollipop lebih smooth.

Interupsi, Prioritas dan Mode Diam

Salah satu yang terkecil, tapi mungkin perubahan yang paling signifikan adalah pada pengaturan prioritas Android. Sekarang Sobat dapat mengatur preferensi interupsi untuk tetap pada waktunya atau sampai alarm berikutnya, yang berguna untuk menghindari interupsi semalaman, atau akhir "downtime". Namun begitu, pada mode prioritas ini tetap tidak terdapat mode silent yang mana termasuk juga flashing notification LED (kedipan led notifikasi).

Sekarang mungkin untuk mengakses menu interupsi ketika musik atau video diputar. Ketuk ikon lonceng baru di sebelah kanan, dan slider volume akan muncul keluar beserta dengan pilihan menu None / Piority / All.

Screen Pinning


Jika sobat belum pernah menggunakan Screen Pinning mungkin sekarang adalah waktu yang tepat. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga keamanan ponsel ketika digunakan sementara oleh orang lain.

Screen Pinning mengunci beberapa aplikasi dan folder, sehingga ketika berbagi / meminjamkan ponsel, orang yang menggunakannya tidak mampu keluar dari aplikasi tanpa kode PIN yang sesuai. Sangat mudah untuk melakukan pengaturannya, dan

Itu berarti teman, pacar, istri, suami, anak, ataupun orang lainnya tidak bisa sembarangan "menggeledah" isi hp sobat tanpa persetujuan. Untuk menemukan penjelasan yang lebih detail, sobat bisa masuk ke pengaturan, kemudian pilih keamanan. Selain itu, setelah sobat mengaktifkannya, pengaturan screen pinning ini bisa sobat akses dengan mudah melalui "recent apps".

Smartlock

Penguncian pintar (smart lock) telah disematkan Google untuk memudahkan penguncian layar. Dengan fitur yang dijuluki "on-body detection" ini layar terbuka secara otomatis jika ponsel masih berada di tangan atau di kantung, dan akan terkunci jika tidak berada di dekat pengguna. Ketika sobat mengambil hp dari meja misalnya, sobat harus membuka kunci manual. Dengan kata lain smartphone tak akan pernah terkunci selama berada di dekat sobat.

Keamanan

Android 5.1 membawa serta fitur kunci baru yang meningkatkan keamanan perangkat, bahkan jika hape dicuri. Dengan "Device Protection" (perlindungan perangkat) diaktifkan, smartphone android sobat tidak akan bisa digunakan setelah melakukan factory reset, kecuali memiliki username dan password login account Google sobat. Fitur ini sebenarnya sudah lebih dahulu diterapkan oleh IOS.

Sayangnya, fitur ini tidak akan selalu membantu sobat menemukan smartphone android yang hilang. Tapi setidaknya sobat cukup puas karena "pencuri" tidak bisa mencuri data, terlebih menggunakan smartphone android sobat.

Fitur ini secara otomatis diaktifkan selama perangkat memenuhi syarat (sayangnya tidak ada daftar resminya), layar kunci aman (melalui pola, nomor PIN atau password) dan sign in ke akun Google.

Bagaimana untuk mengetahui apakah fitur ini diaktifkan pada ponsel sobat? Satu-satunya cara yang diketahui sejauh ini adalah dengan menghilangkan / menghapus sandi lock screen, dan jika muncul notifikasi "fitur perlindungan perangkat tidak akan lagi bekerja" atau "device protection features will no longer work", berarti smartphone sobat device protection sobat aktif.

Menu pengaturan cepat (quick setting) yang lebih baik

Animasi pada menu pengaturan cepat (quick setting) semuanya baru, lengkap dengan tweak menu Wi-Fi dan Bluetooth untuk meningkatkan kegunaan. Memilih jaringan Wi-Fi atau Bluetooth lebih mudah dari sebelumnya, hanya dengan panah drop-down di sebelah tombol menyediakan daftar koneksi langsung dari quick setting.

Suara panggilan yang lebih baik dan dukungan Dual-SIM

Meskipun voice HD adalah sesuatu yang disematkan oleh operator, sekarang secara resmi build in pada kode Android 5.1, yang berarti kualitas suara yang lebih baik.

Penambahan lainnya termasuk:

  • Dukungan Dual SIM yang lebih baik,
  • API baru yang disediakan oleh Android 5.1 SDK (yang akan membuka jalan bagi aplikasi yang lebih baik)
  • Peningkatan manajemen notifikasi (mereka sekarang dapat diswipe kembali sampai panel notifikasi, bukan diswipe seluruhnya)
  • Koneksi Wi-Fi lebih baik, karena Android sekarang tahu jalur akses mana yang kualitas sinyalnya buruk/ tidak ada akses Wi-Fi di masa lalu.

Tidak ada rincian yang jelas tentang jadwal update smartphone, sobat bisa mengeceknya dengan masuk ke Settings > About Phone > Software Update. Jika smartphone sobat adalah Motorola, Nexus atau Google Play Edition, mungkin sobat menjadi yang pertama dalam antrean untuk update.

Android 5.0 adalah update yang fantastis, namun masih mengandung banyak masalah. Semoga saja update Android 5.1 ini bisa mengatasi banyak masalah yang terdapat pada Lollipop awal. Apakah sobat sudah melakukan update ke Android 5.1? Bagaimana pendapat sobat? tuliskan pada kolom komentar.

Kesimpulan

Kelebihan Android Lollipop 5.1

  1. Pengaturan suara bisa diakses melalui quick setting secara lengkap
  2. Keamanan yang lebih baik; Screen Pinning dan Device Protection
  3. Quick setting yang lebih baik dan juga dengan animasi baru yang menyenangkan
  4. Suara telepon lebih baik
  5. Dukungan Dual SIM yang lebih baik,
  6. API baru (Android 5.1 SDK), yang membuka jalan developer untuk mengembangkan aplikasi yang lebih baik)
  7. Peningkatan manajemen notifikasi (bisa dihilangkan dari layar namun tidak terhapus)
  8. Koneksi Wi-Fi lebih baik (kualitas sinyalnya buruk tidak lagi dibaca sebagai tidak ada akses Wi-Fi)
  9. dan lainnya (sobat bisa menambahkan dengan mengisi kolom komentar)

Kekurangan Android Lollipop 5.1

  1. Masih terdapat bugs pada beberapa device
  2. Tidak terdapat mode diam pada pengaturan suara melalui quick setting
  3. Smartlock "on-body detection" hanya mendeteksi tubuh, bukan hanya tubuh pengguna.
  4. dan lainnya (sobat bisa menambahkan dengan mengisi kolom komentar)

Demikianlah artikel WebKeren mengenai Sistem Operasi Android Terbaru Android 5.1 “Lolliop”. Jangan ragu untuk membagikan artikel ini ke media sosial melalui tombol dibawah. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

sumber:
http://www.androidpit.com/android-5-1-lollipop-update
http://www.webkeren.net/2015/04/pembahasan-lengkap-sistem-operasi-android-lollipop-5.1.html

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: