Hari tanpa Diskriminasi (Zero Discrimination Day)

Artikel webKeren.Net bertajuk Hari tanpa Diskriminasi (Zero Discrimination Day) ini akan membahas sejarah singkat Hari tanpa Diskriminasi (Zero Discrimination Day) dan tema peringatan Hari tanpa Diskriminasi dari tahun ke tahun yang bersumber dari Badan PBB di bidang kesehatan khususnya HIV/AIDS, (Joint United Nations Programme on HIV and AIDS disingkat UNAIDS).

Hari tanpa Diskriminasi 2023 diperingati pada Hari/Tanggal : Rabu, 1 Maret 2023secara global di seluruh dunia secara online maupun offline
Hari tanpa Diskriminasi (Zero Discrimination Day) adalah hari yang diperingati pada tanggal 1 Maret setiap tahun oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dan organisasi internasional lainnya. Hari ini bertujuan untuk mempromosikan kesetaraan di depan hukum dan dalam praktik di seluruh negara anggota PBB. Hari Tanpa Diskriminasi pertama kali dirayakan pada 1 Maret 2014, dan diluncurkan oleh Direktur Eksekutif UNAIDS Michel Sidibé pada 27 Februari tahun itu dengan acara besar di Beijing.

Hari tanpa Diskriminasi 1 Maret
Poster Hari Tanpa Diskriminasi 2020

Tujuan Hari tanpa Diskriminasi

Hari Tanpa Diskriminasi diperingati setiap tanggal 21 Maret setiap tahunnya sebagai upaya untuk mengatasi dan menghapus segala bentuk diskriminasi di seluruh dunia. Hari ini merupakan kesempatan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menghormati hak asasi manusia, mempromosikan keberagaman, dan mendorong toleransi di antara individu dan kelompok yang berbeda.

Tujuan dari Hari Tanpa Diskriminasi adalah untuk mempromosikan pengertian dan penghargaan terhadap perbedaan manusia, serta untuk menghentikan praktik diskriminatif yang masih berlangsung di banyak negara. Diskriminasi dapat terjadi dalam berbagai bentuk, seperti diskriminasi rasial, gender, agama, orientasi seksual, dan kecacatan, dan semua bentuk ini harus diberantas.

Melalui perayaan Hari Tanpa Diskriminasi, kita diingatkan bahwa setiap orang memiliki hak yang sama untuk dihormati dan diakui, tanpa memandang latar belakang mereka. Hari ini juga mengingatkan kita bahwa diskriminasi memiliki dampak negatif yang luas, tidak hanya pada individu yang terdiskriminasi, tetapi juga pada masyarakat dan dunia secara keseluruhan.

Pada Hari Tanpa Diskriminasi, 1 Maret, kita merayakan hak setiap orang untuk hidup penuh dan produktif, dan menjalaninya dengan bermartabat. Hari Tanpa Diskriminasi menyoroti bagaimana orang dapat memperoleh informasi tentang dan mempromosikan inklusi, kasih sayang, perdamaian, dan yang terpenting, gerakan untuk perubahan. Hari Tanpa Diskriminasi membantu menciptakan gerakan solidaritas global untuk mengakhiri segala bentuk diskriminasi.

Hari Tanpa Diskriminasi secara khusus dikoordinasikan oleh organisasi seperti UNAIDS yang memerangi diskriminasi terhadap orang yang hidup dengan HIV/AIDS. "Stigma dan diskriminasi terkait HIV tersebar luas dan ada di hampir setiap bagian dunia termasuk Liberia kami", menurut Dr. Ivan F. Camanor, Ketua Komisi AIDS Nasional Liberia. Program Pembangunan PBB juga memberikan penghargaan pada tahun 2017 kepada orang-orang LGBT dengan HIV/AIDS yang menghadapi diskriminasi.

Mari kita jadikan Hari Tanpa Diskriminasi sebagai kesempatan untuk merayakan keberagaman dan mendorong inklusi dalam kehidupan sehari-hari, serta berkomitmen untuk mengatasi segala bentuk diskriminasi dan membangun dunia yang lebih adil dan damai bagi semua orang.

Sejarah singkat Hari tanpa Diskriminasi

Hari Tanpa Diskriminasi pertama kali dirayakan pada 1 Maret 2014, dan diluncurkan oleh Direktur Eksekutif UNAIDS Michel Sidibé pada 27 Februari tahun itu dengan acara besar di Beijing. Pada bulan Februari 2017, UNAIDS menyerukan kepada orang-orang untuk "membuat keributan seputar “tanpa diskriminasi”, untuk angkat bicara dan mencegah diskriminasi menghalangi pencapaian ambisi, tujuan, dan impian."

Peringatan Hari tanpa Diskriminasi

Hari tanpa Diskriminasi 2023 akan diperingati pada hari Rabu, 1 Maret 2023.

Tema Hari Tanpa Diskriminasi tahun 2022 adalah “Hapus undang-undang yang merugikan, buat undang-undang yang memberdayakan”, UNAIDS menyoroti kebutuhan mendesak untuk mengambil tindakan terhadap undang-undang yang diskriminatif.

Tema Hari Anti Diskriminasi 2021 adalah "End Inequalities" atau akhiri ketidaksetaraan. Pada Hari Tanpa Diskriminasi tahun 2021, UNAIDS menyoroti kebutuhan mendesak untuk mengambil tindakan untuk mengakhiri ketidaksetaraan seputar pendapatan, jenis kelamin, usia, status kesehatan, pekerjaan, kecacatan, orientasi seksual, penggunaan narkoba, identitas gender, ras, kelas , etnis dan agama yang terus bertahan di seluruh dunia.

Ketimpangan tumbuh untuk lebih dari 70% populasi global, memperburuk risiko perpecahan dan menghambat pembangunan ekonomi dan sosial. Dan COVID-19 paling parah menyerang orang yang paling rentan—bahkan saat vaksin baru untuk melawan COVID-19 tersedia, ada ketidaksetaraan yang besar dalam mengaksesnya. Banyak yang menyamakan ini dengan vaksin apartheid.
Poster Tema Hari tanpa Diskriminasi 2021
Poster Hari Anti Diskriminasi 2021

Tema Hari Tanpa Diskriminasi 2020 adalah "Zero Discrimination Against Women And Girls" atau Hentikan diskriminasi terhadap perempuan dan anak perempuan. Pada Hari Tanpa Diskriminasi tahun 2020, UNAIDS menentang diskriminasi yang dihadapi perempuan dan anak perempuan dalam segala keragamannya dan meningkatkan kesadaran serta memobilisasi aksi untuk mempromosikan kesetaraan dan pemberdayaan bagi perempuan dan anak perempuan.
Meskipun beberapa negara telah mencapai kemajuan yang patut dipuji menuju kesetaraan gender yang lebih besar, diskriminasi terhadap perempuan dan anak perempuan masih ada di mana-mana. Bersinggungan dengan bentuk-bentuk diskriminasi lainnya—berdasarkan, misalnya, pada pendapatan, ras, etnis, disabilitas, orientasi seksual atau identitas gender—pelanggaran hak-hak ini secara tidak proporsional merugikan perempuan dan anak perempuan. Pada akhirnya, ketidaksetaraan gender memengaruhi kesehatan dan kesejahteraan semua orang. Di banyak negara, undang-undang yang mendiskriminasi perempuan dan anak perempuan tetap berlaku, sementara undang-undang yang menjunjung tinggi hak-hak dasar perempuan dan melindungi mereka dari bahaya dan perlakuan tidak adil jauh dari norma.

Tema Hari Anti Diskriminasi 2019 adalah Action To Change Discriminatory Laws In Order To Restore Dignity And Respect And Save Lives atau Aksi Mengubah Undang-Undang Yang Diskriminatif Untuk Memulihkan Martabat Dan Rasa Hormat Serta Menyelamatkan Nyawa. UNAIDS mengimbau negara-negara untuk memeriksa ketentuan diskriminatif dalam undang-undang dan kebijakan mereka dan membuat perubahan positif untuk memastikan kesetaraan, inklusi, dan perlindungan.

“Pelanggaran hak asasi manusia terjadi di seluruh dunia karena undang-undang dan praktik diskriminatif,” kata Michel Sidibé, Direktur Eksekutif UNAIDS. “Hukum harus melindungi, bukan merugikan. Semua negara harus hati-hati memeriksa undang-undang dan kebijakan mereka untuk memastikan kesetaraan dan perlindungan bagi semua orang, tanpa kecuali.”

