Cara Screenshot di Laptop atau PC Komputer

Jika Sobat ingin mengambil tangkapan layar (screenshot) di komputer Windows 10 atau Windows 11 Anda, ada beberapa cara yang bisa Sobat gunakan. Apakah Sobat ingin menyimpan seluruh layar atau hanya sebagian saja, WebKeren.Net telah mengumpulkan semua cara terbaik untuk mengambil tangkapan layar Windows.

cara screenshot di laptop


Cara Screenshot di Laptop menggunakan Tombol Print Screen

Cara termudah untuk mengambil screenshot seluruh layar Laptop Sobat yang menggunakan Sistem Operasi Windows 10 atau Windows 11 adalah dengan menekan tombol Print Screen (PrtScn) di keyboard. Tombol Print Screen biasanya ada di baris atas tombol. Kalau sobat tidak menemukannya, mungkin yang tertulis pada keyboard sobat adalah PrtSc, PS atau singkatan lainnya. Tangkapan layar akan disalin ke papan klip. Untuk menyimpan file, paste hasil tangkapan layar ke program apa pun yang memungkinkan Sobat memasukkan gambar, seperti Microsoft Word atau Paint. Tips : Untuk melihat screenshot yang telah diambil, Sobat dapat membuka papan klip dengan menekan tombol Windows + V secara bersamaan.

Cara Screenshot di PC menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Cara Screenshot di PC yang secara otomatis menyimpan file ke folder Screenshots juga dapat dilakukan, yaitu dengan menekan Tombol Windows + Print Screen + Print Screen (PrtScn) secara bersamaan. Layar Sobat akan meredup dan tangkapan layar seluruh layar Sobat akan disimpan ke folder.

Tips : Sobat dapat menemukan folder Screenshots dengan membuka File Explorer (tekan tombol Windows + E ) dan mengklik Gambar di panel sisi kiri (panel navigasi). Jika Sobat mengaktifkan OneDrive , tangkapan layar juga akan disimpan di sana.

Cara Screenshot di Laptop menggunakan Alt + Print Screen

Cara Screenshot di Laptop hanya pada jendela aktif (aplikasi yang sedang sobat buka), dapat sobat lakukan dengan tekan Alt + PrtScn secara bersamaan. Hasil screenshot akan disalin ke papan klip, dan Sobat harus paste ke program lain untuk menyimpannya.

Cara Screenshot di Laptop menggunakan Alat Snip & Sketch di Windows 10

Windows 10 Snip & Sketch adalah cara terbaik untuk screenshot di Windows jika Sobat ingin menyesuaikan, membuat anotasi, atau membagikan screenshot. 

Untuk mengaktifkan Snip & Sketch, gunakan shortcut keyboard Windows + Shift + S . Layar Sobat akan meredup dan menu mini akan muncul di bagian atas layar Anda, memberi Sobat opsi untuk mengambil tangkapan persegi panjang, bentuk bebas, jendela, atau layar penuh. Shotcut Kombo ini berfungsi di Windows 10 dan Windows 11. Dengan opsi Snip & Sketch ini, Sobat dapat memilih cara mengambil tangkapan layar:
  • Mode persegi panjang adalah untuk screenshot dengan ukuran persegi panjang.
  • Mode bebas adalah untuk screenshot bebas dengan menggerakkan kursor menggunakan mouse.
  • Mode jendela adalah untuk screenshot dengan memilih jendela tertentu untuk ditangkap.
  • Mode layar penuh adalah untuk screenshot untuk mengambil gambar seluruh layar
Setelah Sobat mengambil tangkapan layar, itu akan disimpan ke papan klip Sobat dan pemberitahuan pratinjau akan muncul di sudut kanan bawah layar. Klik notifikasi pratinjau untuk membuka aplikasi Snip & Sketch dan simpan, bagikan, atau edit tangkapan layar dengan alat menggambar yang tersedia.

Cara Screenshot di Laptop menggunakan Snipping Tool di Windows 11

Meskipun snipping tool (alat pemotong) ada di Windows 10, biasanya bukan alat tangkapan layar yang ingin Sobat gunakan. Di Windows 11, Snipping Tool mendapat upgrade yang cukup besar dan sekarang menjadi cara terbaik untuk mengambil tangkapan layar khusus. Snipping Tool di windows 11 terlihat seperti Snip & Sketch di windows 10. 

Untuk memulai Snipping Tool di Windows 11, Sobat dapat mencarinya atau menekan Tombol Windows + Shift + S . Seperti Snip & Sketch, layar Sobat akan meredup dan bilah alat pilihan tangkapan layar akan muncul di bagian atas layar. Bilah alat ini memungkinkan Sobat mengambil tangkapan layar persegi panjang, bentuk bebas, jendela penuh, atau layar penuh. Setelah mengambil tangkapan layar, tangkapan layar akan disalin ke papan klip sehingga Sobat dapat langsung membagikannya, dan tangkapan layar akan disimpan ke folder Tangkapan Layar . Jika Sobat mengeklik pratinjau yang muncul di pojok kanan bawah layar, Sobat dapat menyimpan dan mengeditnya.

Cara Screenshot di Laptop menggunakan Bilah Permainan (Game Bar)

Bilah Game adalah overlay yang dapat Sobat gunakan di sebagian besar aplikasi dan game Windows untuk mengambil tangkapan layar dan merekam video. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuka dan menggunakannya:
  1. Tekan Tombol Windows + G . Tips: Jika Bilah Game tidak terbuka, pastikan sudah diaktifkan. Untuk melakukannya, tekan tombol Windows + I untuk membuka aplikasi pengaturan dan menuju ke Gaming > Xbox Game Bar . Kemudian, aktifkan sakelar untuk mengaktifkan Game Bar untuk "merekam klip game, mengobrol dengan teman, dan menerima undangan game". 
  2. Pada menu overlay, klik tombol Capture – icon kamera – pada menu atas untuk memunculkan menu Capture .  
  3. Di menu Tangkap , klik ikon kamera untuk mengambil tangkapan layar. Sobat juga dapat merekam klip video dengan menekan tombol rekam , dengan opsi untuk memasukkan audio dengan mengklik ikon mikrofon .  Cuplikan layar dan klip video yang diambil oleh Game Bar disimpan dalam format PNG dan MP4 dan Sobat dapat menemukannya di folder Videos > Captures di File Explorer . Sobat juga dapat menemukannya melalui Galeri Game Bar, dengan mengeklik Tunjukkan tangkapan saya > Lihat tangkapan saya di bawah tangkapan layar dan tombol rekam di menu Tangkap.

Cara Screenshot di Tablet Windows 10 menggunakan tombol Daya + Volume Naik

Cara Screenshot di Tablet Windows 10 pada perangkat Microsoft Surface, tekan Tombol Daya + Tombol Volume Naik . Layar akan meredup, dan tangkapan layar Sobat akan disimpan ke folder Pictures > Screenshots . Tips : Untuk mengambil tangkapan layar di Surface 3 atau yang lebih lama, Sobat harus menekan Logo Windows + Tombol Volume Turun .
 
Demikianlah artikel Bagaimana cara screenshot di laptop, komputer pc atau tablet Windows 10 atau windows 11. Sebenarnya terdapat juga aplikasi pihak ketiga sebagai salah satu cara screenshoot di laptop. Namun demikian karena webkeren.net merasa bahwa cara screenshoot di laptop sudah sangat mudah tanpa aplikasi, kami tidak akan membahasnya. Bagaimana pendapat sobat, mana yang termudah untuk screenshot? Tulis di kolom komentar!

Post a Comment for "Cara Screenshot di Laptop atau PC Komputer"