Spesifikasi dan Perbedaan Baterai Li-Ion dengan Li-Polimer

Semua hp mengandalkan baterai sebagai sumber energi - dan antar smartphone memiliki perbedaan kualitas daya tahan dan irit baterai. Baterai handphone yang satu lebih baik dari handphone lain.

Spesifikasi dan Perbedaan Baterai Lithium Ion dengan Lithium Polymer
Spesifikasi dan Perbedaan Baterai Lithium Ion dengan Lithium Polymer

Sementara itu, tidak banyak pengguna yang mengetahui lebih jauh mengenai perbedaan antara Baterai Li-Ion dengan Li-Poli, selain bahwa baterai Li-Poli tidak bisa dicabut dengan mudah sementara Baterai Li-Ion bisa dipisah dari perangkat dengan mudah. Untuk menjawab pertanyaan mengenai perbedaan ketahanan dan kualitas baterai yang tahan lama dan irit itulah artikel WebKeren akan membahas tentang dasar jenis baterai smartphone yang banyak digunakan sekarang ini, yaitu baterai Li-Ion dan Li-Poli.

Spesifikasi Baterai Lithium-Ion dan Lithium-Polymer

Li-Ion adalah singkatan dari Lithium Ion, sementara Li-Poli atau sering disebut juga "Lipo" dan "LiPoly" adalah singkatan dari Lithium Polymer. 

Baterai Lithium-Ion

Baterai Lithium-Ion mulai dikembangkan sejak tahun 1912. Namun, baru menjadi populer ketika diadopsi oleh Sony pada tahun 1991. Baterai Lithium Ion memiliki kepadatan energi tinggi dan membutuhkan biaya yang lebih rendah dari baterai polimer lithium-. Selain itu, mereka tidak memerlukan priming ketika pertama kali digunakan dan memiliki self-discharge rendah. Namun, kualitas baterai lithium-ion akan terus menurun - bahkan ketika tidak digunakan.

Spesifikasi Baterai Lithium-Ion

JenisSekunder
Reaksi KimiaBervariasi, tergantung pada elektrolit.
Suhu Operasional4º F untuk 140º F (-20 º C sampai 60º C)
Direkomendasikan untukTelepon seluler, perangkat komputasi mobile.
Tegangan awal3.6 & 7.2
KapasitasBervariasi (umumnya sampai dua kali kapasitas baterai seluler Ni-Cd)
Tingkat DischargeDatar
Recharge Hidup300-400 siklus untuk 100%
Pengisian Suhu32º F untuk 140º F (0º C sampai 60º C)
Penyimpanan HidupKehilangan kurang dari 0,1% per bulan.
Suhu Penyimpanan-4º F untuk 140º F (-20 º C sampai 60º C)
PembuanganDapat didaur ulang.
Catatan lainnya
  • Biasanya dirancang untuk diisi ulang di perangkat bukan di charger eksternal.
  • Pembangunan kimia baterai ini membatasi untuk bentuk persegi panjang.
  • Lebih ringan dari baterai sekunder berbasis nikel dengan (Ni-Cd dan NiMH).

Baterai Lithium-Polymer

Baterai lithium-polimer mulai dikembangkan sejak tahun 1970-an. Desain pertama mereka termasuk elektrolit polimer padat kering yang menyerupai film plastik. Oleh karena itu, jenis baterai ini bisa didesain dengan bentuk kartu kredit tipis namun tetap memiliki daya tahan baterai yang relatif baik. Selain itu, baterai lithium-polymer sangat ringan dan memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi. Namun, baterai ini memakan biaya produksi yang lebih tinggi dan memiliki kepadatan energi yang lebih buruk daripada baterai lithium-ion.

Spesifikasi Baterai Lithium-Polymer

JenisSekunder
Reaksi KimiaBervariasi, tergantung pada elektrolit.
Suhu OperasionalPeningkatan kinerja pada suhu rendah dan tinggi.
Direkomendasikan untukTelepon seluler, perangkat komputasi mobile.
Tegangan awal3.6 & 7.2
KapasitasBervariasi tergantung pada baterai; unggul standar lithium-ion.
Tingkat DischargeDatar
Recharge Hidup300-400 siklus
Pengisian Suhu32º F untuk 140º F (0º C sampai 60º C)
Penyimpanan HidupKehilangan kurang dari 0,1% per bulan.
Suhu Penyimpanan-4º F untuk 140º F (-20 º C sampai 60º C)
PembuanganDapat didaur ulang.
Catatan lainnya
  • Biasanya dirancang untuk diisi ulang di perangkat bukan di charger eksternal.
  • Lebih ringan dari baterai sekunder berbasis nikel dengan (Ni-Cd dan NiMH).
  • Dapat dibuat dalam berbagai bentuk.

Perbedaan Baterai Lithium-Ion dengan Baterai Lithium-Polymer

Berdasarkan spesifikasi tersebut dapat ditemukan beberapa perbedaan antara kedua jenis baterai ini, yaitu sebagai berikut.

Kemudahan Pengguna

Baterai Li-Ion didesain sebagai baterai yang bisa dengan mudah dilepas dari perangkat oleh pengguna, sementara untuk melepaskan atau mengganti baterai Li-Poli lebih rumit dan diperlukan keahlian khusus (biasanya hanya dilakukan oleh teknisi). Jadi, kalau baterai smartphone sobat berjenis Li-Poli, sobat tidak dimungkinkan memiliki baterai cadangan yang bisa ditukar sewaktu dibutuhkan.

Desain

Baterai lithium polymer lebih tipis ketimbang lithium ion. Selain itu, bentuk dan ukuran baterai lithium polymer bisa disesuaikan dengan kebutuhan, sementara lithium ion tidak.

Bobot

Baterai Lithium Ion lebih berat berat daripada baterai polimer. Ini dikarenakan baterai ion memiliki logam di dalamnya untuk memegang elektroda yang diperlukan untuk aliran arus daya.

Keamanan

Baterai berbasis polimer lah yang lebih aman. Setiap baterai dapat meledak pada situasi tertentu, tetapi baterai polimer tidak mungkin terbakar seperti baterai berbasis ion. Baterai polimer banyak disebut juga baterai desain sel kantong. Ini adalah apa yang membuatnya lebih ringan dari baterai ion. Baterai polimer dirancang dengan lembar elektroda yang dilengkapi pemisah yang dilaminasi satu sama lain. Ini menghilangkan logam yang dibutuhkan dalam baterai ion.

Harga

Baterai Lithium Ion lebih murah dalam biaya daripada baterai polimer.

Baterai Li-Ion dengan Li-Polimer; Mana Lebih Baik?

Setelah membaca semua pro, kontra, spesifikasi dan perbedaan dari kedua jenis baterai, sobat dapat melihat bahwa tidak ada banyak kompetisi di sini. Meskipun baterai lithium-polimer yang lebih ramping dan tipis, baterai lithium-ion memiliki kepadatan energi yang lebih tinggi dan biaya produksi lebih sedikit. Oleh karena kelebihan dan kekurangan masing-masing itu, kita jelas tahu mana yang dipilih oleh perusahaan seperti Samsung, Apple, Motorola, dan banyak lagi.

Demikian ulasan WebKeren.Net megenai Spesifikasi dan Perbedaan Baterai Li-Ion dengan Li-Poli. Bagaimana pendapat sobat? silakan tulis pada kolom komentar, dan klik juga tombol share untuk berbagi ke media sosial sobat.

Baca juga: Cara Terbaik Charge Smartphone

Sumber: RadioShack, Polymer-Search

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: