Selamat Datang di Era Fotografi Smartphone

Sekarang kita sudah memasuki era "mobile photography", atau bahkan secara spesifik "fotografi smartphone. Terbukti dengan semakin banyak penggiat fotografi yang mengambil gambar dengan smartphone. Keterbatasan kemampuan menangkap gambar pada ponsel tidak menjadi penghambat untuk berkarya atau berkreasi.

Ini sekaligus berimplikasi pada semakin murahnya perlengkapan fotografi (seperti diketahui, untuk belajar fotografi membutuhkan peralatan yang mahal). Sebuah karya foto yang fantastis bisa dihasilkan bahkan oleh kamera hp sekalipun!

Selamat Datang di Era Fotografi Smartphone
Fotografi Smartphone | Image © Petar Milošević

Shoot foto dengan kamera selular sangat populer, terutama juga semenjak merebaknya Fenomena selfie.
Bahkan Presiden negara adidaya Amerika Serikat Obama maupun Presiden bersama dengan Wakil Presiden Indonesia, Joko Widodo dan Jusuf Kalla pun melalukan selfie!
Orang mengambil foto makanan sebelum makan, lalu posting ke akun media sosial. Proses kelahiran anak direkam melalui kamera smartphone. Bahkan wartawan media online pun mengandalkan kamera ponsel untuk mengambil gambar berita. Hape bahkan sudah menjadi bawaan wajib ketika berpergian, bahkan (bagi sebagian orang) tak pernah lepas dari genggaman, hidup serasa hampa tanpa kehadiran smartphone!

Kemampuan kamera handphone (semua sistem operasi; android, Iphone, Blackberry, Nokia maupun microsoft) saat ini bahkan disebut mampu menandingi kamera digital. Baik dari segi resolusi, kemampuan menangkap gambar, dan kemampuan editing, bahkan memiliki kelebihan pada konektivitas dan kecepatan mengirim foto ke meja kerja redaksi maupun ke media sosial. Yang pada akhirnya tertumpu pada biaya yang murah, penggunaan yang mudah, dan hasil yang indah.

Seiring perkembangan teknologi, produsen ponsel, seperti Apple Iphone, Samsung, LG, Lenovo, Xiaomi, Advan, Lenovo, Alcatel, Evercross, Mito, sampai Nexian  selalu berinovasi dan menghadirkan fitur kamera yang semakin canggih. Resolusi semakin besar, sensitifitas semakin tinggi, dan fitur semakin berlimpah.

Bahkan sekarang kita bisa menjumpai pelatihan belajar fotografi ponsel, mulai dari komposisi, lighting, dan teknik fotografi lainnya. Juga lomba fotografi maupun videografi ponsel yang semakin banyak.

Sebelum melangkah jauh ke dalam fotografi smartphone, sebaiknya sobat mengetahui tiga etika dasar fotografi berikut:
  1. Mintalah ijin ketika memotret orang yang tak dikenal.
  2. Jangan pernah menyebarluaskan foto orang lain tanpa sepengetahuannya.
  3. Patuhi peraturan dimana gambar diambil, karena di banyak tempat tidak diperbolehkan untuk mengambil foto.
  4. Pada ritual keagamaan atau upacara lainnya, cari tahu atau tanyakan acara apa yang diperbolehkan untuk dipotret
  5. dan lainnya yang sekiranya etis dan tidak melanggar hukum.
Untuk alasan diatas itulah WebKeren.Net membuat beberapa posting mengenai fotografi smartphone, yang bisa sobat baca pada artikel berikut ini:

  1. Persiapan untuk Foto Kualitas Terbaik dengan Kamera Ponsel
  2. Tips Hasilkan Foto Berkualitas Setara DSLR dengan Kamera Ponsel
  3. Tingkatkan Kreatifitas dan Kualitas Fotografi Ponsel dengan Alat ini!
  4. Komposisi Fotografi Digital yang Baik
  5. Aplikasi Kamera Android Terbaik dan Tercanggih di Dunia


Baca juga artikel umum fotografi seperti:

  1. Pasangan Ini Selfie di Menara Tertinggi Kedua di Dunia!
  2. Snap Me Up: Everyday Selfie!
  3. Cara Melihat Google Street View Indonesia via Android
  4. Smartfren Andromax C3s: Android Murah untuk Selfie Terbaik

Demikian artikel WebKeren.Net yang berjudul Selamat Datang di Era Fotografi Smartphone. Jika Sobat ingin mengusulkan sesuatu untuk ditambah ataupun pembahasan artikel mengenai hal tertentu, tuliskanlah pada kolom komentar agar WebKeren.Net mengetahuinya. Semoga bermanfaat untuk sobat sekalian.

Follow Twitter, Facebook, G+ untuk mendapat update Artikel Keren Terbaik Terbaru. Atau Subscribe untuk menerima artikel terbaru gratis di Inbox email Sobat: