Ini Pilihan Kunci Layar Android Sistem Keamanan Terbaik

Sobat mungkin sedang mencari OS hp paling aman, atau perkembangan smartphone teraman dengan tingkat sistem keamanan terbaik di dunia yang cocok untuk bisnis online maupun mata. Karena memang banyak yang mencari hp aman untuk mata, hp dengan sistem keamanan terbaik, hp paling aman 2019, cara membuka operasi mobile smartphone android oreo, hp teraman 2020, os hp paling aman, smartphone aman untuk mata, smartphone dengan tingkat keamanan terbaik, smartphone paling aman 2021, smartphone paling aman di dunia, smartphone yang cocok untuk bisnis online 2022. Untuk itu artikel WebKeren.Net bertajuk Ini Pilihan Kunci Layar Android Sistem Keamanan Terbaik kali ini akan membahas mengenai pilihan Kunci Layar Android Terbaik yang disadur dari Androidpit.

Android memiliki sejumlah opsi model keamanan android yang bertujuan untuk membuat perangkat Sobat lebih aman. Salah satunya adalah metode berbeda untuk membuka kunci layar: pola, PIN, kata sandi, pemindaian iris dan sidik jari, hanya untuk menyebutkan beberapa. Makalah sistem keamanan android ini akan menjelaskan tujuan di balik masing-masing dan kemudian Sobat dapat memilih metode membuka kunci yang paling praktis dan aman buat Sobat.

Pilihan Kunci Layar Android Sistem Keamanan Terbaik
Pilihan Kunci Layar Android Sistem Keamanan Terbaik

Pengenalan wajah (Face Unlock / Facial recognition)

Pengenalan wajah bukanlah aplikasi kunci layar android baru. Pertama kali diperkenalkan di Android dengan versi Ice Cream Sandwich (Android 4.0). Fitur ini menggunakan kamera depan perangkat untuk mengambil foto wajah Sobat dan kemudian menggunakan foto itu sebagai garis dasar untuk membuka kunci perangkat Sobat. Ini memiliki tingkat keamanan yang dipertanyakan, dengan lebih banyak kontra daripada pro.

Salah satu masalah terbesar adalah bahwa pencahayaan harus ideal untuk kamera depan untuk dapat mengambil gambar wajah Sobat. Ini semua tergantung pada kualitas kamera dan bagaimana wajah Sobat diletakkan di depannya. Ada fitur serupa di iPhone X, yang disebut Face ID , meskipun teknologi di balik cara kerjanya sedikit berbeda.

Pemindai sidik jari (Fingerprint scanner)

Ini adalah opsi favorit WebKeren.Net dan yang saat ini admin gunakan di ponsel. Tentunya, seberapa baik kerjanya tergantung pada beberapa faktor, seperti kualitas sensor dan penempatannya. Kualitas, dalam hal ini, berarti kecepatan sensor membaca jari. Ini sangat bervariasi antar perangkat, serta permukaannya yang anti gores. Ada mekanisme otentikasi biometrik tertentu yang menjadi lebih cepat saat Sobat menggunakannya.
Pemindai sidik jari (Fingerprint scanner)
Pemindai sidik jari (Fingerprint scanner) : Kunci Layar Android Sistem Keamanan Terfavorit
Sedangkan untuk penempatan, lebih disukai di bagian belakang di bawah kamera, karena sangat praktis dimana ketika kita memegang smartphone, disitulah jari kita berada. Meski banyak juga yang menggemari scanner sidik jadi di bawah depan layar, di sebelah tombol power, seperti pada garis Xperia lama. Namun begitu mengenai lokasi scanner fingerprint hanya subjektif di sini.

Adapun keamanan, ini mungkin metode yang paling aman saat ini. Itu karena pembaca sidik jari cukup sulit diretas. Selain itu, sensor dikembangkan untuk mengenali panas tubuh dan pergerakan darah pengguna, yang berarti Sobat tidak dapat menggunakan jari "mati" untuk membuka kunci Android.

Pemindai iris (Iris scanner)

Seperti pengenalan wajah, banyak pengguna yang masih tidak yakin tentang penggunaan pemindai iris untuk membuka kunci perangkat. Ini pada dasarnya melakukan hal yang sama seperti pembaca sidik jari, dan itu memerlukan perangkat untuk memiliki kata sandi terdaftar kedua jika Sobat tidak bisa membuka kunci ponsel. Dengan Galaxy S9 dan Note9, pemindai sidik jari dan iris tidak dapat diaktifkan secara bersamaan. Dengan kata lain, metode membuka kunci kedua harus berupa PIN atau kata sandi alfanumerik. Sementara hasil pengujian bervariasi sesuai dengan kondisi pencahayaan dan di mana mata pengguna diposisikan. Scanner yang lebih baik tidak akan melambat ketika mengenali mata pengguna, bahkan dalam kondisi cahaya redup.

Sistem yang memindai iris Sobat juga perlu diintegrasikan sepenuhnya ke dalam pembaca sehingga bereaksi dengan cepat dan tidak dapat diretas. Secara teknis, sistem ini setara dengan pembaca sidik jari dalam hal keamanan tetapi dari segi fungsional masih memiliki kekurangan.