Pada Hari Tanpa Diskriminasi, UNAIDS mengenang kesetaraan martabat dan harga diri setiap orang, sebagaimana diabadikan dalam Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, dan menyerukan tindakan untuk mengubah undang-undang dan praktik diskriminatif, yang merupakan penghalang signifikan untuk akses ke layanan kesehatan dan lainnya.
Poster Hari Tanpa Diskriminasi 2019
Poster Hari Anti Diskriminasi 2019
Tema Hari Tanpa Diskriminasi 2018 adalah "Kenali dan Hentikan diskriminasi". Diskriminasi seringkali didasarkan pada informasi yang salah atau ketakutan akan hal yang tidak diketahui. Dengan merefleksikan orang-orang dalam situasi sehari-hari, UNAIDS menantang orang-orang untuk mengenali di mana diskriminasi sehari-hari terjadi dan mengambil tindakan untuk menghentikannya.

Kampanye Hari Nol Diskriminasi tahun ini mengajak orang untuk bertanya pada diri sendiri “Bagaimana jika…” dan merenungkan tindakan mereka sendiri.
Poster Hari Tanpa Diskriminasi 2018
Poster Hari Tanpa Diskriminasi 2018Tema Hari Tanpa Diskriminasi 2017 adalah "Make some noise for #zerodiscrimination atau Buat keributan untuk nol diskriminasi. Tahun 2017 UNAIDS menyerukan kepada semua orang untuk bersuara demi #zerodiskriminasi. Individu dan komunitas dapat menggabungkan suara dan mengubah dunia. Hari Tanpa Diskriminasi adalah kesempatan untuk menyoroti bagaimana setiap orang dapat menjadi bagian dari transformasi dan mengambil sikap untuk masyarakat yang adil dan adil.
Poster Hari Tanpa Diskriminasi 2017
Poster Hari Tanpa Diskriminasi 2017

Tema Hari Tanpa Diskriminasi 2016 adalah "I Stand for #zerodiscrimination". Hari Tanpa Diskriminasi adalah kesempatan untuk bergabung bersama melawan diskriminasi dan merayakan hak setiap orang untuk hidup penuh dan produktif dengan bermartabat. Jenis kelamin, kebangsaan, usia, kecacatan, asal etnis, orientasi seksual, agama, bahasa atau status lainnya tidak boleh menjadi alasan untuk melakukan diskriminasi.
Poster Tema Hari tanpa Diskriminasi 2016
Poster Hari Tanpa Diskriminasi 2016

Tema Hari Tanpa Diskriminasi 2015 adalah #zerodiscrimination - Open up, Reach Out, yang berarti #antidiskriminasi - Buka, jangkau. Hari Tanpa Diskriminasi adalah kesempatan untuk merayakan keberagaman dan menolak diskriminasi. Dengan menggabungkan suara kita bersama, kita dapat menjadi bagian dari seruan yang menggema untuk welas asih, toleransi, dan perdamaian.
Poster Tema Hari tanpa Diskriminasi 2015
Poster Hari Tanpa Diskriminasi 2015

Tema Hari Tanpa Diskriminasi 2014. "#zerodiscrimination - Join the transformation", atau #antidiskriminasi - Bergabunglah dengan transformasi. Hari Tanpa Diskriminasi adalah kesempatan untuk merayakan hak setiap orang untuk hidup penuh dan produktif dengan bermartabat — tidak peduli seperti apa penampilan mereka, dari mana mereka berasal atau siapa yang mereka cintai. Dengan menyatukan hati dan suara, individu, komunitas, dan masyarakat dapat mengubah dunia setiap hari dan di mana saja. Hari Tanpa Diskriminasi adalah momen untuk menyoroti bagaimana setiap orang dapat memperoleh informasi dan mempromosikan toleransi, kasih sayang, dan perdamaian.
Poster Tema Hari tanpa Diskriminasi 2014
Poster Hari Tanpa Diskriminasi 2014

Terimakasih telah membaca artikel webKeren.Net bertajuk Hari tanpa Diskriminasi (Zero Discrimination Day) yang membahas sejarah singkat Hari tanpa Diskriminasi (Zero Discrimination Day) dan tema peringatan Hari tanpa Diskriminasi dari tahun ke tahun. Sampaikan pendapat sobat di kolom komentar!