Kunci Cerdas (Smart Lock)

Smart Lock diperkenalkan di Android 5.0 Lollipop, dan telah diperbarui di seluruh versi terbaru. Metode ini tidak benar-benar bisa dikatakan sebagai metode untuk membuka kunci perangkat Sobat, melainkan sebagai pelengkap untuk yang sudah Sobat pilih. Apa yang dilakukan Smart Lock sangat sederhana, tidak terkunci - atau lebih baik dikatakan, membuat perangkat Sobat tidak terkunci - sesuai dengan di mana Sobat berada, sensor suara Sobat, perangkat, atau keberadaan.

Pilih lokasi tepercaya Sobat, seperti rumah atau kantor Sobat, dan ketika Sobat sampai di tempat-tempat itu, perangkat Sobat akan dibuka kuncinya tanpa harus menggunakan salah satu dari metode ini. Sobat bahkan dapat menggunakan perangkat Bluetooth sebagai lokasi tepercaya. Saat ini, Smart Lock juga dapat diatur sehingga menjaga ponsel Sobat tidak terkunci meskipun di saku Sobat. Itu sebenarnya bukan metode membuka kunci telepon Sobat, tetapi lebih sebagai pelengkap. Ingatlah bahwa siapa pun dapat mengakses telepon Sobat ketika Sobat berada di salah satu lokasi tepercaya Sobat, atau bahkan terhubung ke perangkat Bluetooth.

PIN (Personal Identification Number)

lockscreen kunci layar android pin aman
PIN (Personal Identification Number) adalah kombinasi angka tradisional, dan panjangnya tergantung pada versi Android yang Sobat miliki.

Ini mungkin opsi keamanan utama, berbeda dari sisa opsi yang disajikan di sini.

PIN juga terbatas dalam pemulihannya jika Sobat lupa. Sobat mungkin harus menghabiskan berjam-jam mencoba membuka kunci perangkat Sobat.

WebKeren.Net menyarankan penggunaan PIN di Android sebagai pelengkap fingerprint ataupun sebagai pengganti jika tidak tersedia pemindai sidik jari.

Pola (Pattern)

lockscreen kunci layar android pola pattern aman

Pola, atau desain, adalah fitur unik pada ponsel Android dan sudah ada untuk sementara waktu sekarang. Sobat dapat menggunakannya dikombinasikan dengan PIN jika Sobat mau, tetapi itu benar-benar sistem keamanan yang baik. Hanya ada beberapa kali Sobat dapat mencobanya sampai terkunci selama beberapa detik. Namun, pada beberapa antarmuka, sejumlah upaya yang salah dapat menyebabkan perangkat menghapus data pengguna.

Hal lain yang ingin tahu tentang pola tersebut, dan mungkin dilihat sebagai masalah, adalah jari Sobat meninggalkan pola pada tampilan, yang membuatnya mudah bagi siapa pun untuk melacaknya.

Kombinasi jari yang berminyak dan film matte akan memberi tahu dunia Pola yang Sobat gunakan, dengan kata lain sangat tidak aman.

Kata sandi (Password)

lockscreen kunci layar android password aman
Kata sandi adalah metode membuka kunci tertua yang ada, dan itu dianggap paling aman oleh banyak pengguna.

Sobat dapat menggunakan kombo angka dan huruf apa saja untuk membuka kunci perangkat Sobat.

Sistem pemulihan sangat bervariasi tetapi, secara umum, sulit untuk memulihkan kata sandi seperti halnya PIN.

Metode mana yang terbaik untuk membuka kunci Android Sobat?

Pemindai iris, Smart Lock, dan pengenalan wajah semuanya merupakan metode keamanan gratis atau sekunder, dan sampai sekarang, mereka tidak cukup baik untuk digunakan sebagai satu-satunya metode melindungi telepon Sobat. Ini berarti Sobat harus mendaftarkan PIN, pola, atau kata sandi sebagai opsi utama Sobat. Pemindai iris juga memiliki fitur yang memberatkan: pembatasan dan ketersediaan. Hanya ada beberapa model di pasaran sekarang yang datang dengan fitur ini.

Pembaca sidik jari juga merupakan fitur gratis, tetapi ini adalah fitur yang tersedia pada sebagian besar model kelas menengah, dan kegunaannya sangat menarik. Ini juga memiliki lebih sedikit kesalahan pengenalan. Namun demikian, Sobat dapat mengandalkan opsi yang lebih tradisional, yang juga paling aman, karena mereka tidak memerlukan lapisan perlindungan kedua. Baik dari segi kepraktisan dan keamanan, disarankan penggunaan PIN atau kata sandi (pola merupakan pilihan terakhir) jika WebKeren.Net adalah Sobat.

Opsi mana yang Sobat gunakan di Android Sobat? Menurut Sobat, mana yang paling aman?
Artikel Terkait:

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat:

0 Response to "Ini Pilihan Kunci Layar Android Sistem Keamanan Terbaik"

Post a Comment

Komen juga dong sob., jangan lupa dicentang di bagian notify supaya kalau dibalas dapat notifikasi